Ingin liburan yang seru?. Inilah tempat wisata di Bitung, Sulawesi Utara yang wajib kamu kunjungi. Alam yang indah dan alami'pun bisa kamu pilih!

Tempat wisata di Bitung, Sulawesi Utara sangat beragam dan bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari wisata alam, edukasi dan wisata keluarga, akan menjadikan liburanmu semakin sempurna. Berada di wilayah kaki Gunung Dua Saudara dan Pulau Lembeh, Kota Bitung menawarkan banyak destinasi yang layak untuk dikunjungi.

Berjuluk Kota Digital, Bitung terkenal dengan kota industri. Kota paling timur di Sulawei Utara ini berbatasan dengan Kabupaten Minahasa dan Laut Maluku. Tak hanya kaya akan pesona alam, Bitung juga masuk dalam sejarah perjuangan tentara Republik Indonesia lho!.

Memiliki satu pulau cantik bernama Pulau Lembeh, tempat wisata di Bitung semakin beragam. Kamu bisa datang ke Kota Bitung dengan mudah, tapi untuk ke Pulau Lembeh, kamu harus ke Dermaga Ruko Pateten untuk menyeberang. Penasaran dengan keindahan Kota Bitung?, cek yuk wisata apa saja yang ada disana!

Tempat Wisata di Bitung

1. Air Terjun Parom

Air Terjun Parom
Air Terjun Parom

Lokasi : Danowudu, Kec. Ranowulu, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Salah satu tempat wisata di Bitung ini banyak dikunjungi wisatawan. Namun, untuk sampai ke air terjun, kamu harus rela capek menuruni ratusan anak tangga. Ketinggian Air Terjun Parom sekitar 26 meter yang mengalir pada tebing batu. Di bawahnya ada kolam yang bisa digunakan untuk menyegarkan diri sambil relaksasi.

Disini tidak hanya bersantai menikmati air terjun di bawah pepohonan rindang saja. Bagi kamu yang hobi panjat tebing, kamu bisa melakukannya disini. Fasilitas di tempat wisata ini cukup lengkap. Ada camping ground, kantin, fasilitas panjat tebing dan sebagainya.

2. Pantai Batu Angus

Pantai Batu Angus
Pantai Batu Angus

Lokasi : Kasawari, Aertembaga, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Wisata Bitung ini terdengar unik, karena namanya sesuai dengan kondisinya. Batuan hitam seperti hangus terbakar mendominasi area pantai dengan bentuk beragam. Sehingga, batu-batu ini lebih tampak seperti kumpulan arang. Hal inilah yang membuat pantai ini dinamakan Batu Angus.

Meski batuan di sekitar pantai hitam legam, hal itu menambah keeksotisan Pantai Batu Angus. Air yang jernih ditambah pemandangan sekitar yang indah membuat pantai ini banyak dikunjungi wisatawan. Berada di Cagar Alam Duasaudara yang sudah ada sejak tahun 1981, kamu harus menjaga kebersihan saat mengunjungi tempat ini ya!

3. Pantai Pasir Putih Batu Riri

Pantai Pasir Putih Batu Riri
Pantai Pasir Putih Batu Riri

Lokasi : Pintukota, Kec. Lembeh Utara, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Jika sebelumnya pasir hitma, maka kamu bisa ke Batu Riri untuk menjejaki pasir putih lembutnya. Wisata pantai ini berada di Taman Wisata Alam Tangkoko, sehingga masih sangat terjaga keasriannya. Dulunya, tempat di Bitung ini menjadi pantai pribadi resort disana. Namun, setelah keberadaannya hilang, pantai ini dibuka untuk umum. Bagi kamu yang ingin refreshing, pantai ini sangat cocok buatmu!

