Wisata Balikpapan sangat beraga, tidak cuma pantai saja. Liburan ke Kota Minyak ini, banyak destinasi seru yang bida dikunjungi. Cek yuk!

Wisata Balikpapan yang populer adalah wisata pantainya. Padahal, meski berada di tepi laut, Kota Minyak ini juga memiliki destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Balikpapan memang menawarkan deretan pantai yang cantik, tetapi kota ini juga menyimpan kisah sejarah yang menarik untuk disimak.

Pada masa Perang Dunia II, Jepang mengincar wilayah ini sebagai batu loncatan menyerang Jawa. Bahkan, Jepang berhasil merebut Balikpapan dari tangan pasukan Sekutu dan Hindia Belanda. Namun akhirnya Balikpapan berhasil diambil alih oleh pasukan Australia.

Beberapa peristiwa sejarah pada masa perang masih dikenang oleh masyarakat Balikpapan. Maka jangan heran kalau disini ada Makam Jepang, Tugu Australia dan wisata edukasi lain. Disamping sejarah, kota ini juga memiliki destinasi edukasi seputar lingkungan hidup.

Kamu bakal mendapat pengalaman berharga saat liburan di Balikpapan. Jadi, cek yuk! tempat wisata di Balikpapan yang wajib kamu kunjungi!

Wisata Balikpapan

1. Aquaboom BSB

Aquaboom BSB
Aquaboom BSB

Lokasi : Jl.Jend.Sudirman, Balikpapan Superblok Complex, Nicopolis South Tower Astara Lt. 7, Gn. Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76112 (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 09.00 – 18.00 (Sabtu – Minggu ) ; 10.00-18.00 (Senin-Jumat)
HTM :
Rp. 95.000 – Rp. 125.000

Wisata Balikpapan ini cocok untuk liburan bersam akeluarga guys!. Sesuai namanya, kolam renang ini memiliki banyak aneka wahana air untuk seru-seruan. Beberapa wahana yang bisa dicoba yaitu thunder bolt, race buster, huricane slider, aqua loop, bucket boom area, mushroom fountain, wet-wet land, oasis pool, dan pontang panting.

Area taman air ini tidak begitu luas, karena memang diutamakan sebagai taman air untuk anak-anak. Tapi, jangan salah. Ada wahana yang bisa kamu coba, yaitu seluncuran seinggi 12 meter!. Ada juga kolam renang dewasa, jadi kamu tetap bisa melakukan hobimu sambil seru-seruan!.

2. Wisata Balikpapan : Bukit Alpha

 Bukit Alpha
Bukit Alpha

Lokasi : Manggar, Kec. Balikpapan Tim., Kota Balikpapan. (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup
: 24 jam

Bagi kamu yang suka wisata alam, tempat wisata di Balikpapan ini wajib kamu kunjungi. Bukit hijau yang dijuluki bukit teletubbies ini memiliki panorama yang indah khas Indonesia Timur lho!. Hamparan rumput hijau yang luas akan memanjakan mata siapapun yang datang.

Untuk ke Bukit Alpha tidak mudah, karena membutuhkan waktu sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Namun, panorama yang indah dan segar bisa kamu dapatkan setibanya disana. Karena medan yang tidak mudah, sebaiknya kesana saat musim kemarau ya!

3. Caribbean Island Waterpark

Caribbean Island Waterpark
Caribbean Island Waterpark

Lokasi : Perumahan Balikpapan Regency Kol. Syarifuddin Yoes II ( Ring Road II, Jalan Ruhui Rahayu, Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan. (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.30 – 17.30 (Senin – Jumat) ; 08.00 – 18,00 (Sabtu – Minggu)
HTM : Rp. 30.000 – Rp. 50.000

Selain aquaboom, ada lagi taman air yang bisa menjadi tujuan selanjunya. Waterpark ini mengusung tema Pulau Karibia, sehingga beberapa wahananya dimodel seunik mungkin. Tentu saja ada berbagai wahana yang ada disana seperti carribean castel, spillet bucket, sliding race, dan sebagainya.

