Sebagai kota yang dilalui garis Khatulistiwa, membuat Pontianak banyak dikenal masyarakat. Ada berbagai wisata Pontianak yang tak kalah menarik lho!

Wisata Pontianak yang sangat beragam bisa kamu kunjungi saat liburan di Ibu Kota Kalimantan Barat ini. Kota ini dilalui oleh Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia dan Sungai Landak. Maka, jangan heran kalau banyak destinasi yang berlatar kedua sungai tersebut.

Selama ini Kota Pontianak dikenal sebagai kota yang dilalui garis Khatulistiwa, dimana di suatu waktu, jika kamu berdiri disana maka bayanganmu tidak nampak. Salah satu keunikan ini membuat Pontianak banyak dikenal masyarakat. Diapit oleh aliran sungai, kamu tidak akan menemukan wisata pantai di Pontianak.

Namun, meski tidak ada wisata pantai yang bisa kamu temukan, masih ada berbagai wisata Pontianak yang tak kalah menarik. Kamu bisa wisata sambil belajar maupun berpetualang. Tak hanya itu, ada beberapa cagar budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Penasaran?, check it out guys!

Wisata Pontianak

1. Aloe Vera Center

Aloe Vera Center
Aloe Vera Center

Lokasi : Jl. Budi Utomo No.29, Siantan Hilir, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak.
Map : Klik Disini
HTM : ± Rp. 50.000
Buka/Tutup : 08.00 – 16.00 (Senin – Jumat)

Sesuai namanya, ini adalah pusat budidaya tanaman lidah buaya. Disini, kamu tidak hanya melihat berbagai tanaman bermanfaat tersebut, tetapi juga pengolahannya. Kamu bisa melihat proses pengolahan lidah buaya menjadi anek produk seperti permen, dodol dan kosmetik.

Tanaman lidah buaya sejak dulu sudah terkenal akan manfaatnya. Jadi jangan ragu untuk membeli oleh-oleh dari tempat ini. Selain menjadi tempat wisata Pontianak yang terbilang unik, banyak edukasi yang akan kamu dapatkan seputar khasiat dan kandungan lidah buaya.

2. Bukit Rel

Bukit Rel
Bukit Rel

Lokasi : Batu Layang, Kota Pontianak.
Map : Klik Disini
HTM : ± Rp.10.000
Buka/Tutup : 24 jam

Wisata Pontianak terbaru ini mulai dikembangkan pada tahun 2021. Dulunya ada dua bukit, tetapi saat Belanda membangun kota, bukitnya tersisa satu dan kini dinamai Bukit Rel. Bukan tanpa sebab, memang terdapat sisa-sia rel dan bangunan pemecah batu disana.

Tentu saja kamu harus mendaki ke bukit berketinggian 40 meter ini untuk menikmati pesona alamnya. Di bagian barat, ada sebuah makam sesepuh penduduk lokal. Sedangkan di puncak, ada pantak bekas tempat prosesi adat suku dayak. Jika kamu suka olah raga, bisa mencoba ke puncaknya guys!.

3. Hutan Kota Untan

Hutan Kota Untan

Lokasi : Jalan Jenderal Ahmad Yani No.114, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.
Map : Klik Disini

Ingin yang sejuk-sejuk tanpa keluar kota?, kunjungilah Hutan Kota Arboretum Sylva Untan. Kawasan ini merupakan wisata Pontianak yang populer karena disini kamu bisa mendapatkan udara segar khas pegunungan. Di dalamnya, terdapat ratusan jenis tumbuhan, 12 jenis mamalia, 32 jenis burung, 35 jenis serangga dan 14 jenis hertofauna.

Dulunya tempat ini ditanami ubi dan jagung dibawah Departemen Perindustrian dan Pertanian. Kini, hutan kota Untan menjadi kawasan pelestarian plasma nutfat di Kalimantan Barat dan dibuka untuk umum. jika kamu ingin suasana alam yang tidak jauh, maka tempat ini bisa jadi tujuan.

4. Jembatan Kapuas

Jembatan Kapuas
Jembatan Kapuas

Lokasi : Jl. Sultan Hamid, Benua Melayu Laut, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak.
Map : Klik Disini

Jembatan yang dibangun membentang melintasi Sungai Kapuas ini memiliki panjang 420 meter dan diresmikan pada tahun 1982 oleh Presiden Soeharto. Sedangkan jembatan Kapuas II diresmikan pada tahun 2007 dan berada tak jauh dari Jembatan Kapuas I.

