Berbagai makanan khas Gorontalo bisa kamu coba saat wisata kuliner di Kota Serambi Madinah ini. Penasaran?, cek yuk aneka kuliner lezatnya!

Makanan khas Gorontalo bisa kamu coba saat wisata kuliner di Kota Serambi Madinah ini. Diapit oleh Laut Sulawesi dan Teluk Tomini, membuat kota ini kaya akan hasil lautnya. Teluk Tomini atau Teluk Gorontalo adalah teluk yang dilalui garis khatulistiwa, sehingga banyak potensi alam yang dihasilkan.

Bukan hanya wisata di Gorontalo yang populer, tapi sektor perikanan dan kelautan juga menjadi sektor unggulan di Gorontalo. Hal ini pula yang menjadi salah satu faktor kenapa kota ini terkenal akan kuliner berbahan ikan laut. Namun jangan salah guys!, Gorontalo juga memiliki makanan khas lain dengan cita rasa nikmat yang wajib dicoba.

Makanan khas Gorontalo

1. Binte Buluhuta

Binte Buluhuta
Binte Buluhuta

Makanan ini diartikan juga sebagai sup jagung. Sesuai namanya, binte buluhuta terdiri dari jagung dan ikan atau udang yang dimasak sedemikian rupa hingga menjadi sup bercita rasa manis, asin dan pedas. Jagung yang digunakan adalah jagung pulut varietas asli Gorontalo yang memiliki pipilan putih

Binte buluhuta biasanya disajikan dengan jeruk nipis dan sambal untuk pelengkapnya. Makanan sehat ini cocok dinikmati sebagai menu sarapan pagi. Makanan ini sangat populer dan kamu bisa mudah menemukannya saat wisata kuliner!.

2. Sate Tuna

Sate Tuna Gorontalo
Sate Tuna

Jika selama ini kamu akrab dengan sate ayam dan sate kambing, jangan ragu untuk mencoba sate tuna ini guys!. Agak penasaran kan bagaimana daging ikan tuna yang lembut in bisa jadi sate?. Bagi kamu yang sedang wisata kuliner, jangan lupa coba sate tuna khas Gorontalo yang terkenal enak ini.

3. Sashimi Tuna

Sashimi Tuna khas Gorontalo
Sashimi Tuna

Selain sate tuna, kamu harus mencoba sashimi tuna juga. Makanan khas Gorontalo ini memang ala Jepang, tapi tentunya berbeda guys!. Ikan tuna yang digunakan memang sama-sama mentah, tapi dalam penyajiannya justru disajikan dengan bumbu dabu-dabu.

Makanan negeri sakura yang dibalut dengan cita rasa Indonesia Timur pasti bikin kamu penasaran dong!. Sashimi khas Gorontalo ini cukup digemari banyak wisatawan. Jika kamu suka wisata kuliner, menu satu in iwajib dicoba!.

4. Ayam Iloni

Ayam Iloni
Ayam Iloni

Makanan khas Gorontalo ini banyak dijumpai saat hari Lebaran. Ayam bakar yang cukup populer ini menggunakan rempah pilihan yang menjadi cita rasa khas ayam iloni. Bumbu rempah akan dicampurkan dengan santan sebelum daging ayam dimasukkan, kemudian setelah bumbu meresap, barulah daging ayam dipanggang.

Rasa gurih dari bumbu santan yang lezat membuat menu ini digemari banyak orang. Bagi kamu yang suka pedas, menu ayam iloni bisa kamu coba. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi, sagu dan sup sebagai obat pedas.

Baca Juga :   54 Tempat Wisata di Sulawesi Utara, Populer hingga Tersembunyi

5. Ilabulo

Ilabulo
Ilabulo

Banyak orang yang penasaran dengan aroma asap dari Ilabulo. Makanan tradisional ini masih banyak diminati banyak masyarakat. Berbahan dasar sagu yang dicampur dengan rebusan telur dan ayam (isian bisa beragam), membuat rasa makanan ini berbeda dari yang lain.

Sebelum disajikan, makanan yang dibungkus daun pisang akan dibakar seperti sate. Rasa gurih pedas yang enak membuatnya cocok dijadikan oleh-oleh. Makanan khas Gorontalo ini dapat bertahan dua hari tanpa dimasukkan kulkas. Jadi, jika ingin membawanya pulang, pertimbangkan dengan waktu perjalananmu guys!.

