Banyak pilihan oleh-oleh Khas Balikpapan yang bisa menjadi rekomendasi. Ada beberapa oleh-oleh khas yang populer dan menjadi favorit wisatawan yang bisa kamu bawa pulang. 

Balikpapan adalah kota terpadat di Kalimantan Timur sebagai pusat bisnis dan industri. Banyak tempat wisata di Balikpapan yang menjadi jujugan wisatawan, seperti Hutan Bakau Margomulyo, Pantai Kemala, Pantai Batu, Pantai Lamaru dan sebagainya. Namun, liburan tidak lengkap tanpa oleh-oleh khas Balikpapan berupa jajanan maupun souvenir yang dibuat oleh masyarakat lokal. 

Kota terbesar kedua di Kalimantan Timur setelah Samarinda ini memiliki kilang minyak, menjadikannya dijuluki kota minyak. Tak hanya maju dalam perekonomian, kota ini juga maju dalam pariwisata lho!. Nah, omong-omong tentang oleh-oleh, ada banyak pilihan yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu. Meski tidak semuanya, tetapi ada beberapa oleh-oleh khas yang populer dan menjadi favorit wisatawan yang bisa kamu bawa pulang.

Oleh – oleh khas Balikpapan

1. Mantau

Mantau
Mantau Isi

Harga : ⨦ Rp.50.000 (1 box)

Mantau bisa menjadi pilihan utama oleh-oleh jajanan khas Balipapan. Jajanan ini terkenal memiliki rasa enak dengan bentuk mirip bakpau. Jika bakpau memiliki varian isi, maka mantau tidak ada isinya. Namun, jangan salah selain jadi jajanan, makanan ringan ini biasanya juga dijadikan menu makan dengan sajian pendamping berupa daging sapi atau kambing.

Kue yang renyah diluar dan lembut di dalam ini biasanya dimakan dengan saus khusus sesuai selera. Kini, mantau dibuat bervariasi dengan isian layaknya burger, tapi kalau ada isiannya, kamu bisa makan di tempat ya guys!. Kamu bisa memilih varian mantau isi mulai blue sky, mantau kukus original, mantau goreng capit kepiting, mantau goreng sapi lada hitam dan sebagainya.

2. Bingka

Bingka
Bingka Balikpapan

Harga : ⨦ Rp.12.000 – Rp.25.000

Bingka adalah kue basah yang terbuat dari kentang, telur, mentega, susu, santan dan gula. Kue basah ini memiliki rasa enak yang manis dan lembut. Cara memasak bingka kentang ini tidak di kukus atau di oven, tetapi dimasak di atas api arang. Selain untuk camilan, kue khas Balikpapan ini juga menjadi makanan favorit di bulan puasa loh!. 

Kue bingka hadir dalam banyak varian rasa seperti keju, cokelat, gula merah, pandan, vanila dan sebagainya. Jadi kamu bisa memilih sesuai selera. Kue ini tidak tahan lama, jadi pastikan perjalananmu membawanya ke rumah tidak memakan banyak waktu.

Baca Juga :   13 Oleh-oleh Khas Samarinda Terpopuler, Wajib Dibeli

3. Olahan Kepiting

Olahan Kepiting
Peyek Kepiting

Harga : ⨦ Rp.15.000 – Rp.36.000

Balikpapan punya makanan khas yang banyak digemari, yaitu olahan kepiting. Ada beberapa olahan kepiting yang bisa kamu coba, tetapi yang paling terkenal adalah abon dan peyek. Jika selama ini abon dikenal dengan daging sapinya, maka kamu wajib mencoba abon kepiting yang bisa menjadi oleh-oleh khas Balikpapan spesial untuk kerabat di rumah. 

Jika selama ini kamu kenal peyek kacang, maka ada peyek kepiting di Balikpapan yang wajib dicoba. Olahan kepiting ini dibuat dari kepiting segar dan bumbu spesial, kemudian diolah menjadi aneka kudapan seafood khas yang sering dijumpai saat berlibur di kota minyak ini. 

4. Olahan Salak

Olahan Salak
Cake Salak

Harga : Tergantung jenis olahan harga mulai Rp.10 ribuan.

