Liburan ke Tarakan, kamu bisa bermain sambil belajar. Menjadi lokasi strategis sejak era Hindia Belanda, tidak heran banyak tempat wisata Tarakan yang bisa jadi sarana edukasi.

Wisata Tarakan yang paling menonjol adalah tentang sejarahnya. Bukan tanpa alasan, kota terbesar di Kalimantan Utara ini dulu pernah jadi rebutan karena kualitas sumber minyak yang baik. Letak yang strategis menjadikan kecamatan Tarakan kala itu sebagai salah satu sentra industri di Kalimantan Timur (tahun 2012 menjadi bagian Kalimantan Utara).

Menjadi lokasi strategis sejak era Hindia Belanda, tidak heran kalau banyak tempat wisata menarik yang bisa menjadi sarana edukasi sejarah. Contohnya museum, rumah adat, wisata persemaian dan sebagainya. Disini kamu bisa mengetahui sejarah Tarakan hingga menikmati sudut kotanya yang indah.

Meski kaya akan sejarah, tidak semua tempat wisata di Tarakan masih beroperasi. Museum rumah bundar dan museum flora dan fauna kabarnya sudah tutup. Namun, kamu masih bisa mengunjungi berbagai wisata menarik lain yang ada di Bumi Paguntaka ini. Penasaran dengan wisata di Tarakan?, Check it out!

Wisata Tarakan

1. Agrowisata Karoengan

Agrowisata Karoengan
Agrowisata Karoengan

Lokasi : Mamburungan Tim., Kec. Tarakan Tim., Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
HTM : ± Rp. 3.000

Wisata Tarakan ini bisa menjadi jujugan di akhir pekan bersama keluarga. Banyak hal yang bisa kamu nikmati, mulai dari taman, air terjun buatan setinggi 10 meter di atas waduk dan alun-alun mini. Kamu bisa bersantai di gazebo hingga menyegarkan diri di waduk di bawah air terjun.

Area wisata yang dibuka pada tahun 2018 ini ramai dikunjungi saat akhir pekan. Tak hanya wisata, kamu bisa berburu durian dan aneka buah khas penduduk sekitar juga lho!

3. Baloy Adat Rumah Tidung

Baloy Adat Rumah Tidung
Baloy Adat Rumah Tidung

Lokasi : Jalan Telaga Keramat, Kampung Enam, Tarakan Timur, Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap Hari 07.30 – 17.00
HTM : ± Rp. 3.000

Kerajaan Tidung yang dikenal dengan Kerajaan Tarakan berdiri tahun 1551 – 1916. Kamu bisa melihat peninggalan Kerajaan Tidung di Baloy Mayo Adat Tidung yang dibangun oleh pengampu adat Suku Tidung. Kemegahan bangunan bergaya arsitektur khas Tidung ini seperti rumah panggung.

Selain bangunan utama, ada bangunan bernama Lubung Kilong atau Tamba Bayanginum yang berdiri di atas kolam ikan. Tidak hanya melihat sisi sejarah, kamu juga bisa memberi makan ikan hingga belanja souvenir yang tersedia disana.

4. Cagar Budaya Peningki Lama

Cagar Budaya Peningki Lama
Cagar Budaya Peningki Lama

Lokasi : Mamburungan Timur, Tarakan Timur, Kota Tarakan (Map : Klik Disini)

Peninggi Lama merupakan wisata Tarakan bersejarah peninggalan kolonial Belanda saat Perang Dunia II. Dulunya, situs ini adalah basis utama pertahanan Belanda untuk mengamankan pelabuhan laut, udara dan tambang minyak. Di Peningki Lama ada pillbox bunker, meriam dan gudang logistik.

Terdapat enam meriam dan bangunan tua seperti bunker dan gudang. Benda cagar budaya di kawasan situs Peningki Lama merupakan museum terbuka di Tarakan. Jadi, kamu bisa mengunjungi sekaligus menikmati view alam yang terhampar di sekitarnya.

5. Dermaga Speed Tengkayu

Dermaga Speed Tengkayu
Dermaga Speed Tengkayu

Lokasi : Sebengkok, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan (Map : Klik Disini)

Sekilas memang tidak ada yang menarik mengunjungi dermaga, tetapi wisata Tarakan ini bisa membawa suasana baru yang santai guys!. Dari dermaga, sepanjang mata melihat, terbentang hamparan air laut luas. Saat sore, tak sedikit masyarakat menghabiskan waktu untuk bersantai sermbari melihat hilir mudik kapal yang lewat.