6. Bilenthango

Bilenthango
Bilenthango

Makanan ini akrab disebut dengan ikan balarica atau belah rica. Makanan yang kerap menjadi hidangan utama ini dibuat dari bahan dasar ikan air laut dan ikan air tawar. Tahap awal membuatnya adalah membelah ikan dari ujung kepala hingga ekor, kemudian direndam dalam perasan jeruk.

Ikan yang telah diolah diberi bumbu halus diatasnya, kemudian dipanggang. Ikan yang digunakan biasanya ikan kerapu atau mujair. Menu sehat ini bisa kamu dicoba di beberapa tempat makan di Gorontalo dan dijamin pasti nagih!.

7. Sayur Putungo

Sayur Putungo
Sayur Putungo

Tidak hanya olahan ikan, Gorontalo juga memiliki reseo sayur yang tak kalah enak. Nama sayur putungo mungkin belum terlalu akrab. Makanan khas Gorontalo ini umum dikenal dengan sayur jantung pisang (ontong) di Pulau Jawa.

Sayur putungo merupakan makanan tradisional yang sangat familiar di Gorontalo. Memasaknya’pun ada berbagai cara, mulai di tumis, dibuat santan maupun sebagai lalapan biasa. Sayur sederhana ini adalah makanan utama di Gorontalo, jadi kamu wajib mencobanya.

8. Duduli

Duduli
Duduli

Makanan khas Gorontalo ini biasanya disajikan saat lebaran ketupat. Bentuknya memang seperti dodol, tetapi duduli menggunakan daun woka sebagai pembungkusnya. Daun woka ini berasal dari pegunungan di Limboto Barat.

Duduli terbuat dari ketan, gula merah dan santan. Kemudian diaduk hingga 9 jam dan didinginkan sekitar 12 jam sebelum dibungkus. Jajanan ini adalah simbol penyambutan dan perpisahan bagi siapapun yang datang ke Gorontalo.

9. Perkedel Nike

Perkedel Nike Gorontalo
Perkedel Nike

Ini adalah makanan tradisional khas Gorontalo berbahan dasar ikan Nike. Nike adalah larva ikan yang baru menetas dan bentuknya mirip ikan teri. Ikan ini banyak dijumpai di sepanjang aliran Sungai Bone – Bolango, Sungai Paguyaman dan Teluk Tomini.

Baca Juga :   20 Destinasi Wisata Populer di Sulawesi Barat yang Wajib Dikunjungi

Nah, dengan olahan bumbu khas, ikan nike ini diolah menjadi perkedel. Jangan lupa menambahkan lauk perkedel nike ini saat bersantap ria di Gorontalo ya!. Selain Gorontalo, makanan ini juga banyak dijumpai di Manado

10. Lalampa

Lalampa khas Gorontalo
Lalampa

Jika kamu pernah makan jajanan lemper, maka seperti itulah makanan ringan ini. Makanan ini terbuat dari beras yang diisi dengan ikan cakalang, lalu dibungkus daun pisang. Lalampa diolah dengan cara dibakar, berbeda dengan lemper yang dikukus.

Lalampa bisa kamu temukan di Gorontalo, Palu dan kota lain di Sulawesi. Pengolahan yang berbeda, pasti memiliki rasa yang berbeda pula. Itulah kenapa kamu harus mencoba lalampa, si lemper ala Sulawesi Tengah!.

11. Bubur Sagela

Bubur Sagela khas Gorontalo
Bubur Sagela

Biasanya, bubur sagela kerap disantap sebagai menu sarapan oleh masyarakat Gorontalo. Berbeda dengan bubur ayam yang banyak ditemukan di Pulau Jawa, bubur ini menggunakan ikan roa yang sudah dikeringkan (sagela). Ikan yang sudah ditumbuk halis dicampur dengan bumbu-bumbu untuk menjadi sambal.

Sambal inilah yang menjadi cita rasa makanan khas Gorontalo ini. Sambal yang ditabur di atas bubur memberikan rasa nikmat dan ringan. Bubur sagela sangat lezat dinikmati selagi hangat untuk mengawali hari-harimu disana.

12. Sate Kambing Balanga

Sate Kambing Balanga khas Gorontalo
Sate Kambing Balanga

Makanan khas Gorontalo ini sama dengan sate kambing pada umumnya. Hanya saja, pembuatannya menggunakan balanga atau kuali besar dari tanah liat. Bumbu yang digunakan pada menu ini menggunakan campuran rempah seperti kapulaga dan jinten. Sensasi tradisional dan rasa yang lezat akan kamu rasakan saat mencoba sate kambing balanga guys!

