Tempat wisata di Banjarmasin tidak semuanya dikenal wisatawan. Padahal kota seribu sungai ini memiliki destinasi yang pas untuk liburan keluarga.

Tempat wisata di Banjarmasin tidak semuanya dikenal wisatawan. Saat wisata di Kalimantan Selatan, banyak orang lebih memilih wisata ke daerah sekitar Banjarmasin seperti di Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala hingga Kota Banjarbaru. Padahal, wisata di Kota Banjarmasin sangat menarik karena sarat akan sejarah dan edukasi.

Wisata yang menonjolkan kekayaan alam Kalimantan jarang ditemukan di Kota Banjarmasin, tetapi kota seribu sungai ini memiliki destinasi yang pas untuk liburan keluarga. Sehingga wisatawan dari semua kalangan bisa menikmati liburan asyik dan santai di tempat bekas Ibu Kota Kalimantan Selatan ini.

Tempat Wisata di Banjarmasin

Destinasi kali ini hanya membahas tentang wisata di Kota Banjarmasin, tidak termasuk area sekitar di luar kota ya guys!. Berikut wisata Banjarmasin yang wajib kamu kunjungi :

1. Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan
Kampung Sasirangan

Lokasi : Jl. Sungai Jingah, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.
Map : Klik Disini

Bagi kamu yang sedang mencari kain khas Suku Banjar, datanglah ke Kampung Sasirangan. Sesuai namanya, kampung ini memproduksi dan menjual kain tradisional Sasirangan dalam berbagai motif khas seperti kangkung kaombakan, naga balimbur, ombak sinampur karang, ular lidi dan bayam raja.

Umumnya, kain Sasirangan hanya dikenakan saat upacara adat. Motif yang khas dan unik menjadikan kain tradisional ini banyak diburu wisatawan. Harga Kain Sasirangan sekitar Rp.100.000 – Rp.900.000 tergantung motif dan model. Jika kamu berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupa kunjungi kampung ini ya!

2. Kompleks Makam Sultan Suriansyah

Kompleks Makam Sultan Suriansyah
Kompleks Makam Sultan Suriansyah

Lokasi : Jl. Kuin Utara No.220, Kuin Utara, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.
Map : Klik Disini

Jika kamu ingin mengenal sejarah Banjar, Kompleks Makam Sultan Suriansyah bisa menjadi destinasimu. Sultan Suriansyah adalah Raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam. Kompleks makam Sultan Suriansyah berdampingan dengan museum, dimana kamu bisa belajar tentang beliau saat menjabat sebagai Raja.

Tak jauh dari kompleks makam, ada Masjid Sultan Suriansyah yang menjadi satu dari tiga masjid tertua di Banjarmasin. Masjid yang bangunannya mirip Masjid Agung Demak ini berada di tepi Sungai Kuin. Kamu bisa mengunjunginya dengan makam dan museum beliau yang tidak jauh dari masjid.

3. Kompleks Makam Pangeran Antasari

Kompleks Makam Pangeran Antasari
Kompleks Makam Pangeran Antasari

Lokasi : Jl. Malkon Temon, Surgi Mufti, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.
Map : Klik Disini

Siapa yang tidak kenal Pangeran Antasari?. Nama pahlawan nasional Indonesia dari Kalimantan tersebut sering kita baca di buku sejarah. Meski kompleks makam menjadi satu dengan pekuburan warga, bangunan makam dibuat serupa pendopo yang dipagari.

Baca Juga :   15+ Pilihan Oleh-oleh Khas Banjarmasin Favorit Wisatawan

Selain Pangeran Antasari, yang turut dimakamkan di komplek ini adalah Ratu Antasari, Ratu Zaleha (cucu Pangeran Antasari), Panglima Batur (panglima perang Banjar), dan Hasanuddin bin Haji Madjedi (pahlawan ampera daerah). Bagi kamu yang ingin ziarah, kamu bisa mengunjungi makam salah satu pahlawan Nasional ini.

4. Kubah Surgi Mufti

Kubah Surgi Mufti
Kubah Surgi Mufti

Lokasi : Jl. Handil Pandan No.Kelurahan, Surgi Mufti, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 24 jam

Bukan sembarang kubah, tempat ini adalah makam seorang ulama yang pernah menjadi mufti di Banjarmasin dan mendapat gelar anumerta. Syekh Jamaluddin Al-Banjari diangkat Belanda sebagai mufti (jabatan penting setara menteri) untuk menjalankan hukum Islam bagi warga Banjar.

