Wisata Balikpapan sangat beraga, tidak cuma pantai saja. Liburan ke Kota Minyak ini, banyak destinasi seru yang bida dikunjungi. Cek yuk!

18. Masjid Islamic Center

Masjid Islamic Center
Masjid Islamic Center

Lokasi : QV6J+RR2, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Gn. Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)

Model pembangunan masjid ini seperti Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Mulai dari kubah hingga payung-payung teduh di bagian depannya. Jika kamu datang ke tempat ini, rasanya seperti di Madinah. Masjid ini juga sudah dilengkapi fasilitas memadai seperti sarana ibadah, kamar mandi, kantor sekretariat, perpustakaan, koperasi dan sebagainya. Tertarik berkunjung?

19. Wisata Balikpapan : Museum Meriam Jepang

Museum Meriam Jepang
Museum Meriam Jepang

Lokasi : Baru Tengah, Kec. Balikpapan Bar., Kota Balikpapan. (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 07.00 – 17.00

Balikpapan memang menjadi saksi biru Perang Dunia II, terutama saat penyerbuan Jepang ke Balikpapan. Akhirnya, Jepang membangun pertahanan di daerah yang penting untuk mempertahankan sumber minyak. Salah satu wujud pertahanan ini adalah meriam.

Meriam ini peninggalan Angkatan Laut Jepang pada PD II bernama Kaigun. Lokasi meriam berada di datarang tinggi dan menghadap ke Teluk Balikpapan. Hal ini membuktikan bahwa pada waktu itu Balikpapan merupakan tempat yang strategis untuk pertahanan.

20. Monumen Perjuangan Rakyat

Monumen Perjuangan Rakyat
Monumen Perjuangan Rakyat

Lokasi : Jl. Jenderal Sudirman No.1, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Tugu peringatan yang akrab disebut Monpera ini berupa patung prajurit yang memegang bendera di depan kolam ikan mujair. Tugu ini dibangun untuk mengenang peristiwa penghalangan masyarakat atas kedatangan pasukan Belanda yang masuk daerah Pantai Klandasan Ilir. Selain itu juga untuk mengenang peristiwa terjadinya pembantaian oleh Jepang kepada Belanda untuk memperebutkan sumur Mathilda.

Tak hanya monumen, wisata Balikpapan ini juga memiliki ruang diorama dan panggung terbuka untuk pertunjukan. Di sisi monumen ada taman yang asri, sedangkan di belakangnya disajikan pantai yang indah. Jadi, disini kamu bisa belajar sejarah sekaligus bersantai dengan wisata alamnya guys!.

21. Wisata Balikpapan : Museum Kodam VI

Museum Kodam VI
Museum Kodam VI

Lokasi : JL. Letjend Suprapto, RT. 024, RW. 005, Baru Tengah, Baru Tengah, Kec. Balikpapan Bar., Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.00 – 18.00

Berada dalam kawasan konervasi TNI AD, museum ini menyimpan benda sejarah, arkeologi dan heraldika. Koleksi yang ada berupa persenjataan dan perlengkapan militer yang pernah digunakan selama bertempur mempertahankan wilayah Kalimantan. Disini juga ada benda yang berkaitan dengan sejarah Balikpapan hingga peralatan kedokteran masa lalu,

Kamu juga bisa menyaksikan film dokumenter di ruang audio visual. Uniknya, desain ruangan seperti persembunyian di tengah hutan agar semakin dramatis. Disini kamu bisa mempelajari banyak hal tentang Kalimantan dan tentunya wisata Balikpapan ini wajib kamu kunjungi!.

22. Pantai Batu – Batu Banua Patra

Pantai Batu - Batu Banua Patra
Pantai Batu – Batu Banua Patra

Lokasi : Perapatan, Balikpapan Kota, Prapatan, Balikpapan, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Ingin menikmati sunset indah di Balikpapan?, kunjungi Pantai Batu. Salah satu wisata Balikpapan ini memiliki pesona alam yang indah. Sesuai namanya, panyai ini dipenuhi dengan babatuan alami yang tersusun hingga membentuk pulau kecil di pinggir pantai. Banyak pemancing yang datang ke pantai ini karena banyak jenis ikan yang berkumpul di tempat ini.

Baca Juga :   30+ Tempat Wisata Keren di Kalimantan Selatan Paling Favorit

Karena banyak bebatuan, kamu tidak dianjurkan berenang ya guys!. Kamu bisa datang sore hari untuk menikmati sunset di pantai ini. Apalagi banyak spot menarik di pantai yang wajib diabadikan dalam kamera!.

23. Pantai AURI Sepinggan

Pantai AURI Sepinggan
Pantai AURI Sepinggan

Lokasi : Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Salah satu tempat wisata pantai di Balikpapan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Pantai AURI Sepinggan. Disini ada jembatan yang menjorok ke laut, sehingga kamu bisa bersantai ria disana sambil menunggu sunset. Fasilitas disana cukup lengkap seperti toko, warung makan dan gazebo. Jadi, tunggu apa lagi?!.