13. Tili Aya

Tili Aya khas Gorontalo
Tili Aya

Jajanan ringan yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Tili Aya. Makanan ini biasanya disantap saat sahur, karena dipercaya dapat mengurangi rasa dahaga saat siang. Makanan khas Gorontalo ini berbahan dasar gula merah, telur dan santan.

Biasanya tili aya juga dijumpai pada acara ritual budaya di Gorontalo. Mengandung protein yang tinggi, makanan ini dapat menjaga daya tahan tubuh. Sayangnya makanan ini tidak lagi digandrungi karena banyaknya makanan siap saji.

14. Kue Sabongi

Kue Sabongi khas Gorontalo
Kue Sabongi

Cemilan satu ini merupakan kue tradisional khas Gorontalo yang sudah ada sejak zaman raja-raja Gorontalo dulu hingga sekarang. Satu hal yang menarik dari kue ini adalah cita rasa yang khas kedaerahan.

Baca Juga :   10 Oleh-oleh Khas Palu Terbaik, Incaran Wisatawan

Kue ini dibuat menggunakan singkong, pisang raja, bawang putih dan gula pasir. Di Jawa Barat, bentuk kue sabongi mirip dengan combro misro. Kue goreng ini bisa menjadi cemilan saat sedang bersantai, sekaligus sebagai pengganjal perur guys!.

15. Kue Popolulu

Kue Popolulu khas Gorontalo
Kue Popolulu

Suka ubi merah?, maka kamu wajib mencoba makanan khas Gorontalo satu ini!. Di daerah lain, ubi merah yang diolah bersama tepung beras dan gula merah ini dikenal dengan nama bola ubi. Kamu bisa menemukan kue popolulu di toko kue dan pasar di Gorontalo.

Ubi merah berbentuk bola dan dikreasikan menjadi cemilan ini banyak disukai, karena cocok untuk segala kalangan. Tidak sedikit orang yang ketagihan dengan jajanan satu ini. Jadi kamu wajib mencobanya juga!.

16. Kue Pia Saronde

Kue Pia Saronde khas Gorontalo
Kue Pia Saronde

Tidak hanya di Jogja, bakpia juga ada di Gorontalo, pia saronde namanya. Kue ini dinamakan seperti salah satu pulau yang ada di Gorontalo dan memiliki ciri khas berupa kulit pia yang renyah. Cemilan ni cocok dijadikan oleh-oleh khas Gorontalo karena paling banyak diburu wisatawan dan pemudik.

Pia ini memiliki ukuran lebih besar dari bakpia Jogja dan teksturnya lebih kering. Selain memiliki rasa yang empuk dan enak, tersedia varian rasa seperti kacang hijau, coklat dan keju. Kau bisa memilih rasa apa yang sesuai dengan seleramu. Jika soal rasa, tidak perlu diragukan lagi guys!

17. Ilepao

Ilepao khas Gorontalo
Ilepao

Jika sebelumnya ada ilabulo, kini ada ilepao yang menarik untuk dicoba. Makanan khas Gorontalo ini berbahan ikan nika yang dicampur sagu dan bumbu rempah. Kemudian, olahan tersebut dibungkus daun untuk dipepes dalam bara api.

Makanan ini sangat nikmat disantap saat masih hangat. Namun, makanan ini tidak setiap hari bisa kamu jumpai, karena musim nike datang sebulan sekali. Jika kamu datang saat musimnya, buruan deh, coba kelezatannya.

Itu adalah beberapa kuliner Gorontalo yang bisa kamu coba. Namanya memang terdengar aneh, tapi kelezatannya tidak diragukan lagi guys!. Kamu bisa melengkapi kulinermu dengan mencoba minuman khas Gorontalo juga, seperti es brenebon dan saraba.

Brenebon ini dikenal dengan sup kacang merah, tetapi di Gorontalo, kamu bisa mengincipinya sebagai pereda dahaga. Sedangkan saraba adalah minuman dari rempah, jahe dan susu. Jangan hanya makanan saja, kamu bisa menikmati minuman yang memiliki rasa khas ketimuran. Jadi, mau coba yang mana dulu nih?

Share:
error: Content is protected !!