Suka pedas?, cobalah kuliner khas Manado. Banyak makanan khas yang bisa dicoba mulai menu bergizi hingga kuliner ekstrim.

Makanan Khas Manado memang wajib untuk dicicipi. Tak hanya alamnya yang mendunia, Manado terkenal akan kulinernya yang pedas, gurih dan asin. Kuliner khas Manado bahkan sudah ada di berbagai pelosok nusantara, seperti bumbu rica-ricanya. Jika ingin mengicipi rica-rica asli, maka Manado’lah tempatnya. 

Selain jajanan tradisional yang banyak dijumpai, Manado juga menyajikan aneka kuliner yang wajib dicoba. Mulai menu sarapan hingga makan malam, kamu bisa mencoba makanan tradisional khas yang tersedia disana. Bagi kamu yang suka pedas, mencicipi menu ala Manado dengan bumbu khasnya pasti akan menggugah selera. 

Kuliner Khas Manado

Kuliner kali ini tidak termasuk jajanan dan minuman ya guys, tetapi yang bisa jadi kudapan makan dan juga beberapa makanan ringan yang sudah populer. Berikut daftar makanan khas Manado yang bisa menjadi pilihan sambil menikmati asyiknya liburanmu :

1. Bubur Tinututan

bubur tinututan
Bubur Tinututan

Tidak hanya sehat, bubur khas Manadi ini juga berkhasiat. Tinututan mengandung banyak nutrisi karena berisi macam-macam sayuran, seperti jagung, bayam, ubi merah, daun melinjo, jahe, serai dan sebagainya. Makanan khas pagi hari ini sangat cocok bagi kamu yang vegetarian, tetapi jika ingin ada protein hewani, bisa ditambah ikan asin.

2. Ayam Rica

Ayam Rica Manado
Ayam Rica Manado

Meski sudah tersebar ke pelosok negeri, taukah kamu kalau ayam rica berasal dari Manado?. Kata rica memiliki arti ‘cabai’ atau ‘pedas’, jadi sesuai namanya, ayam rica ini dimasak dengan cita rasa pedas. Aya empuk dengan citarasa pedas yang merasuk hingga ke daging, membuatnya digemari banyak orang. Biasanya kuliner khas Manado ini disajikan dengan daun kemangi, jeruk nipis dan nasi hangat tentunya. 

3. Ayam isi Buluh

Ayam isi Buluh
Ayam isi Buluh

Makanan khas Manado ini terbilang unik, karena dimasak di dalam buluh atau bambu selama kurang lebih tiga jam. Dulunya, masyarakat Manado memang kerap memasak menggunakan buluh karena belum ada peralatan seperti sekarang ini, apalagi di Manado juga banyak pohon bambu. Ayam ini dibumbui rempah seperti cabai, serai, jahe dan kunyit. Cara masak yang cukup lama akan membuat rasanya nikmat di lidah. 

Baca Juga :   12 Oleh-oleh khas Gorontalo Pilihan, Wajib Bawa Pulang!

4. Ayam Woku

Ayam Woku
Ayam Woku

Masih menu ayam, ada awam woku. Ciri khas masakan ini adalah bumbu kuning pedas beraroma menggoda. Bukan hanya pedas, bumbu aromatik seperti pandan, kemangi, serai dan daun jeruk menjadikannya menu favorit di Sulawesi Utara, khususnya Minahasa. Di Manado, cara masak ayam woku ini disesuaikan dengan lidah masyarakat seperti racikan cabai yang lebih sedikit. Selain ayam, resep ini bisa untuk ikan laut atau tawar, cumi, udang hingga daging sapi. 

5. Tuturuga

Tuturuga
Tuturuga

Kuliner khas Manado ini sebenarnya berarti kura-kura. Sejak pemerintah melarang menangkap kura-kura secara ilegal, bahan menu ini diganti dengan ayam atau ikan. Jika pernah tau opor ayam, mana tampilan tuturuga tidak jauh beda, santan bumbu kuning. Namun, bumbu khas yang digunakan jelas berbeda dan berlimpah, sehingga membuat tuturaga semakin kaya rasa dan nikmat di lidah. 

6. Ikan Sambal Dabu-dabu

Ikan Sambal Dabu-dabu
Ikan Sambal Dabu-dabu

Sambal dabu-dabu adalah ikon kuliner Manado. Olahan sambal yang dipotong kotak ini terdri dari cabai, tomat, bawang dan berbagai bahan lain, menjadikannya pedas yang segar. Sambal dabu-dabu biasanya menjadi teman menyantap aneka ikan, seperti tengiri, gurami, pindang, tongkol, nila dan sebagainya.