4. Pantai Kanada Batu Putih

Pantai Kanada Batu Putih
Pantai Kanada Batu Putih

Lokasi : Batuputih Atas, Kec. Ranowulu, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Masih di Taman Wisata Alam Tangkoko, kamu bisa mengunjungi Pantai Kanada jika ingin liburanmu semakin berkesan. Memiliki pasir putih yang lembut, pantai ini masih sepi dan alami, karena belum ada investor yang mengembangkannya. Sehingga, kamu harus membawa logistik sendiri saat pergi ke Pantai Kanada. Hanya ada toilet sederhana dan air bersih yang disediakan masyarakat disana untuk bilas setelah mandi. Jadi, jangan sia-siakan mandi di pantai perawan ini ya guys!.

5. Pantai Tanjung Merah

Pantai Tanjung Merah
Pantai Tanjung Merah

Lokasi : Tj. Merah, Kec. Matuari, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Baca Juga :   7 Oleh-oleh Khas Tana Toraja yang Wajib Dibawa Pulang

Keberadaan pantai ini seperti oase di tengah kota industri. Memiliki pasir yang cenderung hitam, pantai ini masih kerap dikunjungi wisatawan karena suasananya yang asri dan teduh. Tempat wisata di Bitung ini dinamakan tanjung merah karena tanjungnya cenderung berwarna merah saat sunset. Jadi, jika ingin liburanmu berkesan, datanglah saat sore sembari bersantai di pesisirnya.

6. Pantai Kahona

Pantai Kahona
Pantai Kahona

Lokasi : Pasirpanjang, Lembeh Sel., Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Tidak perlu menyanyikan Kaho naa Pyaar Hai saat membacanya guys. Ekowisata Pasir Panjang Pantai Kahona ini berada di Pulau Lembeh. Sebelum sampai ke pantai, kamu akan melewati jembatan kecil yang membelah hutan bakau guys!. Pasir pantai ini dipenuhi pecahan karang laut. Oleh karena itu, kamu wajib mengenakan sandal untuk melindungi kakimu.

Selain wisata, Pantai Kanoha biasanya juga dipakai untuk foto prewedding. Fasilitas di tempat wisata ini cukup lengkap. Ada lahan parkir yang luas, toielt hingga pondok besar dan kecil yang bisa disewa.

7. Pantai RCTI

 Pantai RCTI
Pantai RCTI

Lokasi : Tj. Merah, Kec. Matuari, Kota Bitung, Sulawesi Utara
Map : Klik Disini

Meski sama, pantai ini tidak ada hubungannya dengan stasiun TV RCTI guys. Nama RCTI yang disematkan memiliki arti Resort Ciptaan Tuhan yang Indah. Sesuai nama panjangnya, pantai di Bitung ini memiliki pasir cokelat kehitaman yang eksotis, tetapi kamu harus waspada karena banyak bulu babi bertebaran disana.

Di pantai ini kamu bisa berenang, bermain pasir dan hunting foto sepuasnya. Sudah ada fasilitas yang cukup memadai seperti lahan parkir, toilet, kamar mandi dan warung untuk melengkapi liburanmu dsana.

8. Monumen Trikora Mandala Sakti

Monumen Trikora Mandala Sakti
Monumen Trikora Mandala Sakti

Lokasi : Batulubang, Pulau Lembeh, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Bitung pernah dijadikan tempat pendaratan anggota TNI dalam operasi merebut Irian Barat dari Belanda. Operasi Trikora yang diakhiri pada 15 Agustus 1952 ini berakhir manis dengan bergabungnya Papua dengan Republik Indonesia. Dari sejarah tersebut, dibuatlah Monumen Trikora Mandala sakti untuk mengenang peristiwa itu.

Di sebelah kanan monumen terdapat pesawat DC-3 Dakota TNI-AU yang pernah dipakai saat operasi Trikora. Ada juga Patung Tarsius (Tangkasi), hewan endemik (mamalia terkecil di dunia) di daerah ini yang sangat populer. Disini kamu tidak hanya dapat belajar sejarah saja, tetapi akan mendapat pengalaman dan kesan yang sangat istimewa.

