Ada berbagai makanan khas Palu yang bisa kamu coba saat liburan, mulai dari jajanan, lauk pauk, dan menu sehat lainnya. Penasaran?, Cek yuk!

Makanan khas Palu bisa kamu nikmati satu-persatu saat liburan disana. Ibu Kota Sulawesi Tengah ini memiliki keindahan alam yang indah, membuatnya menjadi tujuan wisata alam hingga wisata kuliner. Sambal Roa adalah salah satu sambal ikan andalan di Sulawesi. Namun, tidak hanya itu saja yang akan kamu temukan di Kota Palu ini.

Jika kamu suka wisata kuliner, Palu adalah tempat yang tepat untukmu. Ada berbagai kuliner khas Palu yang bisa dicoba, mulai dari jajanan, lauk pauk, dan menu sehat lainnya. Pada artikel kali ini akan membahas seputar makanan saja guys!. Makanan ini bisa kamu coba dan sebagian lagi, seperti jajanan, bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh.

Penasaran?, yuk cek apa saja sih yang bisa kamu incip di Kota Palu!

Makanan Khas Palu

1. Kue Paranggi

Kue Paranggi
Kue Paranggi

Ingin ngemil ringan saat liburan di Palu?, maka cobalah Kue Paranggi. Meski tampak sederhana, rasa nikmatnya banyak disukai wisatawan domestik hingga mancanegara. Kue yang disebut juga bolu gula merah ini mirip seperti kue apem dan berasa manis. Jangan hanya nyemil ditempat, kamu wajib membawanya pulang untuk oleh-oleh!.

2. Kaledo

Kaledo
Kaledo

Sup Kaledo adalah makanan khas Palu paling populer berbahan kaki lembu Donggala. Sup ini berisi tulang sapi yang dicampur asam dan cabai, sehingga rasanya sedikit asam namun gurih dan segar. Dulunya, kaledo menjadi sajian para raja dan bangsawan di Lembah Palu. Kini, kamu bisa menyantap kuliner satu ini sepuasnya saat liburan di Palu.

3. Uta Dada

Uta Dada
Uta Dada

Makanan khas Palu satu ini berasal dari suku Kaili yang lama menempati Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan Kota Palu. Nama Uta Dada memiliki arti kuah santan. Biasanya kuah santan diisi dengan daging ayam kampung yang sudah dibakar terlebih dahulu. Makanan yang disajikan bersama ketupat ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang gurih pedas. Tertarik mencoba?

Baca Juga :   14 Makanan Khas Manado, Mulai Menu Sehat Hingga Kuliner Ekstrim

4. Uta Kelo

Uta Kelo
Uta Kelo

Masih dari suku Kaili, ada lagi Uta Kelo yang berbahan utama daun kelor. Daun kelor yang dimasak santan ini biasanya diberi pendamping seperti pisang kepok, udang, terong dan sebagainya. Rasa gurih pedas menjadi ciri khas makanan ini yang membuatnya banyak digemari. Tidak hanya mengenyangkan, daun kelor dipercaya dapat memulihkan tenaga, sehingga cocok untuk menu makan siangmu.

5. Palumara

Palumara
Palumara

Suku Kaili memang sangat mendominasi kuliner di Sulawesi. Olahan seafood satu ini bukan hanya menjadi makanan khas Palu, tetapi juga Makassar. Cita rasa ikan berkuah yang pedas dan lezat menggoda membuat masakan ini banyak digemari. Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tongkol, kakap merah dan bandeng. Kuah pedas bercampur rasa asam segar pasti mampu menggugah selera.

6. Labia Dange

Labia Dange
Labia Dange

Olahan sagu ini kerap disebut juga sagu dange. Sesuai namanya, jajanan ini berbahan sagu yang dimasak di atas wajan dan tunggu tanah liat. Kemudian, ditambahkan isian di atas adonan tersebut seperti gula merah atau ikan teri. Kini, makanan tradisional Sulawesi Tengah ini semakin beragam dengan berbagai topping pilihan layaknya martabak. Jadi kamu bisa memilih labia dange dengan cita rasa sesuai selera.

7. Pondi Pondi

Pondi Pondi
Pondi Pondi

Makanan khas Palu ini agaknya mulai dilupakan. Cemilan murah meriah ini dulunya menjadi makanan favorit masyarakat Palu. Bahan baku pondi-pondi hanyalah parutan kelapa yang dicampur tepung beras dan gula pasir, Makanan ringan ini cocok sekali untuk teman ngemil, Namun, mungkin kamu sedikit kesulitan untuk menemukannya.

8. Nasi Jagung

Nasi Jagung
Nasi Jagung

Bukan hanya di Jawa saja, nasi jagung juga menjadi makanan khas Palu yang wajib kamu coba. Jagung yang dipakai adalah jagung tua yang sudah dikeringkan dan ditumbuk. Kemudian jagung tersebut dicampur beras untuk direbus dan dimasak menggunakan kukusan bambu. Makanan ini dulunya dibuat oleh suku Kaili saat mengalami paceklik. Namun sekarang bisa kamu coba setiap hari guys!.

