Jangan lupakan wisata Banjarbaru saat liburan ke Borneo. Meski tidak ada pantai, bukan berarti Ibukota Kalimantan Selatan ini tidak menarik!

Wisata Banjarbaru bisa kamu pilih untuk menikmati liburan di Ibukota Kalimantan Selatan ini. Menggantikan Banjarmasin sebagai Ibukota, banyak tempat menarik di Kota Seribu Taman ini. Seperti julukannya, Banjarbaru terkenal dengan tempat wisata bertema taman dan alam.

Dulunya, kota ini merupakan daerah perbukitan di pinggir Martapura yang dikenal dengan daerah Gunung Apam. Kemudian pada tahun 1950 an, Kota Banjarbaru dirancang dan terus berkembang hingga sekarang menjadi pengganti Banjarmasin sebagai Ibukota.

Selain didominasi taman hiburan, Banjarbaru juga memiliki wisata alam seperti bukit dan danau yang wajib kamu kunjungi. Dari semua tempat wisata di Banjarbaru, tidak ada pantai guys!. Namun, itu bukan berarti Banjarbaru tidak memiliki tempat menarik disana.

Wisata Banjarbaru

1. Meek Farm

Meek Farm
Meek Farm

Lokasi : Jl. Guntung Manggis, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 08.00 – 18.00

Wisata Banjarbaru satu ini wajib dikunjungi kalau kamu suka buah durian. Meek Farm akrab disebut Agrowisata Kebun Durian ,karena disini terdapat berbagai hal yang berhubungan dengan durian. Mulai bibit, buah hingga olahan durian bisa kamu dapatkan disini. Didirikan pada tahun 2008, ada berbagai jenis durian yang bisa kamu pilih di Meek Farm.

Selain buah, ada bibit durian yang bisa kamu dapatkan dengan jenis golden, lahung, musang king dan jenis dari Banyuwangi yaitu duri hitam dan daging merah. Area yang sejuk, lapang dan hijau ini cocok menjadi tempat untuk menikmati durian khas Kalimantan Selatan. Jadi, tunggu apa lagi guys!.

2. Alaska Park

Lokasi : Jl. Sungai Abit, RT.27/RW.09, Cempaka, Kec. Cemp., Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini

Tempat ini mungkin masih terdengar asing, karena memang wisata baru di Banjarbaru. Alaska Park merupakan tempa wisata buatan yang berada di sebelah perbukitan hijau. Seperti tempat wisata kekinian, wisata Banjarbaru ini memiliki spot-spot menarik. Wisata ini dalam tahap pengembangan dan kamu bisa langsung kesana guys!.

3. Amanah Borneo Park

Amanah Borneo Park
Amanah Borneo Park

Lokasi : Jl. Taruna Bhakti, RT.12/RW.04, Palam, Kec. Cemp., Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 09.00 – 17.00
HTM : Rp. 75.000 (Senin-Jumat) ; Rp. 85.000 (Sabtu-Minggu).

Wisata Banjarbaru ini merupakan destinasi terbesar di Kalimantan. Kamu bisa menemukan banyak hal disini mulai dari wahana edukasi, taman rekreasi, agrowisata dan camping ground. Didukung fasilitas yang sangat lengkap dan nyaman, tempat wisata ini bisa jadi tujuanmu selanjutnya.

Ada berbagai wahana yang bisa kamu coba seperti kereta wisata, rumah terbalik, jembatan goyang kolam renang, ATV dan masih banyak lagi!. Bahkan, kamu juga bisa camping di tengah kebun buah tropis, di tengah pulau buatan yang dikelilingi danau. Taman ini sangat luas, keren dan cocok untuk semua kalangan yang imendambakan liburan asyik!.

4. Aquatica Waterpark and Playground

Aquatica Waterpark and Playground
Aquatica Waterpark and Playground

Lokasi : Jl. Trikora Komplek Griya Pesona Bhayangkara, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 09.00 – 17.00
HTM :
Rp.30.000 – Rp. 35.000

Suka berenang?, kamu bisa mengunjungi Aquatica Waterpark. Kolam renang ini cukup luas dan memiliki banyak wahana seperti water playground dan water slide. Ada kolam anak-anak dan kolam dewasa dengan penataan yang cukup baik. Aquatica Waterpark menjadi wisata Banjarbaru yang cocok untuk liburan keluarga. Jika kamu ingin seru-seruan, langsung saja ajak keluargamu kesini!.

5. Bukit Lentera

Bukit Lentera Banjarbaru
Bukit Lentera

Lokasi : Cempaka, Kec. Cemp., Kota Banjar Baru
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 24 jam
HTM : Rp.10.000

Wisata Banjar satu ini sangat digemari banyak anak muda karena menyajikan panorama alam yang indah. Bukit yang dikenal juga dengan nama Bukit Bintang ini pernah booming pada tahun 2017 hingga 2019. Kebanyakan wisatawan biasanya datang untuk camping, karena pemandangan sunset disini sangat indah.

