Makanan dari jaman kerajaan hingga jaman modern sekarang ini bisa kamu coba di Samarinda. Mulai dari olahan ikan gabus hingga daging rusa yang langka!

Makanan Khas Samarinda sangat bervariasi, mulai dari olahan ikan gabus hingga daging rusa yang langka. Dulunya kota ini adalah wilayah Kesultanan Kutai Kertanegara ing Martadipura. Jadi, jangan heran kalau banyak kuliner khasnya pernah menjadi santapan khusus raja.

Meski berada di Pulau Kalimantan, kota ini banyak dihuni suku Jawa. Namun, itu bukan berarti kamu tidak bisa menemukan kuliner Samarinda yang mampu menggugah selera. Ada berbagai makanan dan cemilan menarik yang bisa kamu coba saat liburan disana!.

Di Ibukota Kalimantan Timur ini, kamu tidak hanya bisa menikmati wisata Samarinda yang beragam, tetapi juga kulinernya. Makanan dari jaman kerajaan hingga jaman modern sekarang ini bisa kamu coba. Rasa yang khas dan aroma nikmatnya pasti membuatmu nagih!.

Makanan Khas Samarinda

1. Ayam Cincane

Ayam Cincane khas Samarinda
Ayam Cincane

Menu makanan khas Samarinda ini biasanya dijumpai pada acara-acara besar. Namun, kini kamu bisa mencobanya di berbagai kedai makan di Kalimantan Timur. Masakan ini berbahan ayam kampung yang dilumuri bumbu rempah sebelum dibakar sampai marang.

Makanan ayam cincane sangat disukai wisatawan saat berlibur ke Samarinda. Kuliner tradisional ini merupakan menu spesial di Pulau Borneo. Jadi, jangan ketinggalan untuk mencobanya ya!

2. Bubur Pedas

Bubur Pedas khas Samarinda
Bubur Pedas

Jika biasanya bubur menjadi makanan yang ringan untuk perut semua kalangan, kini ada bubur pedas. Makanan khas ini berasal dari Sangatta Kabupaten Kutai Timur, tetapi kamu dapat menjumpainya di Samarinda. Rasa pedas pada bubur ini tidak berasal dari banyaknya sambal, tetapi dari rempah yang kuat dan khas.

Rempah-rempah yang digunakan antara lain lengkuas, lada hitam, ketumbar, jinten, serai dan masoh banyak lagi. Kemudian, rempah-rempah dimasak dengan beras sangrai dan kelapa sangrai yang telah ditumbuk halus dengan berbagai bumbu. Hm… terbayang kan nikmatnya.

3. Bobongko

Bobongko khas Samarinda
Bobongko

Selain bubur, bobongko juga bisa menjadi sajian sarapan nikmat untuk membuka pagimu di Samarinda. Makanan ini berwarna hijau dengan tekstur sedikit kenyal yang dibalut daun pisang. Biasanya penyajiannya ditambah dengan kuah manis untuk menambah selera.

4. Gapit Pisang

Gapit Pisang khas Samarinda
Gapit Pisang

Sesuai namanya, makanan khas Samarinda ini berbahan pisang yang dioleh dengan cara dijepit. Pisang yang digunakan umumnya adalah pisang sanggar dan pisang kepok setengah matang. Kemudian pisang ini dibakar dan digepengkan.

Baca Juga :   20 Wisata Banjarbaru Terbaru & Asyik untuk Liburan

Mirip seperti pisang epe khas Makassar, penyajian gapit pisang bisa dipotong kecil-kecil atau langsung disajikan dengan kuah. Kuah kental ini terbuat daru santan dan gula merah. Rasa manis legit yang khas pasti buat kamu ketagihan nih!.

5. Gence Ruan

Gence Ruan
Gence Ruan

Makanan khas Samarinda ini diambil dari nama ikan Haruan atau ikan gabus. Sedangkan Gance adalah nama bumbu khas yang digunakan dalam pengolahannya. Jadi, Gence Ruan merupakan olahan ikan bertabur bumbu bercitarasa pedas manis yang dijamin menggugah selera!.