Ilmu agama dan spiritual yang tinggi membuatnya sangat dihormati Belanda dan masyarakat. Salah satu dakwah yang tersohor adalah kalimat beliau yaitu “di setiap ada air pasti ada ikannya”. Penasaran?, kamu bisa ziarah di makam beliau.

5. Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin
Menara Pandang Banjarmasin

Lokasi : Jl. Kapten Piere Tendean No.07, RT.16/RW.2, Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.
Map : Klik Disini
Buka/Tutup : Senin – Jumat : 10.00 – 21.00 WITA ; Sabtu : 10.00 – 22.00 WITA ; Minggu : 08.00 – 21.00 WITA

Salah satu keunikan Kota Banjarmasin bisa kamu temukan pada menara pandang di sisi Sungai Martapura. Tempat wisata di Banjarmasin ini menjadi tempat wisata favorit karena siapapun bisa menimati keindahan kota dari ketinggian. Menara pandang berlantai empat ini memiliki area terbuka di lantai tiga yang menunjukkan pemandangan Kota Banjarmasin.

Tempat ini sangat aman dan nyaman karena sekelilingnya dibatas pagar yang tinggi. Jadi, mulai anak-anak hingga orang tua bisa bersantai menikmati panorama sambil merasakan angin semilir. Jika kamu ingin kesana, jangan lupa bawa cemilan dari penjaja makanan yang banyak terbesar di sekitar menara ya!

6. Museum Wasaka

Museum Wasaka
Museum Wasaka

Lokasi : Jl. Kampung Kenanga, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 09.00 – 15.00 (Minggu 09.00 – 14.00 ; Senin 24 jam)
HTM : Rp.10.000 – Rp 15.000

Saatnya edukasi, kamu bisa mengunjungi Museum Wasaka. Disini, kamu bisa mengenal Kalimantan Selatan lebih dekat karena museum ini menyimpan banyak benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Kalimantan Selatan melawan Belanda. Contoh benda bersejarah seperti koleksi senjata tradisional hingga modern dan pakaian barajah. Ada juga beberapa benda kuno seperti mesin tik, kamera, perabot dan sebagainya. Meski mungil, berkunjung ke museum pasti akan menambah pengetahuanmu di tanah Borneo.

Baca Juga :   20 Wisata Banjarbaru Terbaru & Asyik untuk Liburan

7. Pasar Terapung Menara Kuin

Pasar Terapung Menara Kuin
Pasar Terapung Menara Kuin

Salah satu ikon khas di Kalimantan adalah pasar apungnya. Dikenal dengan kota seribu sungai, tak heran ada juga pasar terapung Banjarmasin yang bisa dikunjungi. Kamu bisa berkunjung ke Pasar Apung Menara Kuin (Sungai Barito) maupun Pasar Apung Siring (Sungai Martapura). Pasar apung seperti ini tidak banyak ditemukan di Indonesia lho!, jadi jangan lupa untuk berkunjung!

8. Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura
Taman Siring Sungai Martapura

Lokasi : Gadang, Banjarmasin Tengah, Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 24 jam

Taman ini tidak pernah sepi pengunjung, karena letaknya yang strategis, dengan suasana nyaman dan pemandangan yang lumayan indah. Siring Banjarmasin hanyalah taman di tepi Sungai Martapura. Dikenal dengan Taman Siring 0 Kilometer Banjarmasin, tempat ini memiliki berbagai spot menarik untuk berfoto dan fasilitas naik perahu yang mengasyikkan. Tak heran kalau tempat ini menjadi wisata favorit keluarga dan orang-orang tercinta.

bisa susur sungai

9. Taman Satwa Jahri Saleh

Taman Satwa Jahri Saleh
Taman Satwa Jahri Saleh

Lokasi : Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 08.00 – 18.00
HTM : Rp. 2.000 –  Rp. 4.000

Kebun Binatang Jahri Saleh atau akrab disebut Taman Satwa adalah tempat wisata di Banjarmasin yang cocok untuk keluarga tercinta. Disini terdapat lebih dari 20 satwa, seperti berbagai macam unggas, reptil, primata, aves dan masih banyak lagi, sehingga bisa dijadikan sarana edukasi bagi anak-anak. Disini juga terdapat fasilitas bermain anak. Jadi dijamin liburanmu bersama keluarga tidak akan membosankan.