Meski hanya jembatan, kamu bisa menikmati panorama senja dan malam yang indah di sekitar objek wisata Pontianak ini. Kamu bisa melihat matahari terbenam dari area Jembatan Kapuas I. Saat malam, lampu-lampu indah yang meneranginya membuat suasana sekitar sungai lebih indah.

Baca Juga :   20 Wisata Banjarbaru Terbaru & Asyik untuk Liburan

5. Keraton Kadriah

Keraton Kadriah
Keraton Kadriah

Lokasi : Jl. Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Kec. Pontianak Tim., Kota Pontianak.
Map : Klik Disini
HTM : ± Rp.5.000
Buka/Tutup : 10.00 – 17.00

Salah satu tempat bersejarah ini adalah wisata Pontianak yang wajib dikunjungi. Dibangun pada 1771 – 1778, Istana Kesultanan Pontianak ini dulunya. didiami oleh Sultan Sayyid Syarif Abdurrahmna Al-qadrie. Bangunan yang dibangun dari kayu pilihan ini terus mengalami renovasi hingga bentuknya yang seperti sekarang.

Di bagian depan keraton ada 13 meriam kuno. Pada bagian mimbar yang menjorok kedepan, kamu dapat melihat Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Keraton ini masih menyimpan barang-barang antik peninggalan masa lalu. Kamu bisa masuk ke setiap ruangan, tetapi taati aturan yang ada ya!

6. Kolam Renang JC Oevang Oeray

Kolam Renang JC Oevang Oeray
Kolam Renang JC Oevang Oeray

Lokasi : Jl. Letkol Soegiono, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak.
Map : Klik Disini
HTM : ± Rp. 25.000 – Rp. 35.000
Buka/Tutup : 06.00 – 18.00

Hobi renang?, kamu bisa datang ke JC Oevang Oeray. Nama kolam ini diambil dari tokoh Oevang Oeray, Gubernur Kalimantar Barat pertama dari Suku Dayak (1960-1966). Kolam renang ini tidak hanya untuk kompetisi, tetapi sudah ada kolam lain yang dilengkapi wahana permainan. Kualitas air yang bagus dan area yang luas membuat salah satu wisata Pontianak ini cocok untuk liburan keluarga.

Bukan hanya kolam dewasa saja, ada kolam kecil yang lebih dangkal untuk anak-anak. Jika punya nyali, kamu bisa menantang temanmu lomba renang disini guys!. Area persegi panjang yang cukup luas dapat membuatmu lebih leluasa dalam berenang. Itulah kenapa banyak orang yang hobi renang menghabiskan waktu disini.

7. Kolam Renang Muara Kapuas

Kolam Renang Muara Kapuas
Kolam Renang Muara Kapuas

Lokasi : Jl. Komodor Yos Sudarso Gg. Alpokat Indah 1B No.Raya, Sungai Beliung, Kec. Pontianak Bar., Kota Pontianak.
Map : Klik Disini
HTM : ± Rp. 15.000
Buka/Tutup : 08.00 – 17.00

Wisata Pontianak satu ini juga cocok untuk liburan keluarga. Daya tarik kolam ini adalah lokasinya yang berada di pinggir Sungai Kapuas. Selain air yang jernih, ada wahana bermain untuk anak-anak. Jika kamu ingin liburan keluarga yang ekonomis, kamu bisa langsung cuss ke tempat ini guys!.

8. Waterfront Kampung Beting

Waterfront Kampung Beting
Waterfront Kampung Beting

Lokasi : Kecamatan Pontianak Timur.
Map : Klik Disini

Ini adalah tempat wisata di Pontianak yang menarik perhatian, karena Presiden Joko Widodo menyebutnya sebagai yang terbaik dari tiga proyek waterfront lain. Dulunya kampung ini terkenal akan citra buruknya, namun kini Texas from Pontianak dipoles menjadi destinasi wisata yang unik.

Rumah diatas air yang memenuhi kampung ini tertata baik, dilukis dan sekitar jalannya dihias seindah mungkin. Hingga pada tahun 2019, wisata ini diresmikan. Di kampung ini juga ada cagar budaya berupa Masjid Jami dan Istana Kadriah yang bisa sekalian dikunjungi .

9. Kampung Wisata Kuantan

Kampung Wisata Kuantan
Kampung Wisata Kuantan

Lokasi : Jalan Imam Bonjol Gang Kuantan Bantaran Sungai Kapuas, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak.
Map : Klik Disini

Masih di tepian Kapuas, ada Kampung Wisata Kuantan. Wisata Pontianak ini menjadi lokasi tren di media sosial yang sarat akan foto. Bahkan, tempat ini pernah dikunjungi artis Ibukota yaitu Panji Petualang dan Band-band Indie.