24. Pantai Serumpun

Pantai Serumpun
Pantai Serumpun

Lokasi : Jl. Mulawarman, Lamaru, Kec. Balikpapan Tim., Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Wisata Balikpapan ini masih jarang dikunjungi. Namun tenang saja, karena sudah ada penginapan disini. Pantai yang masih asri dan sepi membuat wisata ini jari tempat favorit komunitas penggiat alam untuk camp. Air laut yang tenang, bersih dan ditambah sunset yang indah, pasti membuatmu betah dan wajib berkemah semalam!.

25. Wisata Balikpapan : Pantai Melawai

Pantai Melawai
Pantai Melawai

Lokasi : Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Berbeda dengan wisata pantai lainnya, tempat wisata di Balikpapan ini tidak memiliki pasir seperti pantai lainnya. Namun, tempat ini justru ramai saat sore hingga malam hari karena banyak warung kopi tersedia untuk menikmati senja. Tidak sedikit muda mudi yang menghabiskan waktunya untuk nongkrong sembari menikmati sunset dan suasana malam yang romantis. Tertarik?.

26. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru Balikpapan
Pantai Lamaru

Lokasi : Jl. Sosial No.54, Lamaru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Ini adalah salah satu wisata populer di Balikpapan yang wajib kamu kunjungi. Di sepanjang garis pantainya dibatasi oleh pepohonan cemara yang semakin menyejukkan suasana. Disamping keindahan panoramanya, ternyata pantai ini menyimpan sejarah terkait dengan masa penjajahan Jepang.

Di pantai ini terdapat tugu peringatan Jepang (Makam Jepang) yang menjadi makam prajurit Jepang yang gugur saat perang. Memiliki area teduh dan ombak yang tenang, kamu bisa berenang maupun sekedar bersantai untuk menikmati suasana.

27. Pantai Kemala

Pantai Kemala Balikpapan
Pantai Kemala

Lokasi : Jalan Sudirman, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Wisata Balikpapan ini banyak dikenal wisatawan segala kalangan karena panoramanya sangat menggoda. Tidak hanya menyajikan pemandangan yang indah, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas seperti berenang, banana boat, flying fox dan sebagainya. Disini juga sudah terdapat beberapa warung makan untuk wisata kuliner juga lho!. Tunggu apa lagi?!.

28. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari
Pantai Manggar Segarasari

Lokasi : Kelurahan Manggar dan Teritip, Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 06.00 – 18.00
HTM : Rp. 3.000

Baca Juga :   15+ Wisata Samarinda Paling Hits & Populer Untuk Dikunjungi

Selain Pantai Kemala, Pantai Manggar juga tak kalah menarik. Memiliki area yang terbilang luas, wisata Balikpapan ini menyediakan aneka fasilitas untuk wisatawan. Kamu bisa wisata kuliner hingga mencoba wahana air seperti jetsky, banana boat dan berlayar dengan speedboat.. Bahkan kamu juga bisa voli pantai hingga bermain sepak bola ringan!.

Disini kamu bisa wisata seru-seruan bersama keluarga maupun kerabat. Selain menikmati pemandangan yang indah, tempat yang luas dapat memberikan ruang ekspresi maksimal untukmu. Namun ingat ya, jika berenang jangan sampai melewati bendera merah untuk keamanan.

29. Pantai Monpera

Pantai Monpera Balikpapan
Pantai Monpera

Lokasi : Jl. Jenderal Sudirman No.1, RT.11, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Salah satu pantai di Balikpapan ini memiliki kisah tersendiri di kalangan masyarakat karena menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Balikpapan. Hal ini diabadikan dalam bentuk Monumen Perjuangan Rakyat yang ada di sekitar pantai ini. Disini kamu dapat menikmati panorama pantai maupun taman yang dibangun di didekat pantai. Disini kamu bisa wisata sambil edukasi guys!.

30. Wisata Balikpapan : Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan
Penangkaran Buaya Teritip

Lokasi : Teritip, Kec. Balikpapan Tim., Kota Balikpapan. (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.00 – 17.00
HTM :
Rp. 10.000 – Rp 20.000

Ingin melihat langsung reptil raksasa?. datanglah ke Penangkaran Buaya Teritip. Setidaknya ada lebih seribu ekor buaya yang ditangkar di tempat ini yang terdiri dari buaya muara, buaya air tawar dan buaya supit. Ada beberapa kandang yang dipersiapkan untuk anakan, pembesaran, induk dan karantina.