10. Taman Kamboja

Taman Kamboja
Taman Kamboja

Lokasi : Kertak Baru Ulu, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.
Map : Klik Disini

Masyarakat Banjarmasin sangat familiar dengan Ruang Terbuka Hijau satu ini, karena dulunya adalah daerah pemakaman. Itulah kenapa banyak ditemukan pohon kamboja di taman yang dulu bernama Nieuw Kerkhof (Kuburan Baru). Kini Taman Kamboja bukanlah pemakaman seperti dulu, tetapi menjadi wisata Banjarmasin yang cukup populer untuk liburan keluarga.

Tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan area Taman Kamboja untuk jogging, liburan keluarga dan olah raga lainnya. Taman ini dipoles indah berhias pohon dan bunga, serta dilengkapi fasilitas pendukung seperti bangku, wahana permainan dan perpustakaan. Kamu juga bisa refreshing malam sambil menikmati air mancur di jam 20.00 – 22.00 lho!

11. Waterboom Banua Anyar

Waterboom Banua Anyar
Waterboom Banua Anyar

Lokasi : Jl. Banua Anyar RT.1, Benua Anyar, Banjarmasin Timur, Benua Anyar, Kec. Banjarmasin Tim., Kota Banjarmasin.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 08.00 – 18.00 WITA
HTM : Rp 20.000

Baca Juga :   25 Oleh-oleh Khas Pontianak, Cemilan Lokal Hingga Barang Etnik

Taman rekreasi ini cocok untuk liburan keluarga maupun para single yang ingin seru-seruan. Banyak wahana yang bisa dicoba mulai dari race slide, water slide dan water playground untuk anak-anak. Tidak perlu kuatir karena ada petuga lifeguard yang memastikan semua pengunjung aman ketika berenang di waterboom.

12. Waterboom Pesona Modern

Waterboom Pesona Modern
Waterboom Pesona Modern

Lokasi : Perumahan Pesona Modern, Jl. A. Yani Km. 11, Ps. Kemis, Kec. Kertak Hanyar, Kota Banjarmasin.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup :
HTM : Senin – Jumat : Rp. 60.000 ; Sabtu-Minggu-Libur Nasional : Rp.80.000

Jika ingin lebih seru-seruan lagi, kamu juga bisa datang ke Waterboom Pesona Modern sebagai alternatif lain. Layaknya waterboom lain, ada berbagai wahana seperti twister boom dengan ketinggian sekitar 15 meter, slider boom, kolam permainan balita, kolam anak, race boom, kolam arus, kolam tsunami dan flying fox. Fasilitas penunjang juga cukup lengkap seperti mushala, cafe hingga toko oleh-oleh.

13. Wisata Sungai Biuku

Wisata Sungai Biuku
Wisata Sungai Biuku

Lokasi : Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.
Map : Klik Disini

Meski tidak begitu ramai, tempat wisata di Banjarmasin ini bisa jadi solusi jika kamu ingin wisata murah hemat budget. Wisata ini menyajikan keasrian sungai yang bersih dan rimbun serta beberapa ornamen untuk swafoto. Dikenal juga dengan nama Objek Wisata Selanjung, tempat ini cocok dikunjungi pagi hari saat udara masih segar dan burung-burung masih berkiauan.

14. Up House of Dream

Lokasi : Sungai Miai, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.
Map : Klik Disini

Up House of Dream
Up House of Dream

Bagi kamu yang suka nuansa Disney, datanglah ke Up House of Dream di Banjarmasin. Bangunan yang ada di tempat ini dipoles sedemikian rupa sehingga mirip seperti di film produksi Pixar dan Disney. Sebenarnya rumah ini milik orang lain, tetapi karena bentuknya yang unik dan menarik perhatian, tidak sedikit orang yang berfoto di depannya. Jadi jangan malu untuk datang bertamu ya, atau hanya ingin foto saja?.

Itu adalah beberapa tempat wisata di Banjarmasin yang bisa kamu kunjungi. Wisata kota tersebut mungkin tidak sepopuler wisata alam yang ada di Kalimantan Selatan, tetapi jika kamu ada di Kota Banjarmasin, wisata tersebut bisa dijadikan destinasi yang cukup menarik. Semoga bermanfaat!

Share:
error: Content is protected !!