Kekayaan budaya Gorontalo tampak dalam kerajinan tangan. Cinderamata khas ini tidak hanya populer di dalam negeri, tetapi hingga mancanegara.

Oleh-oleh khas Gorontalo menjadi hal wajib yang harus kamu bawa pulang saat berkunjung ke Kota Serambi Madinah iki. Selain berwisata, memang kurang lengkap rasanya jika tidak membawa cindermata untuk keluarga dan kerabat. Selain kaya akan budaya dan wisata, Ibu Kota Provinsi Gorontalo juga kaya akan oleh-oleh unik lho!.

Mulai dari jajanan ringan, kekayaan budaya Gorontalo juga tampak dalam kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Cinderamata khas ini tidak hanya populer di dalam negeri, tetapi juga menjadi souvenir pilihan bagi wisatawan mancanegara. Bagi kamu yang sedang mencari oleh-oleh khas Gorontalo, ini dia daftarnya!

Oleh-oleh Khas Gorontalo

1. Duduli

Duduli khas Gorontalo
Duduli

Harga : ± Rp.10.000

Jajanan khas Gorontalo ini biasanya disajikan saat lebaran ketupat. Bentuknya memang seperti dodol, tetapi duduli menggunakan daun woka sebagai pembungkusnya. Daun woka ini berasal dari pegunungan di Limboto Barat.

Duduli terbuat dari ketan, gula merah dan santan. Kemudian diaduk hingga 9 jam dan didinginkan sekitar 12 jam sebelum dibungkus. Jajanan ini adalah simbol penyambutan dan perpisahan bagi siapapun yang datang ke Gorontalo. Jadi jangan sampai lupa membawa jajanan manis ini untuk oleh-oleh ya!.

2. Ilabulo

Ilabulo khas Gorontalo
Ilabulo

Harga : ± Rp.5.000 – Rp.10.000

Banyak orang yang penasaran dengan aroma asap dari Ilabulo. Makanan tradisional ini masih banyak diminati banyak masyarakat. Berbahan dasar sagu yang dicampur dengan rebusan telur dan ayam, membuat rasa makanan khas Gorontalo ini berbeda dari yang lain.

Sebelum disajikan, makanan yang dibungkus daun pisang akan dibakar seperti sate. Rasa gurih pedas yang enak membuatnya cocok dijadikan oleh-oleh khas Gorontalo. Makanan ini dapat bertahan dua hari tanpa dimasukkan kulkas. Jadi, jika ingin membawanya pulang, pertimbangkan dengan waktu perjalananmu guys!.

3. Kue Karawo

Kue Karawo khas Gorontalo
Kue Karawo

Harga : > Rp. 4.000

Baca Juga :   10 Tempat Wisata di Palu Terbaru yang Lagi Hits

Kata ‘karawo’ memiliki arti sulaman tangan, Jadi, jangan heran kalau tampilan kue ini sangat cantik karena permukaannya dilukis motif seperti kain karawo. Pembuatan kue ini pun tidak sembarangan karena untuk melukisnya harus memiliki keahlian kerajinan tangan yang baik.

Cemilan santai ini terbuat dari tepung terigu, gula halus, vanili, susu, coklat, telur dan maizena. Bentuk kue ini beragam tergantung cetakannya. Setelah dioven dan didinginkan, barulah dilukis motif. Tergolong unik, jangan lupa membawa oleh-oleh khas Gorontalo ini untuk orang-orang tercinta!.

4. Kue Tobu’u

Kue Tobu;u khas Gorontalo
Kue Tobu’u

Setelah kue kering, ada kue basah yang wajib kamu coba. Jajanan legendaris berbahan dasar tepung beras ini terkenal lezat dan manis. Selain nama tobu’u, kue ini dikenal juga dengan nama kue popaco.

Bagian dalam kue ini biasanya diisi nangka atau gula cair. Sehingga saat mencicipinya, ada rasa lembut sekaligus manis. Rasa lezat inilah yang membuat banyak orang menyukai kue tradisional ini dan kamu juga wajib mencobanya.

5. Keripik Kasubi Pahangga

Keripik Kasubi Pahangga khas Gorontalo
Keripik Kasubi Pahangga

Harga : Rp.15.000 – Rp.20.000

Cemilan satu ini banyak diminati oleh wisatawan dan cocok menjadi oleh-oleh khas Gorontalo selanjutnya. Terbuat dari keripik singkong pilihan yang dicampur gula, rasa renyah manisnya akan membuatmu ketagihan!.

Cemilan ini seperti opak, tetapi ukurannya lebih kecil. Pada bagian atasnya diberi topping gula aran atau gula merah sebagai pemanis. Kamu bisa mendapatkan kue ini di toko oleh-oleh Gorontalo guys!.