Tak hanya melihat tingkah laku buaya, kamu juga bisa memberi makan langsung di area yang sudah pasti aman. Buaya di kandang karantina nantinya akan diambil kulitnya untuk diekspor sebagai bahan baku, sedangkan dagingnya untuk dikonsumsi lokal. Hm… kasihan ya

31. Taman 3 Generasi

Taman 3 Generasi Balikpapan
Taman 3 Generasi

Lokasi : Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Wisata Balikpapan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal. Seolah menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu, tempat ini memang membuat siapapun betah. Berbagai fasilitas tersedia disini seperti taman bermain, fasilitas penunjang olah raga hingga pustaka baca.

Tempat wisata yang cocok untuk segala kalangan ini juga menawarkan taman asri yang menyejukkan mata. Kamu bisa datang pagi atau malam untuk mencoba sensasi khas disana. Saat pagi kamu akan mendapatkan kesegaran udara, sedangkan malam akan tampak lebih romantis!. Yuk datang kapan?

32. Wisata Balikpapan : Taman Bekapai

Taman Bekapai Balikpapan
Taman Bekapai

Lokasi : Jl. Jenderal Sudirman No.86, RT.11, Damai, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Ini adalah area terbuka hijau di tengah kota yang memang disediakan pemerintah daerah. Maka tak heran banyak pelancong maupun masyarakat sekitar yang datang sekilas untuk bersantai. Taman yang ditata apik dan modern ini dapat membuatmu rileks dari hiruk pikuk kota Balikpapan yang panas dan macet. Bersantailah dulu guys!.

33. Tugu Australia

Tugu Australia
Tugu Australia

Lokasi : Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan. (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Baca Juga :   25 Oleh-oleh Khas Pontianak, Cemilan Lokal Hingga Barang Etnik

Seperti namanya, tugu ini dibuat untuk mengenang jasa pasukan Australia dan Selandia Baru dalam pengambilalihan Balikpapan dari Jepang pada Perang Dunia II. Tak hanya itu, setiap tanggal 25 April juga diperingati sebagai ANZAC Day atau Australian and New Zeland Army Corp. Biasanya acara tersebut juga dihadiri duta besar dari Australia dan Selandia Baru.

Disini terpajang juga nama-nama prajurit yang gugur serta beberapa wilayah di Kalimantan yang berhasil dibebaskan dari tentara Jepang. Kamu bisa singgah sejenak karena wisata Banjarmasin ini termasuk satu dari berbagai peninggalan sejarah yang bisa memberi edukasi.

34. Wisata Alam Balikpapan : Hutan Bakau Margomulyo

Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo Balikpapan
Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo

Lokasi : Jl. AMD Gg. 4 No.RT 42, Margo Mulyo, Kec. Balikpapan Bar., Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 09.00 – 17.00

Berada di tengah kota, tempat wisata di Balikpapan ini bisa menjadi tujuanmu selanjutnya. Wisata bakau ini terbilang unik, karena saat menyusuri hutan, kamu akan melewati jembatan model lampau sepanjang 800 meter yang eksotis. Tak hanya sebagai area konservasi, terdapat flora dan fauna endemik penghuni hutan yang bisa kamu saksikan.

Hewan endemik seperti bekantan memang jarang terlihat. Kamu bisa berkunjung saat pagi atau sore hari, yang merupakan waktu biasanya bekantan biasa muncul. Jika bosan menikmati sunset di pantai, kamu bisa menikmati disini yang disebut-sebut sebagai spot terbaik.

35. Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain

Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan
Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain

Lokasi : Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 06.00 – 18.00

HTM : Rp. 350.000 – Rp. 1.000.000 (paket/1-6 orang)

Hutan lindung ini menyuguhkan panorama yang indah berupa flora dan fauna yang beragam. Udara yang sejuk akan menyambutmu setibanya disana. Ini adalah wisata Balikpapan berkonsep ecotourims. Sehingga kamu tidak hanya berwisata saja tetapi juga mendapat edukasi tentang lingkungan hidup.

Kamu bisa menyusuri hutan dengan berjalan melintasi jembatan sepanjang 400 meter di dekat waduk air Sungai Wain. Ada juga jalut perjalanan sepanjang 3 kilometer bagi kamu yang ingin melihat beragam jenis tumbuhan langka. Ingin lebih menantang?, kamu bisa coba trekking sepanjang 8 kilomter hinga basecamp Jamaluddin.

Segala yang ada di Hutan Lindung Sungai Wain memang sangat menarik untuk ditelusuri. Bagi kamu yang berjiwa petualangan dan ingin melihat kehidupan alam sekaligus edukasi, maka tempat wisata di Balikpapan ini tidak boleh dilewatkan begitu saja!.

Itu adalah beberapa wisata Balikpapan yang populer untuk dikunjungi. Tidak hanya mendapatkan aneka wisata alamnya, tetapi banyak pelajaran yang bakal kamu dapatkan saat mengunjungi peninggalan sejarah yang ada disana. Semoga bermanfaat!

Share:
error: Content is protected !!