Baca Juga :   30+ Tempat Wisata Keren di Kalimantan Selatan Paling Favorit

Tidak susah untuk datang ke Bukit Lentera, karena kendaraan roda dua dan roda empat bisa dibawa hingga ke atas. Sebelum bukit terdapat warung-warung dekat pemukiman. Kamu bisa mencari logistik di warung terdekat jika ingin bermalam. Pemandangan langit malam yang luas ditambah panorama perkotaan sekitar dan perbukitan akan membuat nuansa Bukit Lentera semakin luar biasa.

6. Bukit Munggualung

Bukit Munggualung Banjarbaru
Bukit Munggualung

Lokasi : Bangkal, Cempaka, Kota Banjarbaru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 24 jam

Ada lagi Bukit Munggualung yang bisa dijadikan destinasi selanjutnya. Wisata Banjarbaru ini memilili panorama indah yang tak kalah dengan Bukit Lentera. Bedanya, bukit ini belum banyak dikunjungi. Puncak bukit ini sangat luas, dan cocok bagi kamu yang ingin camping.

Bagi kamu yang ingin bermalam, pemandangan sunrise dan sunset dari tempat ini sangat indah. Di atas, ada pohon besar yang menjadi ikon Bukit Munggualung. Pemandangan alam perbukitan akan memanjakan mata saat berada disana, tetapi segeralah pulang sebelum siang ya!.

7. Danau Seran

Danau Seran Banjarbaru
Danau Seran

Lokasi : Jl. Sungai Sumba, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 09.00 – 17.00
HTM : Rp. 5.000

Danau Seran dulunya adalah area penambangan intan. Bekas galian yang tidak terpakai ini kemudian digenangi air dan menjadi area danau eksotis yang cukup luas. Suasana yang sejuk dengan pemandangan danau jernih yang indah bakal membuat siapapun betah berlama-lama.

Wisata Banjarbaru ini cukup populer karena banyak dikunjungi wisatawan. Disini kamu bisa bersantai, berenang di spot tertentu, sepeda air dan naik perahu. Menikmati sajian makanan sembari melihat pemandangan danau yang kehijauan pasti sangat nikmat!.

8. Danau Galuh Cempaka

Danau Galuh Cempaka Banjarbaru
Danau Galuh Cempaka

Lokasi : Purnawirawan kelurahan,, Palam, Kec. Cemp., Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 24 jam

Danau Galuh Cempaka merupakan wisata Banjarbaru yang dulunya pernah booming dan menjadi destinasi favorit untuk menikmati sunset. Namun, sayang air danau keruh, jadi tidak indah dipandang siang hari, tapi jika kamu ingin mancing, lokasi ini bisa dicoba.

Kini tempat wisata tersebut terbengkalai dan tidak lagi beroperasi. Sisa-sisa bangunan terbengkalai masih ada disana. Hanya terlihat para pemancing di area danau. Jika kamu ingin datang untuk mencari spot foto tidak masalah, tetapi untuk kenyamanan mungkin bisa mencari tempat lain.

9. Danau Biru Desa Tiung

Danau Biru Desa Tiung Banjarbaru
Danau Biru Desa Tiung

Lokasi : Cempaka, Kec. Cemp., Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 06.00 – 18.00
HTM :
Rp. 10.000

Salah satu tempat wisata di Banjarbaru ini juga bekas tambang yang memiliki air berwarna biru jernih. Objek wisata baru di Desa Tiung ini dibuka pada tahun 2020 dan menyajikan pemandangan danau di tengah perbukitan. Namun, kamu tidak bisa turun ke danau karena harus turun tebing curam.

Disini kamu hanya dapat menikmati pemandangan danau dari ketinggian. Ada berbagai properti yang tersedia untuk spot foto seperti menara pandang, rumah indian dan sebagainya. Meski spot-spot ini malah menjadikan wisata alam tidak alami, kamu layak datang ke Danau Biru untuk sekedar bersantai di gazebo yang tersedia.

10. Edupark Rusa dan Kelulut

Edupark Rusa dan Kelulut Banjarbaru
Edupark Rusa dan Kelulut

Lokasi : Landasan Ulin Tim., Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
HTM : Gratis

Wisata Banjarbaru memiliki destinasi menarik lagi yaitu Edupark Rusa dan Kelulut. Disini, kamu bisa wisata sambil belajar, karena tujuan utamanya adalah mendapatkan pengetahuan tentang hutan dan keanekaragaman hayati. Disini terdapat rusa asli Kalimantan untuk dikembang biakkan.

