Kekayaan Kota Khatulistiwa ini bukan hanya pada kulinernya saja tetapi juga kerajinan tangan yang bervariasi. Tidak hanya populer di dalam negeri tetapi juga banyak dicari wisatawan mancanegara.

14. Manisan Asam Paya

Manisan Asam Paya
Manisan Asam Paya

Harga : ± Rp. 30.000 / 300 gr

Buah atapson atau asam paya merupakan buah yang tumbuh di hutan Kalimantan dengan rasa asam manis. Buah berbentuk mirip salak ini banyak diolah menjadi manisan. Rasa asam manis inilah yang membuatnya banyak digemari wisatawan.

Manisan ini dibuah dari asam paya, gula pasir, garam dan lain-lain. Manisan khas ini mampu bertahan hingga sembilan bulan. Sehingga cocok kamu jadikan oleh-oleh khas Pontianak dalam jumlah banyak maupun perjalanan jauh.

15. Madu Hutan

Madu Hutan Khas Pontianak
Madu Hutan

Harga : ± Rp. 225.000 / 550 ml

Kalimantan Barat tak hanya dikenal sebagai penghasil lidah buaya terbaik, tetapi juga dikenal karena mutu madu hutan terbaik di bawah India. Kualitas madu hutan terbaik ada di Kapuas Hulu, tetapi masyarakat Kapuas Hulu mengatakan bahwa madu hutan terbaik ada di Desa Nanga Lauk.

Kamu bisa mendapatkan madu hutan Kalimantan Barat di berbagai pusat oleh-oleh. Memiliki citra rasa original dengan kualitas yang terkenal, madu hutan ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Produk madu hutan ini tersebar di berbagai wilayah Kalimantan Barat, salah satunya Pontianak.

16. Mie Talas

Mie Talas
Mie Talas

Harga : ± Rp. 50.000 / 300 gr

Oleh-oleh khas Pontianak bisa bisa menjadi cemilan ringan untuk waktu santaimu guys!. Seperti namanya, jajanan ini terbuat dari talas atau keladi yang dipotong stik lalu digoreng. Ada jenis potongan tebal dan potongan tipis yang bisa kamu coba. Rasa gurih dan kriuknya pasti bikin nagih!.

17. Pisang Srikaya

Pisang Srikaya
Pisang Srikaya

Harga : ± Rp. 5.000

Satu lagi jajanan nikmati khas Pontianak adalah pisang goreng srikaya. Kuliner ini berbahan pisang nepa yang hanya ada di Pontianak. Tekstur lembut dan rasa nikmat yang gurih membuat makanan ini banyak digemari masyarakat.

Makanan ini lebih enak disajikan hangat dan cocok dijadikan oleh-oleh khas Pontianak, tetapi tidak tahan lama. Jadi kamu harus pertimbangkan dengan waktu perjalananmu. Jika sudah dingin, kamu bisa hangatkan kembali agar tetap nikmat di lidah.

18. Sirup Sengkit

Sirup Sengkit Khas Pontianak
Sirup Sengkit

Harga : ± Rp. 50.000

Namanya memang terdengar aneh, tetapi sirup sengkit cukup populer untuk oleh-oleh khas Pontianak. Minuman itu terbuat dari buah sengkit (jeruk limau khas Pontianak), plum dan gula. Bahan tersebut harus diawetkan dengan cara alami terlebih dahulu untuk membuat sensasi rasa yang berbeda dengan sirup lainnya.

Rasa asam manis sedikit pahit. Untuk membuatnya kamu tinggal mencampurnya dengan air dingin atau panas sesuai selerai. Untuk menjaga cita rasa aslinya, produsen biasanya membuat ramuan sirup tanpa bahan pengawet. Sehingga, selainsegar juga bermanfaat bagi kesehatan!.

19. Snek Muruku

Snek Muruku Khas Pontianak
Snek Muruku

Harga : ± Rp. 10.000

Masih berupa makanan ringan, kali ini ada muruku ikan. Cemilan gurih ini bentuknya seperti sereal dan terbuat dari perisa ikan. Rasanya tersedia dalam beberapa varian rasa yaitu pedas, original, rumput lain dan lain-lain. Tinggal pilih kamu suka yang mana untuk dibawa pulang guys!.