7. Nasi Kuning Saroja

Nasi Kuning Saroja
Nasi Kuning Saroja

Berbeda dari yang lain, nasi kuning ini disajikan dengan abon cakalang khas Manado yang sudah berbumbu rempah lezat. Dilengkapi dengan daging sapi,  sambal, keripik ubi dan lauk lainnya, membuat makanan ini wajib dicoba saat berada di ibukota Sulawesi Utara ini. Kamu tak hanya bisa makan ditempat, jika ingin membawa pulang, nasi kuning saroja akan dibungkus daun woka (sejenis lontar) yang tradisional. 

8. Paniki

Paniki
Paniki

Makanan khas Manado ini jarang ditemukan di daerah lain, karena berbahan daging kelelawar besar (paniki) pemakan buah yang banyak hidup di Manado. Sebelum dimasak, kelelawar dibakar untuk dihilangkan bulu-bulunya. Kemudian, kelelawar diolah dengan bumbu santan ala rica-rica. Menu ini banyak dicari meski terbilang ekstrim. Mau mencoba?

Baca Juga :   16 Wisata Populer di Morotai, Mutiara di Bibir Pasifik

9. Kawok Manado

Kawok Manado
Kawok Manado

Jika sebelumnya ada kelelawar, kini ada makanan khas berbahan tikus. Olahan kawok atau tikus hutan menjadi makanan favorit di Manado. Jangan salah ya guys, ini bukan tikus rumahan, tapi tikus ekor putih pemakan tumbuhan. Tekstur daging yang berserat dibumbui dengan serai, lemon, cabai, bawang, kunyit, kemangi, garoka dan santan kental. Rasanya yang sedikit pahit tapi sedap ini, sudah membuat banyak orang ketagihan lho!. 

10. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu
Cakalang Fufu

Ikan cakalang mudah ditemui di Manado, sehingga banyak dijadikan olahan makanan. Cakalang fufu terbuat dari ikan cakalang yang dibelah dua, dijepit dengan bambu, dibumbui dan diasap hingga teksturnya empuk tidak berair. Kuliner khas daerah pesisir ini memang layak dicoba. Ikan ini bisa dikonsumsi dengan dipanaskan, digoreng atau disuwir untuk tambahan makanan lain seperti mie kuah (mie cakalang), nasi kuning, dan sebagainya. 

11. Papare

Papare
Papare

Seperti namanya, makanan khas Manado ini memang terbuat dari pare dan ikan tongkol. Ikan tongkol yang sudah dicincang halus dan dibumbui dimasukkan ke dalam pare kosong, lalu digoreng sampai matang. Perpaduan rasa sedikit pahit dan asin dari ikan tongkol membuat papare berbeda dari masakan lain dan wajib dicoba. 

12. Sayur Ganemo

Sayur Ganemo
Sayur Ganemo

Kuliner khas Manado ini menggunakan daun melinjo, bunga pepaya dan potongan labu kuning untuk diolah bersama bumbu-bumbu khas seperti jeruk purut, serai, jahe, bawang, kunyit, jahe, dan tambahan santan. Kelezatan sayur ganemo sudah melegenda dan kamu wajib mencobanya saat wisata ke Manado. 

13. Sup Brenebon

Sup Brenebon
Sup Brenebon

Makanan nusantara khas Manado ini berupa sup kacang merah. Untuk membuatnya cukup lama karena kacang merah harus direbus semalaman sampai setengah lunak sebelum direbus. Sup ini menggunakan kaldu daging dari kaki babi, tetapi boleh diganti dengan ayam atau iga sapi. Membuat sup ini memang butuh waktu lama, tetapi semua akan terbayar dengan kelezatannya. 

Baca Juga :   12 Oleh-oleh Khas Bitung, Ragam Aneka Jajajan & Barang Unik

14. Tinoransak

Tinoransak
Tinoransak

Jika sup brenebon cocok untuk sarapan, maka tinoransak biasanya disajikan untuk menu makan malam. Makanan khas Manado ini menggunakan daging babi yang dibumbui rempah-rempah seperti cabai, jahe, dan kunyit bakar. Rasa pedas gurih dan tekstur kuah yang kental akan menggoda selera siapa saja. Ada versi halal dari menu ini dengan bahan utama daging sapi atau daging ayam.

Itu adalah beberapa makanan khas Manado yang bisa jadi pilihan untuk menu makan keseharianmu di Ibukota Sulawesi Utara ini. Tentu masih banyak makanan khas lain yang diolah dengan bahan dan bumbu berbeda, tetapi yang disebutkan diatas adalah kuliner Manado favorit di kalangan wisatawan. Jadi, jangan sampai tidak mencoba kelezatannya saat liburan ke Manado!. 

Share:
error: Content is protected !!