Saking populernya, olahan salak ini banyak diburu untuk oleh-oleh khas Balikpapan. Buah yang rasanya sepat, agak asam dan manis ini biasanya diolah menjadi asinan dan keripik, tetapi di Balikpapan, kamu bisa menemukan anek olahan salak seperti brownies salak, cake salak, pie, sambal uleg salak, dodol, dan keripik salah yang banyak ditemukan di berbagai toko oleh-oleh. Nah… mana favoritmu?

5. Keripik Iron

keripik ketela
Keripik Iron

Harga : ⨦ RP.6.000 – Rp. 35.000

Ini bukan superhero atau olahan besi ya gaes, tetapi ini adalah keripik singkong!. Bedanya, cemilan yang banyak digemari ini dibuat dari singkong khusus dari Samarinda, yang jika direbut atau digoreng teksturnya keras, tapi ketika jadi keripik teksturnya gurih dan renyah. Diolah dengan bumbu khusus ala orang Kalimantan, membuat cemilan ini wajib kamu coba atau dibawa pulang. 

6. Kue Ilat Sapi

Kue ilat sapi
Kue Ilat Sapi Balikpapan

Harga : ⨦ Rp.16.000 – Rp.35.000

Kue Ilat Sapi atau kue lidah sapi sangat populer di Samarinda. Tapi jangan salah sangka dulu guys, karena kue ini tidak benar-benar terbuat dari lidah sapi. Kue ini terbuat dari tepung dan gula merah. Meski tampak keras, kue ini sangat lembut dengan rasa manis yang lezat. Tak hanya Samarinda, kue ini juga terkenal di Semarang. Ada berbagai bentuk kue ilat sapi yang bisa kamu pilih di toko oleh-oleh dengan harga bervariasi.

7. Amplang 

amplang
Kuku Macan

Harga : ⨦ Rp.14.000 – Rp.75.000

Makanan ringan ini tidak hanya bisa ditemukan di Samarinda, tetapi di seluruh Kalimantan Timur yang menjadi provinsi khasnya. Amplang adalah makanan sejenis kerupuk ikan yang renyah dan gurih. Amplang terbuat dari olahan tenggiri dan tepung kanji yang dicampur bumbu rempah pilihan. Meski banyak kerupuk ikan tersebar di Indonesia. Amplang khas Samarinda ini tentu memiliki cita rasa berbeda.

Baca Juga :   15+ Pilihan Oleh-oleh Khas Banjarmasin Favorit Wisatawan

8. Onde-onde Ubi Ungu

Onde-onde khas balikpapan
Onde-onde Ubi Ungu

Harga : ⨦ Rp. 5.000 per biji

Jajan tradisional ini  biasanya menggunakan isian kacang hijau, tetapi Balikpapan menawarkan isian ubi ungu sebagai ciri khas. Uniknya lagi, sebagai taburan, onde-onde ubi ungu ini menggunakan wijen hitam sehingga rasanya lebih maknyoz. Nah, jika tetap tidak suka ubi ungu, kamu masih bisa memilih varian lainnya seperti rasa coklat, keju atau kacang hijau. 

9. Bakpia

bakpia
Bakpia Balikpapan

Harga : ⨦ Rp.40.000

Tidak hanya Yogyakarya yang punya bakpia, karena jajanan bulat manis ini juga ada di Balikpapan. Bakpia khas Balikpapan ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada bakpia Yogya dan kulitnya cenderung gurih daripada manis. Jika ingin tahu bedanya, kamu wajib membelinya ya!. Bakpia ini memiliki aneka varian rasa yaitu coklat, kacang hijau dan keju. Jadi, kamu bisa pilih mana yang kamu suka. 

10. Kain Songket Balikpapan

Kain Songket Balikpapan
Kain dan Sarung

Harga : ⨦ >Rp.65.000

Kain songket adalah cindermata yang digemari wisatawan, karena menunjukkan ciri khas daerah tersebut. Nah, Balikpapan juga punya kain songket yang bisa kamu bawa sebagai oleh – oleh khas. Kegiatan menyongket adalah kegiatan dari penduduk lokal. Jadi tidak hanya untuk mencari nafkah, tetapi juga karena adat budaya. Kamu bisa mencari kain songket di pasar dengan harga bervariasi. Ada yang bentuk kain dan ada yang sudah menjadi sarung.