Baca Juga :   20+ Wisata Pontianak Terbaru, Kekinian & Super Seru!

Daya tarik di wisata ini adalah Kelulut Edupark, rumah konservasi anggrek yang memiliki berbagai jenis anggrek langka Kalimantan, arboretum yang memiliki 54 jenis pohon langka dan tempat penelitian lainnya. Wisata ini masih terus dikembangkan dan jika kamu ingin mendapat ilmu pengetahuan baru, tempat ini bisa jadi jujugan!.

11. Embung Sidodadi

Embung Sidodadi Banjarbaru
Embung Sidodadi

Lokasi : Jl. Sidodadi 2 No.96, Loktabat Sel., Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 07.00 – 18.55

INgin tempat refreshing yang murah meriah?, kunjungi saja Embung SIdodadi. Area bekas tambang ini menjadi wisata Banjarbaru yang cukup diminati karena terdapat danau buatan. Pemerintah lokal sengaja menebar 12 ribu bibit ikan untuk berkembang biak, menjadikan embung cocok untuk kegiatan mancing.

Tidak hanya untuk mancing, area luas di area embung biasanya dimanfaatkan untuk kegiatan lain seperti senam, bersepeda, kulineran dan bersantai. Di sekitar area banyak dijumpai penjaja makanan yang bisa kamu coba sembari bersantai menunggu kail dimakan ikan.

12. Hutan Pinus Mentaos

Hutan Pinus Mentaos Banjarbaru
Hutan Pinus Mentaos

Lokasi : Jalan Suriansyah Ujung Kelurahan Mentaos, Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 08.30 – 18.00
HTM :
Rp. 2.000 – Rp. 20.000

Banjarbaru juga memiliki hutan pinus untuk berwisata lho!. Hutan pinus yang berdiri di tengah kota menjadikannya sangat popueler di kalangan wisatawan. Seperti namanya, wisata Banjarbaru ini menawarkan kesejukan suasana hutan, sehingga sangat cocok untuk bersantai.

Fasilitas di Hutan Pinus cukup lengkap. Ada penjaja makanan, gazebo, tempat duduk, hammock, serta area yang luas untuk aktivitas lainnya. Tidak hanya pinus saja, ada pohon lain seperti akasia, durian, beringin dan angsana yang tumbuh disana. Untuk melengkapi wisatawan kekinian, disediakan spot foto juga guys!

13. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi Banjarbaru
Kampung Pelangi

Lokasi : Jalan Kemuning Ujung/Jl. Delima Ujung, RT.03/RW.01, Guntung Paikat, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 24 jam

Bagi penggemar fotografi, wisata Banjarbaru unik ini wajib kamu kunjungi. Seperti namanya, memang aneka warna tersaji disana. Mulai dinding rumah, genting, jembatan, tiang lampu, jalan dan semua yang ada disana dicat warna-warni. Ornamen seperti payung dan tanaman hias membuat Kampung Pelangi lebih semarak!.

Tidak hanya 350 rumah saja yang dicat, karena ada lukisan cat yang menambah daya tariknya. Lingkungan bersih dan cantik pasti membuatmu nyaman berada di kampung ini. Kamu bisa jalan-jalan saja atau menikmati aliran sungai dari gazebo. Saat malam, lampu-lapu bundar membuat suasana tampak estetis.

14. Kampung Pejabat

Kampung Pejabat Banjarbaru
Kampung Pejabat

Lokasi : Kelurahan Loktabat Sel., Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 24 jam

Ini bukanlah area tempat tinggal para pejabat, tetapi salah satu tempat yang punya daya tarik guys!. Kampung Pejabat memiliki arti Kempung Pengolah Jamu Loktabat, dan sesuai namanya, mayoritas warga disana berprofesi sebagai penjual jamu. Kalau kamu ingin mencoba minuman tradisional, langsung kunjungi wisata Banjarbaru ini ya!

15. Kampung Purun Palam

Kampung Purun Palam Banjarbaru
Kampung Purun Palam

Lokasi : Jl. Palam, Palam, Kec. Cemp., Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 08.00 – 19.00

Jika tadi menawarkan jamu, maka kampung ini menawarkan kerajinan tangan berbahan purun. Purun adalah rumput liar yang banyak di kawasan ini, sehingga kebanyakan penduduk disana mengubah bahan baku tersebut menjadi kerajinan tangan yang bermanfaat.

Kampung tematik ini diunggulkan menjadi wisata Banjarbaru selanjutnya. Produk kerajinan tangan variatif mulai dari tikar, bakul, tas, dompet, sandal dan sebagainya. Para pengrajin bisanya memasang hasil kerajinan mereka di teras rumah, sehingga kamu bisa langsung membelinya!.