Baca Juga :   14 Makanan Khas Manado, Mulai Menu Sehat Hingga Kuliner Ekstrim

9. Hutan Mangrove Lirang

Hutan Mangrove Lirang
Hutan Mangrove Lirang

Lokasi : Lirang, Kec. Lembeh Utara, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Di ujung utara Pulau Lembeh, ada hutan mangrove yang cocok untuk kamu kunjungi. Tempat wisata di Bitung ini menyajikan rimbunan hutan bakau hijau yang menyegarkan suasana. Jembatan kecil yang membelah hutan dapat kamu susuri perlahan sembari menikmati kesejukan alam hingga di pelosoknya. Bahkan, ada beberapa jembatan yang berbatasan dengan lautan lepas. Sehingga kamu dapat menikmati dua alam sekaligus dalam sekali jalan.

10. Ekowisata Mangrove Pintu Kota

Ekowisata Mangrove Pintu Kota
Ekowisata Mangrove Pintu Kota

Lokasi : Mawali, Kec. Lembeh Utara, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Selain Hutan Mangrove Liang, Pulau Lembeh juga memiliki Ekowisata Mangrove Pintu Kota. Tak jauh beda dengan wisata mangrove lainnya, ada jembatan yang bisa dilalui untuk menikmati hutan mangrove. Lebih masuk ke dalam, kamu bisa melihat laut yang terapit dua bukit. Kamu bisa mencari spot cantik untuk berswafoto disini, karena tempat ini biasanya juga dijadikan latar foto preewedding.

Memiliki luas sekitar 4 Ha, wisata di Bitung ini memiliki empat jenis mangrove, yaitu Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Soneratia alba dan Soneratia caseolaris. Disini kamu tidak hanya dapat berwisata, tetapi juga mengetahui pentingnya ekowisata tersebut.

11. Taman Marga Satwa Tandurusa

Taman Marga Satwa Tandurusa
Taman Marga Satwa Tandurusa

Lokasi : Tandurusa, Aertembaga, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Berada di tepian Selat Lembah, tempat wisata di Bitung ini sering dimanfaatkan untuk rekreasi pantai. Di kebun binatang mini ini, kamu bisa melihat hewan-hewan langka khas Sulawesi. Hewan khas yang bisa dilihat adalah Tarsius, rangkong sulawesi, kuskus beruang, elang laut, kakaktua hitam dan masih banyak lagi. Menyaksikan aneka tingkah laku hewan yang lucu pasti akan membuat moodmu semakin baik guys!

12. Taman Nasional Tangkoko

Taman Nasional Tangkoko
Taman Nasional Tangkoko

Lokasi : Bitung Utara, Batuputih Atas, Kec. Ranowulu, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Wisata Bitung satu ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena disini kamu bisa melihat hewan-hewan endemik di habitat aslinya. Tarsius adalah hewan endemik berupa monyet kecil seukuran tikus berekor panjang yang bisa kamu lihat. Selain itu ada sekitar 47 hewan endemik lain yang dilindungi di Taman Nasional ini.

Ada dua ekosistem di Taman Nasional ini yaitu hutan hujan dan hutan lumut. Di dalamnya hidup ratusan spesies burung, mamalia, reptil dan amfibi. Selain melihat aneka satwa endemik, kamu bisa trekking menjelajah hutan belantara. Tenang saja… harga tiket yang sekitar Rp.150.000 sudah termasuk pendampingan guide setempat guys!.

13. Gunung Dua Saudara

Gunung Dua Saudara
Gunung Dua Saudara

Lokasi : Kadoodan, Kec. Madidir, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Suka mendaki?, maka cobalah mendaki Gunung Dua Saudara di Bitung ini. Gunung kembar tidak aktif ini memiliki ketinggian 1.351 mdpl dan masih jarang dijejaki pendaki. Meski tidak ada izin pendakian, kamu harus membayar tiket masuk dan pemandu untuk menaklukkan gunung ini. Wilayah yang menjadi bagian dari Cagar Alam Tangkoko-Dua Saudara ini menyajikan panorama yang istimewa, apalagi kalau kamu sampai puncaknya. Dari jauh saja kelihatan indah, bagaimana kalau di puncak?.