Baca Juga :   30+ Tempat Wisata Keren di Kalimantan Selatan Paling Favorit

Area yang dipoles warna warni ini tidak hanya menjadi spot foto tetapi juga tempat nongkrong yang banyak digemari. Kamu bisa datang ke kampung ini jika ingin bersantai ala kekinian.

10. Khatulistiwa Park

Khatulistiwa Park
Khatulistiwa Park

Lokasi : Jl. Khatulistiwa No.Kel, Batu Layang, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak.
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 07.30 – 21.00

Pontianak sudah dikenal dunia karena letaknya berada di garis khatulistiwa. Itu kenapa tugu khatulistiwa menjadi destinasi unggulan di Kalimantan Barat. Taman wisata ini dilengkapi dengan berbagai wahana permainan dan fasilitas pendukung seperti gazebo konsep tropis, patung dan sebagainya.

Tugu khatulistiwa dibuat pada masa Hindia Belanda sebagai penanda titik nol derajat garis khatulistiwa. Di tempat ini pula ada peristiwa menakjubkan yaitu saat terjadi titik kulminasi dimana matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Peristiwa ini terjadi setahun dua kali yaitu sekitar 21-23 Maret dan 21-23 September. Mengunjungi wisata Pontianak ini di waktu yang tepat tidak boleh kamu lewatkan!

11. Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak
Masjid Jami Pontianak

Lokasi : Dalam Bugis, Kec. Pontianak Tim., Kota Pontianak.
Map : Klik Disini

Selain Istana Kadriyah, Masjid Jami’ Pontianak ini merupakan cagar budaya di Kalimantan Barat yang dibangun oleh Sultan Syarif Abdurrahman. Masjid yang berdiri sekitar tahun 1778 ini adalah masjid tertua di Kota Pontianak sekaligus saksi biru berdirinya Kota Khatulistiwa ini.

Arsitektur unik dengan 6 tiang besar dari kayu belian menjadi daya tarik bagi masjid ini. Selain itu, mimbar yang bentuknya mirip geladak kapal juga tidak ditemukan pada masjid yang lain. Menarik bukan?!

12. Masjid Raya Mujahidin

Masjid Raya Mujahidin
Masjid Raya Mujahidin

Lokasi : Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak.
Map : Klik Disini

Jika sebelumnya ada masjid tertua, maka inilah masjid terbesar di Provinsi Kalimantan Barat. Pembangunan masjid ini selesai pada tahun 1978 dan renovasinya diresmikan pada tahun 2015. Meski desain depannya berkubah, interior masjid ini menggunakan arsitektur khas Kalimantan Barat yang ditandai dengan tiang-tiang penyangga.

13. Museum Negeri Kalimantan Barat

Museum Negeri Kalimantan Barat
Museum Negeri Kalimantan Barat

Lokasi : Jl. Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak.
Map : Klik Disini
HTM : ± Rp.2.000 – Rp. 10.000
Buka/Tutup : 08.00 – 16.00 (Senin tutup)

Tidak lengkap kalau liburanmu tidak mengenal Kalimantan Barat lebih dekat di Museum Negeri. Wisata pontianak ini memiliki aneka koleksi berupa peninggalan sejarah dari berbagai suku seperti Suku Dayak, Suku Melayu dan Suku Tionghoa.

Berbagai jenis koleksi yang ada disini diantaranya koleksi geografika, biologika, arkeologika, historika, numismatika dan heraldika. Terdapat juga ruang budaya dan ruang keramik dengan koleksi lainnya. Museum ini kadang mengadakan pameran, karya tulis, sarasehan dan berbagai aktivitas menarik yang bisa kamu ikuti.

14. Makam Kesultanan Batulayang

Makam Kesultanan Batulayang
Makam Kesultanan Batulayang

Lokasi : Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak.
Map : Klik Disini

Ini adalah tempat bersejarah yang menjadi wisata ziarah di pontianak. Sultan Abdurrahman wafat pada tahun 1808 dan dimakamkan di tepi sungai Kapuas bersama kerabatnya. Makam Sultan terbuat dari kayu belian tingkat dua dengan ukiran tumbuhan bersulur.

Makam yang sudah berusia sekitar 2 abad ini tidak sendirian. Disampingnya terdapat makam sang istri, Putri Utin Chandramidi, Sultan Syarif Kasim dan Sultan Syarif Usman yang dimakankan bersama istri dan keluarganya.