6. Islamic Center Tarakan

Islamic Center Tarakan
Islamic Center Tarakan

Lokasi : Kp. Empat, Kec. Tarakan Tim., Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Baca Juga :   15+ Wisata Samarinda Paling Hits & Populer Untuk Dikunjungi

Wisata Tarakan tidak hanya alam dan sejarah saja. Kamu bisa mengunjungi Masjid Baitul Izzah yang menjadi masjid terbesar dan termegah di Kalimantan Utara. Memiliki arsitektur khas Timur Tengah yang artistik, membuatnya indah dipandang.

Islamic Center Tarakan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gedung pertemuan, gedung perkantoran dan gelanggang olahraga. Memiliki pelataran yang cukup luas, kamu bisa bersantai menikmati waktu sore menikmati air mancur maupun jogging ringan.

8. Konservasi Mangrove dan Bekantan

Konservasi Mangrove dan Bekantan
Konservasi Mangrove dan Bekantan

Lokasi : Karang Rejo, Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.00 – 17.00
HTM : ± Rp. 5.000

Menyegarkan diri sambil melihat fauna endemik pasti sangat menyenangkan. Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan (KKMB) memiliki luas 20 Ha dan dihuni primata khas Borneo yaitu Bekantan. Selain sebagai tempat wisata, KKMB juga pusat penelitian mangrove dan bekantan bagi peneliti dalam maupun luar negeri.

Bekantan selama ini dikenal pemalu dan hidup berkelompok. Tak jarang, mereka hanya mengintip di balik pepohonan saja. Suasana yang asri, tenang dan sejuk pasti membuatmu betah berlama-lama disini.

9. Museum Sejarah Peminyakan & Perang Dunia II

Museum Sejarah Peminyakan  & Perang Dunia II
Museum Sejarah Peminyakan & Perang Dunia II

Lokasi : Kp. Empat, Kec. Tarakan Tim., Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap Hari 08.00 – 16.00 (Jum’at 08.00 – 11.30)
HTM : ± Rp.
5.000

Selain menikmati alam, kamu bisa mempelajari sejarah di wisata Tarakan satu ini. Dulu, Tarakan menjadi rebutan negara-negara yang bertempur saat Perang Pasifik karena minyak bumi di Tarakan berkualitas baik. Pada tahun 1942, Jepang berhasil merebut kota ini dari Belanda.

Jejak-jejak perang tersebut kini dikoleksi di museum. Beberapa koleksinya antarara lain senjata, katana, potongan baling-baling pesawat tempur dan pakaian perang. Selain itu ada mesin ketik, sepeda ontel dan beberapa benda atau alat dan puluhan koleksi lain yang digunakan pada zaman itu.

10. Pantai Amal Tarakan

Pantai Amal
Pantai Amal

Lokasi : Pantai Amal, Kec. Tarakan Tim., Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : Rp. 25.000 – Rp. 45.000

Wisata Tarakan ini sangat populer di kalangan wisatawan. Pantai ini terdiri dari dua bagian yaitu Pantai Amal Lama dan Pantai Amal Baru. Pantai Amal Lama memiliki hamparan pasir yang lebih luas dengan ombak yang tenang.

Disini kamu bisa bersantai, jalan-jalan, olah raga, bermain dan mencicip kuliner yang menyediakan hidangan khas Tarakan seperti kapah dan buah terap. Fasilitas di pantai sangat lengkap, sehingga kamu bakal nyaman bermain hingga sunset tiba.

11. Pantai Batu Merah

Lokasi : Mamburungan, Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Tidak jauh beda dengan pantai-pantai lain, wisata di Tarakan ini layak untuk dikunjungi. Pantai Batu Merah terletak diantara Pantai Tanjung Batu dan Pantai Amal Lama. Seperti namanya, di sekitar pantai ada bebatuan berwarna mewah yang membuatnya unik guys!,

Meski ke pantai ini membutuhkan perjuangan, kamu akan merasa damai karena pantai tidak begitu ramai. Di pesisirnya ada pohon – pohon bakau yang semakin membuat pantai ini tampak dramatis. Memiliki area yang cukup luas, kamu bisa bersantai sembari menikmati suasana yang sejuk, rindang dan indah.