Baca Juga :   20 Wisata Palopo Paling Recommended untuk Traveler

14. Puncak BabyDoll Mawali

Puncak BabyDoll Mawali
Puncak BabyDoll Mawali

Lokasi : Pancuran, Lembeh Sel., Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Jika kamu ingin pendakian yang tidak menguras tenaga, Puncak Babydoll Mawali bisa jadi alternatif. Tidak sedikit yang bilang kalau tempat ini adalah spotfoto terbaik di Pulau Lembeh. Bukan tanpa alasan guys, dari atas kamu bisa melihat indahnya pemandangan Selat Lembeh dan Bitung. Namun, pastikan untuk membawa pelindung kepala ya, karena cuaca sangat panas diatas.

15. Miniatur Menara Eifell

Miniatur Menara Eifell
Miniatur Menara Eifell

Lokasi : Bitung Tim., Kec. Maesa, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Ini bisa menjadi obat rindu bagi kamu yang ingin ke Paris tapi masih ngimpi. Seperti namanya, miniatur menara Eiffel ini adalah replika yang memiliki nama lain Menara Kota Bitung. Menara ini bukanlah ikon baru karena berdirinya sudah dimulai tahun 1980’an atas ide Walikota masa itu. Keindahan menara setinggi 30 meter ini semakin lengkap saat malam hari, dimana lampu-lampunya menyala menakjubkan. Mungkin kamu serasa ingin menjadi miniatur juga nih…

16. Waterpark Sie Fan You

Waterpark Sie Fan You

Lokasi : Girian Indah, Kec. Girian, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Liburan keluarga akan semakin asyik di Waterpark Sie Fan You!. Tempat ini adalah kolam renang dengan wahana air yang pasti disukai segala kalangan. Bagi kamu yang ingin seru-seruan bareng teman dan keluarga, coba deh kunjungi waterpark ini meski sekedar menyegarkan diri.

17. Kolam Renang Alami Water Blessing

Kolam Renang Alami Water Blessing
Kolam Renang Alami Water Blessing

Lokasi : Danowudu, Kec. Ranowulu, Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Kalau kamu ingin kesegaran alami, berenang di kolam renang alami bisa menjadi pilihan. Lokasinya memang tidak begitu luas dan tidak ada wahana, tetapi ada dua kolam pemandian yang bisa dipilih. Berada di alam terbuka, tempat wisata di Bitung ini memang pas untuk menenangkan diri. Alih-alih ingin seru-seruan, kamu bisa mendinginkan tubuh dan pikiran di dalam kolam mata air yang dingin ini.

18. Patung Yesus Penebus

Patung Yesus Penebus
Patung Yesus Penebus

Lokasi : Dorbolaang, Lembeh Sel., Kota Bitung.
Map : Klik Disini

Selain Manado, patung Yesus juga ada di Pulau Lembeh, Bitung. Patung yang menghadap ke Selat Lembeh ini memiliki ketinggian 35 meter, lebih tinggi daripada patung Yesus di Brazil. Patung ini dibuat oleh seniman Jawa Timur bernama Hendra Susanto dan dibangun di tanggul paling tinggi. Tidak hanya sebagai simbol agama Kristen, adanya patung ini juga menonjolkan karya seni yang luar biasa lho!.

Itulah beberapa tempat wisata di Bitung paling populer. Beberapa tempat mungkin masih dalam tahap pengembangan, tapi yang jelas jangan lupa untuk mengunjunginya dan jangan lupa juga memburu oleh-oleh khas Bitung!. Selamat berlibur!

Share:
error: Content is protected !!