Kekayaan Kota Khatulistiwa ini bukan hanya pada kulinernya saja tetapi juga kerajinan tangan yang bervariasi. Tidak hanya populer di dalam negeri tetapi juga banyak dicari wisatawan mancanegara.

Oleh-oleh Khas Pontianak sangat bervariasi dan bisa menjadi pilihanmu untuk melengkapi liburan. Pontianak merupakan salah satu kota yang dilalui garis lintang nol derajat. Maka, jangan heran kalau kota ini mendapat julukan Kota Khatulistiwa disamping julukan lainnya seperti Kota Seribu Parit, Kota Bersinar dan sebagainya.

Dikenal sebagai penghasil lidah buaya terbaik, ada berbagai olahan lidah buaya yang bisa kamu temukan disana. Selain itu, ada beberapa cemilan khas hingga barang etnik yang bisa kamu bawa pulang. Kekayaan Kota Khatulistiwa ini bukan hanya pada kulinernya saja tetapi juga kerajinan tangan yang bervariasi.

Beberapa kerajinan tangan khas Pontianak ini tidak hanya populer di dalam negeri tetapi ada juga yang banyak dicari wisatawan mancanegara lho!. Bagi kamu yang mencari oleh-oleh khas Pontianak, ini daftarnya!

Oleh-oleh Khas Pontianak

1. Bingke Berendam

Bingke Berendam
Bingke Berendam

Harga : ± Rp. 25.000 – Rp. 50.000

Jajajan di Pontianak ini biasanya menjadi menu favorit untuk berbuka puasa. Kue tradisional ini terbuat dari bahan baku gula, susu, telur dan santan. Bingke Berendam memiliki bentuk segi enam dan cukup rumit dibuat, tetapi ini adalah jajanan yang sangat digemari.

Makanan ini disebut Bingke Berendam karena saat penyajian ada sedikit kuah dari adonan bingke, sehingga seolah-olah sedang berendam dalam air. Jajanan satu ini cocok sebagai oleh-oleh khas Pontianak. Ada berbagai varian yang bisa dicoba seperti keju, pisang, daging, pandang dan sebagainya.

2. Chai Kue / Choipan

Choipan
Choipan

Harga : ± Rp. 1.500 – Rp. 3.000 / kue tergantung jenis.

Namanya yang unik, kue ini juga memiliki tampilan unik layaknya kuliner ala Jepang. Makanan berkulit tipis dengan berbagai isian didalam membuatnya banyak digemari segala kalangan. Isian kue yang paling populer adalah kucai, keladi, kacang kedelai dan bengkuang.

Baca Juga :   20+ Wisata Pontianak Terbaru, Kekinian & Super Seru!

Kamu bisa menikmati jajanan ini dalam dua versi yaitu choi pan kukus dan goreng. Kamu bisa mencocolkan choi pan ke sambal atau kecap manis agar semakin lezat. Kue mungil ini memiliki rasa lembut dan gurih yang sangat enak dilidah!

3. Cokelat Wijen

Cokelat Wijen Khas Pontianak
Cokelat Wijen

Harga : ± Rp. 30.000

Bagi kamu yang suka cokelat, oleh-oleh kas Pontianak satu ini jangan sampai dilewatkan guys!. Seperti namanya, kue ini terbuat dari biji wijen yang dilumuri cokelat kemudian dibekukan. Rasa yang manis dan renyah pasti membuatmu ketagihan!.

4. Cokelat Lidah Buaya

Cokelat Lidah Buaya
Cokelat Lidah Buaya

Harga : ± Rp. 25.000

Satu lagi olahan cokelat yang tak kalah enak adalah cokelat lidah buaya. Meski terdengar aneh dan asing, kue cokelat ini memang menjadi salah satu jajanan populer di Pontianak. Rasa manis dan tekstur lembutnya akan meleleh pada setiap gigitan, sehingga sangat cocok kamu bawa pulang!.

5. Dodol Lidah Buaya

Dodol Lidah Buaya
Dodol Lidah Buaya

Harga : ± Rp. 30.000

Kalimantan Barat dikenal sebagai tempat penghasil lidah buaya terbaik di dunia. Selain menjadi bahan cokelat, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai dodol. Oleh-oleh khas Pontianak ini banyak ditemukan di pusat oleh-oleh.

Dodol ini terbuat dari lidah busaya, gula pasir, gula merah, santan, garam dan tepung beras. Tekstur kenyal dan lembutnya membuat jajanan ini banyak digemari wisatawan. Jika kamu sudah terbiasa dengan dodol khas Jawa, coba deh mencoba dodol lidah buaya yang khas dari Kalimantan Barat.

6. Gula Durian / Selai Durian

Gula Durian  Khas Pontianak
Gula Durian

Harga : ± Rp. 60.000

Mungkin selai durian sudah ada dimanapun, tetapi selai durian Pontianak pasti memiliki keunikan lain. Gula durian sudah dikenal sejak dulu dan menjadi selai khas masyarakat Pontianak. Selai durian memang jarang ditemui karena musiman. Jadi kalau ada, langsung sambil saja ya!.