12. Pantai Binalatung

Pantai Binalatung
Pantai Binalatung

Lokasi : Jalan Ringroad Binalatung, Pantai Amal, Kec. Tarakan Tim., Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : ± Rp.
5.000

Ingin wisata bahari yang seru?, kunjungilah Pantai Binalatung. Lokasi pantai ini biasanya dijadikan tempat perayaan ulang tahun hingga acara pernikahan. Bukan tanpa sebab, fasilitas yang ada disini sangat menarik, seperti bale-bale, area permainan, persewaan motor pantai, persewaan bakar ikan, kios, toilet, mushola dan sebagainya.

Baca Juga :   15 Makanan Khas Balikpapan yang Terkenal & Menggugah Selera!

Jika bosan bermain di pantai, kamu bisa memanfaatkan fasilitas taman bermain, kolam renang ATV dan flying fox. Area yang luas pasti membuatmu bisa berwisata dengan puas. Namun, jangan lupa mencoba makanan dan minuman khas Tarakan juga yang tersedia di warung pesisir pantainya ya!

13. Pantai Tanjung Batu Tarakan

Pantai Tanjung Batu
Pantai Tanjung Batu

Lokasi : Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Wisata Tarakan ini terletak di ujung timur. Seperti namanya, pantai Tanjung Batu memiliki batu berukuran besar yang konon katanya punya sejarah tersendiri. Hamparan baru warna warni di pesisir pantainya semakin menambah kecantikan dan keunikan pantai.

Jika kamu ingin menikmati suasana yang lebih amazing, cobalah naik ke mercusuar yang ada tak jauh di tepi pantai. Dari atas, pemandangan tampak lebih indah dan pasti membuatnya bertah berlama-lama. Maka, jangan heran kalau banyak wisatawan yang suka menikmati panorama alam dari mercusuar guys!.

15. Penangkaran Buaya Juwata

Penangkaran Buaya Juwata
Penangkaran Buaya Juwata

Lokasi : Jl. Aki Balak, Juata Kerikil, Kec. Tarakan Utara, Kota Tarakan(Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap Hari 08.00 – 18.00
HTM : ± Rp.

Wisata Tarakan satu ini cukup terkenal di Kalimantan Utara. Disini kamu akan menjumpai beberapa jenis buaya dari pulau Kalimantan seperti buaya muara, buaya supit dan buaya air tawar. Selain itu juga ada jenis buaya papua dari pulau Papua.

Area penangkaran yang didirikan pada tahun 1991 ini awalnya untuk mengembang biakkan buaya. Namun, buaya yang ada disini dimanfaatkan mulai kulit, daging hingga giginya untuk dijadikan produk komersial yang diekspor ke berbagai negara. Ratusan buaya yang ada disini akan dipanen pada usia tertentu.

16. Taman Berlabuh

Taman Berlabuh Tarakan
Taman Berlabuh

Lokasi : Karang Anyar, Kec. Tarakan Bar., Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap Hari 06.00 – 10.00 + 15.00 – 22.00

Taman Berlabuh bisa menjadi tujuanmu selanjutnya untuk melepas penat di Tarakan. Diresmikan pada tahun 2016, taman ini ramai dikunjungi saat akhir pekan. Selain bersantai, beberapa wahana bermain anak juga tersedia.

Disini kamu bisa menikmati sore memandang laut sambil menanti matahari terbenam. Wisata kota Tarakan ini menyediakan wahana permainan, kursi kayu, kolam air mancur, taman hijau, spot sepatu roda dan skateboard. Selain muda mudi, Taman Berlabuh cocok juga untuk liburan keluarga!

17. Taman Berkampung

Taman Berkampung Tarakan
Taman Berkampung

Lokasi : Kp. Empat, Kec. Tarakan Tim., Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : Selasa – Sabtu 09.00 – 17.00 ; Minggu – Senin 24 jam

Wisata Tarakan ini sengaja dibangun di lingkungan kota dalam skala besar agar semua orang bisa menikmatinya. Layaknya taman-taman lain, disini terdapat air mancur dan pepohonan yang berderet rapi dan indah. Lahan yang luas membuat tempat ini pas untuk berkumpul bersama keluarga hingga komunitas.

Fasilitas yang ada di taman ini yaitu wifi, toilet, tempat ibadah, tempat bermain dan warung makan. Kebersihan yang selalu terjaga membuat tempat ini cocok untuk bersantai sepanjang hari.