6. Kopi Pinogu

Kopi Pinogu khas Gorontalo
Kopi Pinogu

Harga : ± Rp.40.000

Kamu pecinta kopi?, cobalah kopi pinogu. Kopi organik ini adalah produk unggulan Provinsi Gorontalo yang berasal dari campuran kopi robusta dan kopi liberika. Kopi Pinogu ditanam sejak tahun 1875 dan menjadi kopi favorit Ratu Wilhelmina. Perkebunan kopi yang terisolasi membuatnya memiliki keunggulan dibanding kopi lainnya.

Baca Juga :   15+ Tempat Wisata di Bitung Terpopuler, Pilihan di Musim Liburan

Oleh-oleh khas Gorontalo ini wajib kamu bawa pulang karena nggak ada duanya guys!. Aroma sedap dengan kadar keasaman sedang membuat rasanya tidak pahit, sehingga tidak berbahaya bagi yang punya penyakit lambung.

7. Songkok

Songkok Gorontalo khas Gorontalo
Songkok

Harga : ± Rp.100.000

Penutup kepala anyaman yang disebut juga dengan upiya karanji sudah digunakan masyarakat Gorontalo sejak dulu. Tidak hanya menjadi pelengkap pakaian, songkok ini identik dengan suku Gorontalo. Peci ini terbuat dari anyaman pohon mintu (sejenis rotan) yang banyak tersebar di semenanjung Gorontalo.

Memiliki bentuk unik dan sederhana, kopiah ini nyaman digunakan karena memiliki sirkulasi udara yang baik. Bahkan, kopiah ini pernah digunakan oleh Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid dan Presiden ke 7-Joko Widodo.

Tahun 2019, upiya kanji menjadi salah satu Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Oleh-oleh khas Gorontalo yang unik ini wajib kamu bawa pulang guys, karena tidak ada di tempat lain.

8. Bakpia Gorontalo

Bakpia Gorontalo
Bakpia Gorontalo

Harga : Mulai Rp. 11.000.

Tidak hanya di Jogja, bakpia juga ada di Gorontalo!. Pia khas ini cocok dijadikan oleh-oleh khas Gorontalo karena paling banyak diburu wisatawan dan pemudik. Pia ini memiliki ukuran lebih besar dari bakpia Jogja dan teksturnya lebih kering.

Selain memiliki rasa yang empuk dan enak, tersedia varian rasa seperti kacang hijau, coklat dan keju. Kau bisa memilih rasa apa yang sesuai dengan seleramu. Jika soal rasa, tidak perlu diragukan lagi guys!

9. Kain Karawo

Kain Karawo
Kain Karawo

Harga : Mulai Rp.170.000

Selain songkok, oleh-oleh khas Gorontalo yang tidak boleh kamu lewakan adalah kain karawo. Jika sebelumnya kue karawo memiliki motif unik pada permukaannya, maka tak jauh beda dengan kain karawo. Kain yang dibuat dengan teknik sulam ini dilakukan manual, sehingga membutuhkan waktu cukup lama.

Baca Juga :   10 Wisata Unggulan Tana Toraja yang Paling Unik dan Berkesan

Itulah yang mendasari kenapa harga kain karawo terbilang mahal. Memang dibutuhkan keahlian khusus untuk menyulam serta membuat pola dan motif cantiknya. Kamu bisa mendapatkan kain ini berupa lembaran kain atau berupa pakaian, batik, songket dan masih banyak lagi.

10. Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan Gorontalo
Kerajinan Tangan

Harga : bervariasi

Setiap daerah tentu memiliki kerajinan tangan yang banyak diburu wisatawan. Gorontalo memiliki kerajinan tangan khas yang mendunia seperti songkok dan kain karawo. Namun, ternyata masih ada berbagai kerajinan tangan lain yang bisa kamu bawa pulang!.

Kerajinan tangan spesial yang ada di Gorontalo adalah seni karung goni yang dibentuk menjadi miniatur atau karakter. Kemudian ada gantungan kunci replika, seperti replika senjata dan replika alat musik tradisional. Ada juga minimatur rumah adat yang bisa kamu jadikan souvenir unik.

Harga yang relatif murah dan bentuk yang praktis ini cukup menarik minat wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas Gorontalo. Selain itu, kamu juga bisa membeli kaos, miniatur landmark dan pernak-pernik lainnya yang tersedia.

itu adalah beberapa oleh-oleh khas Gorontalo yang banyak diburu wisatawan. Oleh-oleh yang banyak mendominasi adalah makanan ringan yang mungkin tidak bertahan lama untuk dibawa dalam perjalanan. Jadi, jika ingin membawa oleh-oleh, sebaiknya pertimbangkan dengan waktu perjalananmu ya!. Semoga bermanfaat!

Share:
error: Content is protected !!