7. Juhi Bakar / Sotong Pangkong

Juhi Bakar
Juhi Bakar

Harga : ± Rp. 30.000 / 100 gr

Baca Juga :   13 Oleh-oleh Khas Samarinda Terpopuler, Wajib Dibeli

Camilan ini berbahan dasar sotong, yaitu sejenis cumi dengan delapan tentakel. Sotong ini diolah dengan cara dihaluskan, kemudian diberi racikan bumbu dan dibakar. Namun, di beberapa tempat pengolahannya ada yang dipanggang.

Tekstur basah dengan cita rasa bumbu khas yang kuar membuatnya cocok sebagai pelengkap makanan, maupun menjadi buah tangan. Juhi bakar ini cukup tahan lama dan bisa tahan hingga 14 hari. Sehingga, kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Pontianak.

8. Keripik Pisang Segedong

Keripik Pisang Segedong
Keripik Pisang Segedong

Harga : ± Rp. 40.000 / 350 gr

Jajanan ini sudah terdapat di beberapa tempat, salah satunya Pontianak. Selama ini Kalimantan dikenal sebagai penghasil pisang berkualitas baik di Indonesia. Segedong adalah kawasan di Kabupaten Mempawah yang memiliki pisang unggulan dengan rasa manis dan gurih yang khas.

CIta rasa keripik pisang ini tentunya berbeda dengan keripik pisang lain guys!. Tidak sedikit wisatawan yang membawa oleh-oleh khas Pontianak ini karena kepopulerannya. Jadi, kamu wajib beli dan jangan sampai ketinggalan ya!

9. Kerupuk Amplang

Kerupuk Amplang Khas Pontianak
Kerupuk Amplang

Harga : ± Rp. 20.000 / 60 gr

Makanan ringan dengan rasa gurih ini sangat populer di Kalimantan. Di Pontianak, jajanan ini kebanyakan terbuat dari campuran ikan tenggiri camar dan tepung yang digoreng kering. Tidak hanya populer sebagai oleh-oleh khas Pontianak, kerupuk ini juga menjadi hidangan wajib saat hari raya.

10. Kacang Piinatsu

Kacang Piinatsu Khas Pontianak
Kacang Piinatsu

Harga : ± Rp. 15.000 /150 gr

Sekilas bentuknya mirip kue molen tapi kacang piinatsu berbeda. Makanan ini terbuat dari kacang tanah yang diselimuti gulungan tepung, kemudian digoreng. Tekstur gurih dan renyah ditambah cita rasa manis asin membuat siapapun tidak berhenti ngemil!.

11. Kopi Sepok

Kopi Sepok Khas Pontianak
Kopi Sepok

Harga : ± Rp. 17.000 / 100 gr

Baca Juga :   25+ Wisata Palangkaraya Terbaru & Terbaik Pilihan Travelers

Suka ngopi?. Jangan lupa mencoba kopi khas Kalimantan yang diolah secara tradisional ini!. Kopi khas dari Desa Punggur, Kalimantan Barat ini dijemur mengandalkan sinar matahari sebelum disangrai dengan tunggu kayu. Proses sederhana ini membuat aromanya berbeda dengan kopi pada umumnya.

Pengolahan kopi yang masih tradisional membuat kopi sepok banyak digemari karena rasa dan aroma khasnya. Jenis kopi robusta ini cukup aman dikonsumsi pemula karena tidak menyebabkan kembung. Oleh-oleh khas Pontianak ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu bawa pulang.

12. Lempok Durian

Lempok Durian
Lempok Durian

Harga : ± Rp. 35.000 / 200 gr

Seperti dodol durian, lempok durian juga muncul tergantung musim. Makanan ini terbuat dari 100% buah durian yang dicampur gula dan sedikit garam, lalu dimasukkan dalam kuali untuk dimasak. Proses pengolahan membutuhkan waktu cukup lama, karena harus terus diaduk sampai mengental.

Selain memiliki aroma durian yang kuat, lempok durian ini memiliki cita rasa manis dan legit. Tekstur kenyal saat digigit membuatnya banyak digemari semua kalangan. Lempok Durian cukup tahan lama dan bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Pontianak.

13. Manisan Kandis Salju

Manisan Kandis Salju
Manisan Kandis Salju

Harga : ± Rp. 20.000 / 180 gr

Oleh – oleh khas Pontianak selanjutnya ada olahan buah asam kandis. Asam kandis didapat dari buah rukem dan memiliki citarasa asam yang pahit. Asam kandis yang telah dikeringkan akan dicampur gula untuk menghasilkan perpaduan rasa manis asam yang wajib dicoba.

Share:
error: Content is protected !!