Menariknya, ada kolam balita, kolam anak dan kolam renang dewasa yang tersedia. Jadi, tempat ini cocok untuk liburan keluarga. Waterpark ini cukup luas dan memiliki banyak pilihan, sehingga menjadikan wisata Balikpapan ini cocok bagi kamu yang ingin olah raga maupun refreshing.

4. Wisata Balikpapan : Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru
Danau Cermin Lamaru

Lokasi : Lamaru, Kec. Balikpapan Tim., Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam
HTM :

Baca Juga :   30+ Tempat Wisata Keren di Kalimantan Selatan Paling Favorit

Menurut penduduk sekitar, danau ini memiliki air jernih seperti cermin alam. Itulah yang menjadi daya tarik Danau Cermin Lamaru hingga hits di kalangan anak muda. Dulunya ini adalah area menembak yang ditinggalkan, hingga kemudian menjadi danau akibat penumpukan air hujan.

Kedalaman danau sekitar 10 meter, jadi tidak direkomendasikan untuk berenang ya!. Kamu bisa menikmati panorama indahnya dari bukit di samping danau. Menikmati danau tenang yang bening dan hijau ini pasti dapat membangkitkan moodmu.

5. Danau Manggar

Danau Manggar
Danau Manggar

Lokasi : Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan. (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam
HTM :

Wisata Balikpapan satu ini sebenarnya adalah sebuah waduk, tetapi yang menyebutkan sebagai danau. Lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota membuat Waduk Manggar ini cukup sepi pengunjung. Jadi, jika kamu ingin bersantai di tempat yang jauh dari hiruk pikuk kota, tempat ini bisa jadi solusi.

Tidak hanya sepi, Waduk Manggar berada di dekat hutan, sehingga udaranya masih sejuk dan segar. Terdapat area camping ground dan lokasi outbond yang tak kalah menarik. Kamu hanya tinggal memilih, ingin menyepi atau bersenang-senang menguji adrenalin.

6. Wisata Balikpapan : Dahor Heritage

Dahor Heritage
Dahor Heritage

Lokasi : Jl. Dahor No.1, Baru Ilir, Kec. Balikpapan Bar., Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 09.00 – 16.0

Ini adalah salah satu wisata Balikpapan yang bersejarah karena telah ada sejak jaman kolonial. Bahkan, rumah panggung ini menjadi museum pertama di Balikpapan yang sangat ikonik. Disebut juga dengan rumah Belanda, memang masih ada beberapa rumah peninggalan Belanda yang ada di daerah ini.

Rumah ini dulunya adalah tempat tinggal orang Belanda yang mengelola kilang minyak. Di museum ini disuguhkan koleksi foto tentang perkembangan industri minyak di Balikpapan dan kisah peperangan pada saat itu. Disini kamu tidak hanya menyentuk objek sejarah, tapi juga akan mendapatkan kisah masa lalu yang cukup menarik.

7. Gunung Dubs

Gunung Dubs
Gunung Dubs

Lokasi : Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)

Ini bukanlah gunung dengan ketinggian tertentu, tetapi hanyalah kawasan di dataran tinggi yang memiliki pemandangan menawan. Dari atas, kamu bisa melihat pemandangan kota di malam hari yang gemelap. Namun, di balik keindahannya, kabarnya Gunung Dubs adalah salah satu kawasan yang terkenal angker lho!. Berani datang?

8. Wisata Balikpapan : Griya Waterpark

Griya Waterpark
Griya Waterpark

Lokasi : Jl. Raya Lumban Gaol Ring Road Damai III No.RT 042, Gn. Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan. (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.00 – 18.00
HTM : Rp. 60.000 (member diskon 20%)

Satu lagi wisata Balikpapan yang cocok untuk liburan keluarga adalah Griya Waterpark. Area seluas 3 Ha ini memiliki kolam renang untuk anak-anak hingga dewasa serta wahana permainan air. Selain untuk liburan, di area ini biasanya diadakan acara-acara seperti gathering, ulang tahun hingga acara sekolah.