20. Teh Lidah Buaya

Teh Lidah Buaya
Teh Lidah Buaya

Harga : ± Rp. 20.000

Oleh-oleh khas Pontianak ini sangat populer karena jarang ditemui di tempat lain. Olahan lidah buaya dikenal sebagai ciri khas kota Pontianak, maka jangan segan untuk mencoba teh lidah buaya saat berada disana.

Proses pembuatan teh dimulai dari memotong kulit lidah buaya yang sudah dicuci dan dikeringkan. Potongan kecil-kecil tersebut kemudian dijemur dan dioven hingga benar-benar kering. Inilah yang menjadi serbuk teh dengan aroma khas. Tertarik mencoba?.

21. Aksesoris Khas Dayak

Aksesoris Khas Dayak
Aksesoris Khas Dayak

Harga : bervariasi

Jika sudah mencari jajanan, jangan lupa berburu aksesoris khas Borneo ya!. Kurang lengkap jika kamu tidak mencari aksesoris khas suku Dayak yang hanya ada di Kalimantan ini. Kamu bisa mendapatkan beragam aksesoris seperti kalung, ikat kepala, gelang dan sebagainya guys!.

22. Batu Akik Kecubung

Batu Akik Kecubung Khas Pontianak
Batu Akik Kecubung

Harga : bervariasi

Batu mulia khas Kalimantan Barat banyak dicari wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahkan, batu kecubung sangat populer dan menjanjikan bagi pengrajin di Pontianak pada tahun 2013. Meski pesona batu akik tak sebooming dulu, pamornya tak pernah layu lho!.

Para penyuka seni maupun kolektor masih menyimpan ketertarikan pada batu akik Kalimantan. Di Pontianak, kamu bisa mendapatkan batu akik dalam bentuk cincin maupun aksesoris lain. Oleh-oleh khas Pontianak ini tentu susah didapat di tempat lain dan hal ini bisa jadi pertimbangan buatmu.

23. Kain Tenun Corak Insang

Kain Tenun Corak Insang
Kain Tenun Corak Insang

Harga : ± Rp. 75.000 / meter

Jangan pulang tanpa membawa oleh-oleh khas Pontianak ini guys!. Tenun Corak Insang adalah motif yang paling populer dan banyak dikenakan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, salah satu motif tenun Pontianak ini sangat dikenal sejak masa Kesultanan Kadriah tahun 1771 hingga sekarang.

Awalnya tenun corak insang hanya dikenakan para bangsawan di Istana Kadriah Pontianak. Pada jamannya, tenun ini juga difungsikan sebagai cinderamata kepada raja pada acara-acara penting. Kain corak insang merupakan tenun tradisional masyarakat Melayu di Pontianak yang kini semakin berkembang.

Motif corak insang’pun memiliki banyak nama seperti kain insang berombak, insang banji, insang cabe dan sebagainya. Selain berupa kain meteran, kamu bisa membelinya dalam bentuk kemeja, baju, kopiah tenun dan sebagainya. Jangan ketinggalan untuk memilikinya ya!.

24. Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan Khas Pontianak
Kerajinan Tangan

Harga : bervariasi

Aneka kerajinan tangan ini bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Pontianak selanjutnya. Ada beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu jumpai seperti kain tenun, batu akik dan aksesoris yang sudah disebutkan diatas. Selain itu masih ada lampit rotan, kain sasirangan, ukiran batu dan kayu, guci dan sebagainya. Mau pilih yang mana?

25. Produk Lawar

Produk Lawar Khas Pontianak
Produk Lawar

Harga : mulai Rp. 90.000

Bagi yang suka fashion, ada produk khas yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Pontianak. Kata Lawar dalam bahasa daerah Pontianak memiliki arti tampan atau cantik. Ciri khas brand ini adalah model font typho pada tiap koleksinya.

Kamu bisa membeli beragam produk fashion seperti kaus, sweater, jaket dan sebagainya. Brand yang sangat berbau Pontianak ini akan membawamu lebih dekat dengan Kota Khatulistiwa!

Itu adalah beberapa oleh-oleh khas Pontianak yang bisa kamu pilih untuk kerabat maupun keluarga di rumah. Beberapa jajanan yang ada sudah tersedia dalam berbagai merk. Kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh maupun pasar tradisional. Semoga bermanfaat!

Share:
error: Content is protected !!