6. Kue Bingka Kentang

Kue Bingka Kentang
Kue Bingka Kentang

Kuliner Samarinda juga punya kue untuk kamu coba selanjutnya. Kue ini terbuat dari kentang halus, telur, tepung terigu, santan dan perisa lainnya. Memiliki bentuk unik, kue bingka kentang memiliki cita rasa manis legit, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

7. Kue Gegincak

Kue Gegincak
Kue Gegincak

Memiliki tekstur lembut berwarja hijau, makanan khas Samarinda ini mirip sekali dengan jajajan klepon dari Jawa. Bedanya, kue ini pipih pada begian tengan dan penggunaan gula merah pada kue gegincak disiramkan. Jika kamu ingin jajanan kenyal manis yang enak, kamu bisa coba kelezatan kembaran klepon ini guys!.

8. Kerupuk Amplang

Kerupuk Amplang
Kerupuk Amplang

Rasa gurih yang khas dari ikan tenggiri membuatnya cocok dikonsumsi sebagai pelengkap makan maupun cemilan. Selain tenggiri, kerupuk ini bisa dibuat juga dari ikan haruan atau belida. Tak jarang wisatawan membeli kerupuk amplang untuk oleh-oleh khas Samarinda. Jadi jangan ketinggalan ya!.

9. Lempok Durian

Lempok Durian
Lempok Durian

Makanan khas Samarinda terbuat dari daging durian, gula merah dan garam. Setelah menjadi adonan yang empuk dan kental, selanjutnya dimasukkan dalam kuali api sedang hingga masak. Jajanan ini memiliki rasa seperti dodol yang wajib dicoba.

10. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor
Nasi Bekepor

Ini adalah makanan khas Samarinda yang terbilang populer, karena dulu jadi santapan keluarga Kerajaan Kutai. Kata bekepor berasal dari cara pengolahan yang diputar di atas bara api menggunakan panci perunggu sambil membaca shalawat.

Nasi yang menjadi bahan utama diolah dengan minyak sayur, rempah-rempah dan potongan ikan. Setelah jadi, nasip bekepor disajikan dengan lauk seperti daging bumbu kecap, sayur asam dan sambal raja.

Baca Juga :   30+ Tempat Wisata Keren di Kalimantan Selatan Paling Favorit

11. Nasi Kuning Samarinda

Nasi Kuning Samarinda
Nasi Kuning Samarinda

Biasanya nasi kuning dibuat saat perayaan tertentu. Kini nasi kuning bisa dinikmati di kedai makan di seluruh Indonesia, salah satunya Samarinda. Makanan khas Samarinda satu ini disajikan dengan ikan haruan, telur bumbu Bali, bawang goreng dan serundeng. Nikmat bukan?!

12. Pepes Kepiting

Pepes Kepiting
Pepes Kepiting

Makanan ini menjadi menu khas di Balikpapan dan Samarinda. Kepiting yang digunakan adalah kepiting soka atau kepiting lemburi. Kepiting yang telah direbus dan dipisahkan dari cangkang dicampur dengan bumbu seperti jahe parut, tomat, bawang merah, bawang putih, dan kemiri.

Kemudian ditambahkan cabai, garam dan kemangi, untuk dikukus dalam daun pisang. Terakhir tinggal dipanggang di atas bara api dan siap disajikan. Makanan khas Samarinda ini sangat menggugah selera dan kami wajib mencobanya!.

13. Pulut Nasi

Pulut Nasi
Pulut Nasi

Ini adalah kuliner Samarinda berbahan nasi lembut yang dibungkus daun pisang. Sekilas mirip seperti arem-arem, tetapi pulut nasi ini tidak diberi isian. Pembuatannya hanya berbahan beras dan santan yang dibumbui garam, kemudian dikukus. Cocok nih untuk dibawa sebagai bekal.

14. Rabo Ruan

Rabo Ruan
Rabo Ruan

Ikan harusn memang populer di Kalimantan Timur karena bisa diolah menjadi berbagai menu. Rabo Ruan adalah salah satu makanan enak di Samarinda yang bisa kamu coba guys!. Berbahan ikan haruan suwir dan diberi bumbu, makanan ini cocok untuk pelengkap lauk.