15. Pelabuhan Seng Hie

Pelabuhan Seng Hie
Pelabuhan Seng Hie

Lokasi : Benua Melayu Laut, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak.
Map : Klik Disini

Jika kamu ingin mengeksplore tempat legendaris, Pelabuhan Seng Hie bisa menjadi jujugan wisata Pontianak selanjutnya. Ini adalah pelabuhan tertua di Pontianak yang memiliki sejarah panjang. Disini, kamu bisa melihat bagaimana jayanya sektor kelautan di Indonesia dulu. Selain melihat pesona Pontianak di pelabuhan, berbagai area vintage bisa menjadi spot menarik untuk fotomu.

Baca Juga :   15+ Pilihan Oleh-oleh Khas Banjarmasin Favorit Wisatawan

16. Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng
Rumah Betang Radakng

Lokasi : Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.
Map : Klik Disini
HTM : ± Rp. 5.000
Buka/Tutup : 07.00 – 18.00

Cagar budaya satu ini menjadi wisata Pontianak yang cukup populer. Rumah Radakng adalah rumah berbentuk panjang yang menjadi tempat tinggal Suku Dayak. Ikon baru kota Pontianak yang diresmikan pada tahun 2013 ini biasanya ramai dikunjungi untuk sekedar bersantai maupun aktivitas lain seperti latihan tari.

17. Taman Akcaya

Taman Akcaya
Taman Akcaya

Lokasi : Jl. Sutan Syahrir, Akcaya, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 24 ja
m

Tempat wisata di Pontianak ini bisa jadi pilihanmu untuk bersantai. Taman ini menyajikan suasana asri, sejuk dan teduh dengan adanya pepohonan rindang. Disini kamu bisa melakukan banyak aktivitas seperti bersantai, jogging, olah raga, membaca di rumah baca hingga kuliner malam. Kamu tinggal pilih kapan ingin menghabiskan waktu disana guys!

18. Taman Alun Melayu Kapuas

Taman Alun Melayu Kapuas
Taman Alun Melayu Kapuas

Lokasi : Jl. Rahadi Usman, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.
Map : Klik Disini
Buka/Tutup: 06.00 – 22.00

Menikmati keindahan Sungai Kapuas bisa dilakukan dimana saja, salah satunya adalah di Taman Alun Melayu. Duduk santai sambil memandangi kapal hilir mudik menjadi sajian utama taman ini. Semua semakin sempurna saat malam tiba, karena lampu-lampu yang menerangi area sekitar menyulap area sungai lebih cantik.

Tidak sedikit orang yang selalu menikmati sore di salah satu waterfront city ini. Taman Alun Melayu memiliki air mancur dan replika tugu khatulistiwa yang menjadi ikon Pontianak. Jadi, jangan segan untuk mampi dan bersantai di tempat ini ya!.

19. Taman Digulis

Taman Digulis Pontianak
Taman Digulis

Lokasi : Jl. Jenderal Ahmad Yani No.114, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 06.00 – 22.00

Salah satu wisata Pontianak yang cocok untuk bersantai adalah Taman Digulis. Taman terbuka hijau ini selalu ramai dikunjungi karea letaknya yang strategis. Lokasinya berada di dekat bundaran Tugu Disgulis. Tugu Disgulis adalah monumen untuk mengenang jasa pejuang Sarekat Islam Kalimantan Barat.

Kamu bisa melakukan banyak aktivitas di taman ini seperti bersantai, olah raga, tenis dan sebagainya. Taman Disgulis sudah dilengkapi lampu untuk penerangan malam hari. Selain kamu bisa jalan-jalan malam, kamu juga bisa melihat air mancur dan lampu indahnya di bundaran Tugu Ditulis.

20. Vihara Bodhisatva Karaniya Metta

Vihara Bodhisatva Karaniya Metta
Vihara Bodhisatva Karaniya Metta

Lokasi : Jl. Kapten Marsan No.33, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : 07.00 – 17.00

Vihara ini adalah salah satu cagar budaya di Pontianak. Meski juga digunakan sebagai tempat ibadah, tempat ini banyak dikunjungi wisatawan untuk sekedar melihat-lihat bangunan cantiknya. Didominasi warna merah dengan pintu-pintu berornamen para dewa kamu akan melihat berbagai ornamen khas Tionghoa yang indah disana.

Mulai dari lampion, lonceng tua berumur ratusan tahun hingga lukisan interior yang masih asli sejak vihara ini dibangun masih dipertahankan. Biasanya vihara ini ramai saat Imlek, tetapi tidak pernah sepi. Jadi kamu bisa mengunjunginya setiap hari.

Itu adalah beberapa tempat wisata Pontianak yang bisa kamu kunjungi. Tempat wisata tersebut kebanyakan bisa kamu kunjungi sekaligus karena letaknya berdekatan. Jadi, kapan berencana kesana guys?.

Share:
error: Content is protected !!