18. Taman Oval Ladang

Taman Oval Ladang Tarakan
Taman Oval Ladang

Lokasi : Taman Oval Ladang, Pamusian, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap Hari 17.00 – 22.00
HTM : ± Rp. 2.000

Baca Juga :   Top 14 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Wajib Dikunjungi

Ingin rekreasi seru ala anak muda?, kunjungilah Taman Oval Ladang. Wisata Tarakan ini menjadi tempat refreshing favorit bagi kaum muda karena tempatnya yang sejuk dan indah. Ruang terbuka hijau ini didekorasi dengan apik, yang membuatnya menjadi salah satu tujuan wisata keluarga.

Ada banyak patung di tempat ini, seperti patung kuda, dinosaurus, ikan dan sebagainya. Selain itu ada jogging track untuk olah raga ringan dan area pertunjukan untuk pentas seni. Saat malam, lampu-lampu hias di dalam membuat suasana semakin romantis.

19. Tebing Karang, Tanjung Pasir

Tebing Karang, Tanjung Pasir
Tebing Karang, Tanjung Pasir

Lokasi : Mamburungan, Kec. Tarakan Tim., Kota Tarakan,(Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : Senin – Jumat 09.00 – 16.00
HTM : ± Rp. 5.000

Seperti namanya, tempat wisata di Tarakan ini layaknya hamparan karang yang memiliki ketinggian berbeda. Objek wisata tebing gunung pasir ini memiliki warna putih keruh dan dikelilingi pepohonan dan rerumputan hijau. Meski tampak biasa saja, pesona yang ditawarkan sulit ditemui di tempat lainnya lho!.

20. The Bais Hills

The Bais Hills Tarakan
The Bais Hills

Lokasi : JL Amal Baru, RT. 06, Pantai Amal, Tarakan, Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap hari 08.00 – 18.00
HTM : ± Rp. 25.000

Mencari tempat wisata air yang seru?, langsung saja datang ke The Bais Hills. Kolam renang yang menjadi favorit warga lokal ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan. Menariknya, ternyata The Bais Hills asalah salah satu bangunan peninggalan Belanda!.

Disini kamu bisa berenang hingga bermain seluncuran yang ada disana. Kami bisa sekalian menikmati panorama alam dengan naik bukit yang ada disana. Tempat yang luas dan asri membuat wisata Tarakan ini cocok untuk berantai dan melakukan aktivitas seru lainnya.

21. Wana Wisata Persemaian Tarakan

Wana Wisata Persemaian Tarakan
Wana Wisata Persemaian

Lokasi : Jl. Aki Balak, Juata Kerikil, Kec. Tarakan Utara, Kota Tarakan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : ± Rp. 15.000

Bermain sambil belajar bisa kau lakukan di Tarakan dengan mengunjungi Wana Wisata Persemaian. Di tempat ini, berbagai jenis tanaman langka dan beragam jenis hewan hidup disini. Merupakan hutan lindung, suasana yang dihadirkan sangat asri dan tertata cantik.

Selain belajar, kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru seperti ATV, golf, anek taman menarik dan berbagai wahana permainan lainnya. Wana Wisata Persemaian banyak dikunjungi pelajar dan sering dimanfaatkan untuk bermain outbond dan camping. Ingin menghabiskan banyak waktu yang seru?, langsung kunjungi tempat ini guys!.

22. Wisata Pohon Satu Tanjung Pasir

Pohon Satu Tanjung Pasir Tarakan
Pohon Satu Tanjung Pasir

Lokasi : Mamburungan, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan (Map : Klik Disini)

Wisata Tarakan ini berada di alam terbuka dan cukup unik. Berada di hamparan taman dan hanya ada satu, menjadikan keberadaannya tampak mencolok. Meski tidak ada yang istimewa dari pohon ini, tetapi justru itulah yang membuatnya memiliki daya tarik.

Banyak wisatawan yang ingin berfoto dengan pohon satu karena letaknya sangat pas untuk mengambil spot unik. Selain menarik, tempat ini cocok sekali untuk bersantai karena cukup sejuk. Hm… bagaikan oase di padang pasir ya!.

Itu adalah beberapa wisata Tarakan yang bisa menjadi tujuanmu saat mengunjungi Kalimantan Utara. Mungkin masih ada berbagai wisata tersembunyi lain yang bisa kamu temukan, seperti di area Dermaga Mambrungan. Namun, dari semua tempat wisata di Tarakan yang ada, kamu harus mengunjungi wisata recommended diatas ya guys!. Semoga bermanfaat!

Share:
error: Content is protected !!