Bumbu yang digunakan seperti bawang merah, bawang putih, cabai, ketumbar, garam dan gula merah. Ikan haruan kemudian dicampur bumbu dan dikukus hingga matang. Setelah matang, ikan harus disuwir-suwir dan siap untuk disajikan.

15. Rojak Singkil

Rojak Singkil
Rojak Singkil

Makanan khas Samarinda ini cukup unik karena berbeda dengan namanya. Meski disebut rujak, makanan ini tidak seperti kebanyakan rujak yang sering dijumpai. Rojak Singkil merupakan olahan sayur singkil dan ikan haruan dengan kuah santan. Makanan ini juga bisa menjadi menu makanan terbaikmu di Samarinda!.

16. Roti Pisang

Roti Pisang khas Samarinda
Roti Pisang

Bentuk dan bahannya hampir sama dengan kue bingka. Bedanya, roti pisang menggunakan irisan pisang untuk campuran adonannya. Pisang yang digunakan biasanya pisang raja atau pisang talas. Jajanan kue basah ini sangat digemari semua kalangan karena rasanya yang lembut, enak dan bikin nagih!.

17. Sambal Raja

Sambal Raja khas Samarinda
Sambal Raja

Pelengkap makanan ini sering juga disebut dengan Sambal Kutai. Biasanya sambal raja disajikan bersama nasi bekepor. Dulunya, sambal ini hanya bisa dinikmati para Raja. Kini, kamu bisa mencobanya di berbagai kedai makan Samarinda.

Baca Juga :   15+ Makanan Khas Gorontalo yang Populer untuk Wisata Kuliner

Tidak hanya cabai, berbagai bahan juga digunakan untuk pembuatannya seperti kacang panjang, terong ungu, telur ayam rebus, terasi, bawang merah, garam, gula dan jeruk nipis sebagai ciri khas. Kadang sambal raja juga dikombinasikan bersama ikan goreng, ayam goreng dan tempe goreng.

18. Sayur Asam Kutai

Sayur Asam Kutai
Sayur Asam Kutai

Banyak pilihan untuk wisata kuliner Samarinda, salah satunya adalah sayur asam Kutai. Berbahan utama ikan haruan, sayur ini juga dilengkapi pisang mentah, ubi dan kangkung. Rasa asam dari air jeruk nipis dan terung dayak semakin menambah selera masakan khas Kalimantan Timur ini.

19. Soto Banjar

Soto Banjar
Soto Banjar

Meski tidak di Banjar, kamu bisa mencoba Soto Banjar khas di Samarinda. Soto Banjar memiliki rasa gurih dan segar, biasanya disajikan bersama nasi putih atau ketupat. Makanan ini terdiri dari suwiran ayam goreng kampung, telur ayam, perkedel kentang, bawang goreng dan bihun. Bagi kamu yang cari sarapan atau makan malam, coba soto ini dulu deh!.

20. Sate Payau

Sate Payau khas Samarinda
Sate Payau

Kebanyakan sate adalah dari daging sapi, ayam dan kambing. Di Samarinda, kamu bisa mencoba sate payau yang terbuat dari daging rusa lho!. Makanan khas Samarinda ini mungkin terasa aneh bagi yang tidak terbiasa, tetapi makanan ini cukup populer.

Makanan sate payau terbilang langka di Kalimantan Timur dan biasanya hanya ditemui saat acara-acara khusus seperti festival atau upacara adat. Jika kamu datang saat ada acara besar, khususnya di Kutai Kertanegara, jangan lupa mencoba sate payau guys!.

Itu adalah berbagai makanan khas Samarinda yang terkenal enak dan wajib dicoba. Meski ada beberapa yang tidak setiap hari bisa dicoba, kamu bisa datang saat ada event agar bisa puas wisata kuliner disana. Jadi, sebaiknya kamu atur jadwal perjalanan dengan jadwal kegiatan yang ada di Samarinda ya guys!. Semoga bermanfaat!

Share:
error: Content is protected !!