Baca Juga :   15+ Pilihan Oleh-oleh Khas Banjarmasin Favorit Wisatawan

Ada enam varian kolam renang yang ada disini. Selain wahana air yang cukup memacu adrenalin, ada wahana non air juga seperti flying fox dan sebagainya. Fasilitas yang ada disini terbilang lengkap dan aman. Jadi kamu tidak perlu kuatir untuk liburan asyik bersama rekan atau keluarga!

9. Hutan Mangrove Balikpapan

Hutan Mangrove Balikpapan
Hutan Mangrove Balikpapan

Lokasi : Marga Sari, Kec. Balikpapan Bar., Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.00 – 17.30
HTM :

Bersantai di bawah rimbunnya pepohonan bisa kamu lakukan di hutan mangrove guys!. Tempat wisata di Balikpapan ini sangat menarik dan akan benar-benar membawamu ke alam. Memiliki luas 40 Ha, kawasan ini adalah tempat konsersi berbagai tumbuhan bakau dan kamu bisa menikmatinya lewat jembatan kayu yang tersedia.

Jika beruntung, kamu bisa menemukan binatang khas Kalimantan seperti bekantan dan ikan tempakul (ikan yang bisa memanjat dengan ketinggian tertentu). Disini, selain menyusuri jembatan, kamu bisa bersantai di gazebo untuk bersantai serta menikmati suasana alam lebih dalam.

10. Konservasi Beruang Madu

Konservasi Beruang Madu
Konservasi Beruang Madu

Lokasi : Jl. Soekarno-Hatta Km. 23, No. 185 RT. 42, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan. (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.30 – 17.00
HTM : sukarela

Melihat beruang tidak hanya di kebun binatang saja guys, karena salah satu wisata Balikpapan ini adalah tempat penangkaran beruang madu. Disini, ada banyak pengetahuan yang bakal kamu dapatkan mengenai lingkungan hidup dan seputar beruang madu. Sehingga, kawasan ini sering juga disebut sebagia Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup Balikpapan (KWPLH).

Menariknya, beruang madu ditempatkan dalam hutan buatan seluas 1,3 Ha dan dikelilingi pagar. Penangkaran yang menyerupai habitat asli ini memungkinkan kamu untuk melihat langsung beruang dari jembatan sepanjang 500 meter. Menyaksikan tingkah hewan pasti akan memiliki sensasi tersendiri bukan?.

11. Karang Joang Golf and Country Club

Karang Joang Golf and Country Club
Karang Joang Golf and Country Club

Lokasi : Jl. Soekarno Hatta KM.5,5, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 05.00 – 19.00
HTM :
Rp.20.000 – Rp. 30.000

Bagi kamu yang ingin liburan eksklusif, wisata Balikpapan ini bisa jadi solusi. Tempat ini adalah lokasi yang tepat bagi penggemar golf. Selain itu, kamu juga dapat menginap di hotel yang berkelas. Fasilitas lainnya adalah kolam renang, bar, tempat karaoke, biliar dan tempat perjamuan. Selain tiket, kamu harus menyiapkan badget untuk fasilitas lainnya ya guys!

12. Wisata Balikpapan : Kampung Atas Air Margasari

Kampung Atas Air Margasari
Kampung Atas Air Margasari

Lokasi : Jl. Sepaku Laut, Marga Sari, Kec. Balikpapan Bar., Kota Balikpapan. (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Tempat wisata di Balikpapan ini cukup menarik lho, karena kawasan yang dulunya biasa saja disulap menjadi objek wisata. Kampung ini memang berada di atas air, dan kamu bisa menyusuri jembatan yang menjorok ke laut. Biasanya, banyak orang datang untuk menikmati sunrise dan sunset yang indah.

Kampung yang rapi dan bersih, pemandangan sekeliling yang memukau mampu membuat betah siapapun yang datang. Selain jalan santai, kamu bisa berenang di laut hingga menyusuri hutan mangrove sekaligus melihat api yang tak pernah padam. Menarik bukan!