16. Kebun Raya Banua

Kebun Raya Banua Banjarbaru
Kebun Raya Banua

Lokasi : Jl. Aneka Tambang, Palam, Cempaka, Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 09.00 – 16.00
HTM :
Rp. 20.000

Baca Juga :   13 Oleh-oleh Khas Samarinda Terpopuler, Wajib Dibeli

Kebun Raya Banua adalah wisata Banjarbaru paling favorit untuk liburan keluarga. Memiliki luas 100 Ha, ada lebih 700 jenis tanaman yang ditanam disana. Di tempat ini terdapat tanaman obat dan tempat konservasi tanaman khas Kalimantan. Sehingga, kamu tidak hanya dapat refreshing, tetapi juga edukasi.

Terdapat Pusat Penelitian Tanaman Obat dan fasilitas pendukung lainnya di kawasan ini. Selain taman dan hutan buatan, terdapat gedung konservatorium, kawasan wisata agro, tugu reklamasi, embung botani dan Amanah Borneo Park. Seru bukan?!, tunggu apa lagi guys?!

17. Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat
Museum Lambung Mangkurat

Lokasi : Komet, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 09.00 – 12.00
HTM :
Rp. 2.000 – Rp. 5.000

Museum ini didirikan pada tahun 1909 dan sering berganti nama hingga akhirnya diresmikan pada 1979. Bentuk museum menyerupai Rumah Bubungan Tinggi khas rumah adat suku Banjar. Koleksi yang ada berupa barang pribadi milik Amir Hasan Kiai Bondan dan perlengkapan kehidupan masyarakat terkait budaya Suku Banjar.

Selain itu, terdapat koleksi patung dewa Hindu, patung binatang dan koleksi lain pada masa Kesultanan Banjar. Lambung Mangkurat sendiri adalah nama tokoh Hikayat Banjar. Disini, kamu dapat lebih mengenal suku Banjar serta adat budaya pada masa itu. Ini bakal melengkapi petualangan wisatamu!.

18. Rumah Kayu (Rumah Pohon) Cempaka

Rumah Pohon Cempaka
Rumah Pohon Cempaka

Lokasi : Bangkal, Kec. Cemp., Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 08.00 – 18.00

Tempat wisata di Banjarbaru ini merupakan salah satu tempat favorit anak muda di Banjar Baru. Tempat yang sedang naik daun ini jauh dari keramaian dan memiliki tempat yang asri. Dikenal sejak tahun 2017,

Rumah Pohon Cempaka kini menjadi destinasi liburan keluarga yang menarik. Sesuai namanya, tersedia beberapa rumah pohon untuk peristirahatan pribadi, serta area outbond yang bakal membuat liburanmu lebih menarik. Namun, jangan berfikir pindah rumah kesana ya!

19. Taman Van Der Pijl

 Taman Van Der Pijl
Taman Van Der Pijl

Lokasi : Jl. Pangeran Suriansyah, Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 24 jam

Bentuk pernghargaan terhadap tokoh Belanda yang mendesain kota Banjarbaru diwujudkan dalam pembangunan Taman Van Der Pijl. Wisata Banjarbaru ini bukanlah taman biasa, karena ada beberapa binatang yang hidup disana, seperti monyet ekor panjang, beruk, owa, dan sebagainya. Tentunya binatang tersebut tidak dilepas liar, tetapi di dalam kandang.

Pepohonan yang sejuk di taman membuat siapapun akan terasa nyaman. Banyak ornamen patung dan tempat bermain anak. Tersedia beberapa wahana seperti persewaan mobil-mobilan dan scooter. Ingin yang lebih seru?, di belakang taman ada bendi yang bisa disewa untuk mengelilingi kawasan Lapangan Murjani – Minggu Raya.

20. Wisata Al-Azhar

Lokasi : Jl. Guntung Manggis, Landasan Ulin Tim., Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 24 jam

Al-Azhar merupakan perumahan dengan konsep private premium. Hunian nyaman dengan ruang hijau yang luas menjadi daya tarik tempat ini. Kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata di Banjarbaru karena ada spot menarik berupa payung-payung di atas jalan masuk perumahan. Meski hanya seperti itu, tak sedikit yang berfoto dan tampil eksklusif disana lho!. Gimana?

Itu adalah beberapa wisata Banjarbaru yang bisa kamu kunjungi. Beberapa tempat wisata memang memang mengalami perubahan dan ada juga yang ditutup permanen. Danau Caramin, Bekantan Park dan Rumah pohon adalah beberapa contoh destinasi yang tidak bisa lagi dikunjungi. Namun, beberapa wisata diatas bisa menjadi solusi jika kamu ingin menikmati asyiknya wisata di Ibukota. Semoga bermanfaat!

Share:
error: Content is protected !!