9. Milu Siram

Milu Siram
Milu Siram

masih seputar jagung, ada milu siram yang wajib dicoba. Makanan khas Palu ini dibuat dari jagung muda yang dicampur dengan ikan, udang dan sayur. Sup jagung yang disebut dengan binte biluhuta ini memiliki citarasa manis, pedas dan asin. Makanan sehat penghancur kolesterol ini sangat sederhana dengan isian bervariasi yang bisa dipilih sesuai selera.

Baca Juga :   15+ Tempat Wisata di Bitung Terpopuler, Pilihan di Musim Liburan

10. Lalampa

Lalampa
Lalampa

Jika kamu pernah makan jajanan lemper, maka seperti itulah makanan ringan khas Palu ini. Makanan ini terbuat dari beras yang diisi dengan ikan cakalang, lalu dibungkus daun pisang. Lalampa diolah dengan cara dibakar, berbeda dengan lemper yang dikukus. Pengolahan yang berbeda, pasti memiliki rasa yang berbeda pula. Itulah kenapa kamu harus mencoba lalampa, si lemper ala Sulawesi Tengah!.

11. Kerak Sagu

Kerak Sagu
Kerak Sagu

Sudah akrab dengan kerak telur?, maka kali ini ada kerak sagu dari Palu. Kuliner khas Palu ini sangat populer dan digemari wisatawan. Berbahan dasar sagu, kerak sagu ini biasanya ditambah dengan suiran ikan, teri atau udang yang sudah dibumbui. Jajanan ringan ini menjadi menu streetfood favorit di berbagai tempat wisata Sulawesi Tengah. Jadi jangan ketinggalan untuk mencobanya ya!.

12. Duo Sale

Duo Sale
Duo Sale

Jika kamu suka pedas, maka sambal khas Palu ini wajib dicoba. Duo Sale berbahan ikan teri kering yang dimasak dengan bumbu sambal seperti cabai, tomat dan bawang merah. Sambal teri ini memiliki citarasa manis dan pedas. Biasanya, Duo Sale disajikan sebagai pelengkap lauk makan dan cocok disantap bersana nasi hangat maupun burasa.

13. Onyop

Onyop
Onyop

Di bagian Indonesia Timur, makanan ini disebut papeda. Olahan bubur sagu ini terkenal sebagai olahan khas Suku Saluan. Onyop disajikan dengan ikan berkuah asam. Kuah asam ini dipadukan dengan bumbu rempah yang pasti membuat rasanya semakin segar dan bikin nagih!. Biasanya onyop disajikan sebagai makanan pendamping nasi dan bisa jadi menu makan siangmu disana!.

14. Ayam Bambu

Ayam Bambu
Ayam Bambu

Seperti namanya, makanan khas Palu berbahan ayam ini dimasak di dalam bambu. Keunikan penyajian makanan ini membuatnya menjadi favorit para wisatawan. Cita rasa yang lezat hasil dari bumbu rempah dan aroma bambu bakar membuatnya semakin istimewa. Menu ayam bambu tidak hanya terkenal di Palu, tetapi juga di daerah asalnya, Kabupaten Sigi.

Baca Juga :   Top 10 Oleh - Oleh Khas Manado Buruan Traveler

15. Barongko

Barongko
Barongko

Jajanan enak ini berbahan pisang yang dihaluskan, kemudian dicapur telur, santan, gula dan garam untuk selanjutnya dikukus dalam daun pisang. Makanan khas Bugis ini tidak hanya populer di Palu tetapi juga Makassar. Rasa manis yang lembut membuatnya cocok dikonsumsi semua kalangan. Jika kamu ingin lebih nikmat, masukkan lemari es dahulu sebelum memakannya.

16. Kapurung

Kapurung
Kapurung

Kembali ke bahan baku sagu, kali ini ada Kapurung. Makanan khas Palu ini seperti sup kuah kuning yang diisi dengan beberapa sayur rebus, udang dan cacahan mangga. Di Sulawesi Selatan, makanan tradisional ini menjadi santapan khas masyarakat daerah Luwu. Jadi, kamu tidak hanya menemukan Kapurung di Sulawesi Selatan saja guys, tetapi bisa mencobanya juga di Palu.

17. Kue Tetu

Kue Tetu
Kue Tetu

Cemilan satu ini banyak dijumpai saat bulan Ramadhan, karena menjadi menu favorit buka puasa. Masyarakat Palu menyebut kue Tetu sebagai kue perahu karena daun pandannya dibuat mirip perahu. Rasa manis yang bisa dimodifikasi membuat kue ini banyak diburu. Kamu bisa mencoba kue Tetu rasa durian, gula merah dan sebagainya sesuai selera.

Itu adalah beberapa makanan khas Palu yang bisa jadi pilihan untuk menu makan keseharianmu di Ibukota Sulawesi Tengah ini. Tentu masih banyak makanan khas lain yang diolah dengan bahan dan bumbu berbeda, tetapi yang disebutkan diatas adalah kuliner Palu favorit di kalangan wisatawan. Jadi, jangan sampai tidak mencoba kelezatannya saat liburan ke Palu!. 

Share:
error: Content is protected !!