Baca Juga :   15+ Wisata Samarinda Paling Hits & Populer Untuk Dikunjungi

13. Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan
Kebun Raya Balikpapan

Lokasi : Jalan Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.00 – 16.00

Ingin bersantai di tempat yang sejuk?, kunjungilah Kebun Raya Balikpapan!. Ini adalah wisata Banjarmasin yang akan memberi banyak edukasi, khususnya konservasi tumbuhan kayu Indonesia. Tujuan tempat ini adalah berhubungan dengan akademik, pendidikan dan penelitian.

Semua koleksi tanaman tumbuh subur di alam terbuka. Ada berbagai fasilitas seperti rumah kaca, ruang belajar, perpustakaan, museum dan laboratorium. Kamu pasti betah berlama-lama disini, karena lokasinya yang jauh dari polusi serta fasilitas memadai akan membuatmu nyaman.

14. Wisata Balikpapan : Klenteng Guang de Miao

Klenteng Guang de Miao
Klenteng Guang de Miao

Lokasi : No. 28., Jl. Bukit Niaga, Klandasan Ilir, Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 07.00 – 22.00

Klenteng ini adalah salah satu saksi bisu di masa penjajahan. Klenteng Guang de Miao berdiri pada tahun 1915 dan ketika perang dunia II sempat hancur karena dibom pesawat tempur Jepang. Situs bersejarah di Balikpapan ini pernah terbakar pada tahun 2020.

Sudah berumur lebih dari 1 abad, tempat peribadatan umat Buddha ini semakin bagus dan menarik. Kamu bisa mengunjunginya di waktu senggang sambil membaca secuil sejarah di dalamnya. Bangunan yang unik dan suasana yang tenang memberi daya tarik yang indah bagi siapapun yang datang.

15. Makam Jepang Lamaru

Makam Jepang Lamaru
Makam Jepang Lamaru

Lokasi : QXXX+VJW, Jl. Sosial, Lamaru, Kec. Balikpapan Tim., Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.00 – 18.00

Namanya memang makam Jepang, tetapi menurut warga sekitar makam yang berada di kawasan Lamaru sudah dipindahkan ke negara asalnya. Kini yang tersisa hanya sebuah tugu peringatan yang dibangun tahun 1990’an. Konon, tempat ini cukup angker lho, berani datang?.

16. Mangrove Center Graha Indah

Mangrove Center Graha Indah
Mangrove Center Graha Indah

Lokasi : PGRI, Graha Indah Gg. Mangrove VI No.RT. 14, Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.00 – 17.00
HTM :
± Rp. 15.000

Wisata Balikpapan satu ini menyajikan hutan mangrove dengan luas 150 Ha. Disini ada sekitar 40 jenis mangrove serta satwa endemik yaitu Bekantan yang jumlahnya ratusan. Area yang sudah dikembangkan belasan tahun ini kini menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Selain menyusuri hutan bakau, kamu juga bisa berkunjung ke Graha Indah dan menyusuri Sungai Somber menggunakan perahu. Kamu bisa menikmati sejuknya hutan mangrove dan pemandangan yang ada disana. Sedangkan tingkah hewan endemik dapat menjadi sensasi tersendiri yang mabu mengubah suasana hati. ‘

17. Wisata Balikpapan : Mahavihara Buddha Manggala

Mahavihara Buddha Manggala
Mahavihara Buddha Manggala

Lokasi : Jl.MT. Haryono, Graha Indah Ring Road No.153, RT.043/RW.000, Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 09.00 – 17.00

Ingin melihat bangunan estetik bertema Buddhis tidak perlu jauh-jauh ke Thailand guys!. Wisata Balikpapan ini berada di lokasi yang luas dan asri, sehingga pas untuk merefleksi pikiran. Selain ada patung Buddha tidur, bangunan yang unik sangat memanjakan mata. Mungkin karena suasana yang ada disana bisa-bisa kamu malah merasa berada di Negara Seribu Pagoda!

Share:
error: Content is protected !!