11. Batik Balikpapan

Batik Balikpapan
Batik Khas Balikpapan

Harga : ⨦ >Rp.85.000

Batik adalah warisan legenda Nusantara yang digemari banyak orang. Di kota minyak ini kamu juga bisa mendapatkan kain batik sebagai oleh – oleh khas Balikpapan yang populer. Batik Balikpapan tentu memiliki motif unik yang berbeda dari tempat lainnya. Kamu bisa memilih banyak motif seperti motif pohon mangrove dan beruang madu yang menjadi ciri khas utama, atau motif jahe dan pohon bakau. Kamu bisa membeli dalam bentuk kain atau pakaian jadi.

12. Batu Mulia

Batu Mulia
Batu Akik
Harga : Bervariasi mulai Rp 15.000 hingga ratusan ribu
Cinderamata khas Kalimantan ini sangat digemari para wisatawan karena tidak semua tempat di Indonesia memilikinya. Jika ada, tentu coraknya berbeda. Balikpapan dikenal sebagai tempat yang kaya batu mulia. Jadi jangan heran kalau ada banyak pengrajin batu mulia disini. Kamu bisa mendapatkan batu mulia dalam bentuk gantungan kunci, cincin dan kalung. Membawa salah satunya untuk oleh-oleh pasti akan sangat luar biasa bukan?!

13. Souvenir Suku Dayak

Souvenir Suku Dayak
Aksesoris Suku Dayak

Harga : ⨦ Rp.15.000 – Rp.95.000

Baca Juga :   30+ Tempat Wisata Keren di Kalimantan Selatan Paling Favorit

Jika sudah mencari jajanan, jangan lupa untuk berburu aksesoris khas Balikpapan ya!. Kurang lengkap jika kamu tidak mencari aksesoris khas suku Dayak yang hanya ada di Kalimantan ini. Kamu bisa mendapatkan beragam aksesoris seperti kalung, ikat kepala, gelang, kipas, peci dan sebagainya. Kamu bisa membeli aksesoris di pasar tradisional dengan harga terjangkau. 

14. Mandau

aksesoris kalimantan
Mandau Kalimantan
Harga : Rp 150.000 – Rp 600.000
Mandau adalah senjata suku Dayak yang sudah dibuat sejak zaman dahulu. Kini mandau tidak hanya sebagai senjata saja, tetapi juga digunakan sebagai pajangan di rumah. Ada berbagai prnamen ukiran pada sarung mandau yang cukup estetik. Maka tak heran kalau banyak wisawatan mencari mandau untuk seni dekorasi dan koleksi.

15. Tas Manik

aksesoris balikpapan
Tas Manik

Harga : ⨦ >Rp.55.000

Selain aksesoris, batik dan senjata khas, Balikpapan juga punya kerajinan lain di bidang fashion berupa tas manik. Tas manik mungkin sudah banyak dijumpai, tetapi tentunya memiliki perbedaan dengan buatan tangan orang Balikpapan dengan motif khas yang tidak ditemui di tempat lain. Tas beragam ukuran dan gaya, dan kamu bisa pilih sesuai kebutuhan. Jika kamu ingin tampil beda dengan gaya baru, jangan segan untuk berpose dengan tas manik ini guys!

Itu adalah beberapa oleh-oleh khas Balikpapan yang bisa kamu pilih untuk kerabat maupun keluarga di rumah. Beberapa jajanan yang ada sudah tersedia dalam berbagai merk. Kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh, atau pasar tradisional. Pasar yang populer adalah Pasar Inpress Kebun Sayur di kawasan Jalan Letjen Suprapto. Di pasar ini tersedia berbagai pilihan oleh-oleh dengan harga telatif lebih murah daripada tempat lain. Hayo… sudah rencana beli apa?

Share:
error: Content is protected !!