Kekayaan Kota Lima Dimensi ini bukan hanya pada olahan ikan saja tetapi juga aneka cinderamata yang bervariasi. Tidak hanya populer di dalam negeri tetapi juga banyak dicari wisatawan mancanegara.

Oleh-oleh khas Bitung tidak berbeda jauh dengan daerah sekitarnya, seperti Manado. Kota paling timur di Sulawesi Utara yang dikenal sebagai kota pelabuhan Internasional ini memiliki delapan kecamatan. Dua kecamatan berada di Pulau Lembeh, yang memiliki potensi sebagai tempat wisata bahari.

Sebagai kota pelabuhan terbesar, tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Bitung untuk mengunjungi wisata bahari, sejarah serta mencoba kuliner khas yang terkenal lezat. Selain berkunjung, kamu juga bisa membawa oleh-oleh khas Bitung yang unik dan menarik juga lho!.

Tidak banyak perbedaan antara kuliner Manado dan Bitung, begitu juga dengan oleh-olehnya. Sehingga kamu akan mendapati aneka jajanan khas Sulawesi yang ada di sentra oleh-oleh. Nah, bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh, berikut daftarnya!.

Oleh-oleh Khas Bitung

1. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu Khas Bitung
Cakalang Fufu

Harga : ± Rp. 75.000/ 1 kg

Cakalang fufu adalah hidangan khas Minahasa yang terbuat dari ikan cakalang yang dibumbui dan diasap. Selain populer di Manado, makanan ini bisa menjadi oleh-oleh khas Bitung yang banyak diburu. Bagi kamu yang suka kuliner, jangan lupa untuk membawanya pulang ya!.

Makanan ini bisa dibungkus sebagai oleh-oleh untuk diolah di rumah. Kamu hanya perlu menggoreng atau dijadikan bahan untuk makanan lain. Meski ukurannya besar, cakalang fufu menjadi oleh-oleh favorit di Manado dan Bitung

2. Dodol Amurang

Dodol Amurang
Dodol Amurang

Harga : ± Rp. 1.000 – Rp. 5.000 / biji

Tak hanya di Manado, kamu juga bisa menemukan dodol amurang di Bitung. Oleh-oleh khas Bitung ini berasal dari Amurang, Minahasa Selatan dan sudah pupuler di Sulawesi Utara. Biasanya, jajanan yang disebut dodol kenari ini disajikan saat upacara adat warga Minahasa.

Tidak sulit menemukan jajanan ini karena mudah ditemukan di setiap toko oleh-oleh khas Bitung. Makanan ini dibungkus dengan daun kelapa dan dijual dengan harga bervariasi. Rasanya seperti jenang jawa, karena dibuat dari gula aren, beras ketan dan minyak kelapa.

Baca Juga :   10 Makanan Khas Kendari yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

3. Halua Kenari

Halua Kenari
Halua Kenari

Harga : ± Rp.10.000 – Rp. 60.000, tergantung packnya. 

Jajanan ini merupakan cemilan yang mirip dengan gula-gula kacang. Meski sama-sama gurih dan manis, cemilan khas Bitung dan Manado ini tentu ada aroma khas kenari yang harum, membuat siapapun yang makna bikin nagih!. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari kacang kenari dan gula merah.

4. Kacang Goyang

Kacang Goyang
Kacang Goyang

Harga : ± Rp. 50.000/ 1 kg

Cemilan satu ini sangat populer dan hampir dapat ditemui di setiap kota di Sulawesi. Oleh-oleh khas Bitung satu ini cocok kamu bawa pulang, karena kemasan yang praktik dan bentuknya yang menarik. Kacang yang memiliki tekstur unik dan warna beragam ini banyak diburu wisatawan, jadi jangan sampai ketinggalan ya!

5. Klapertaart

Klapertaart Khas Bitung
Klapertaart Bitung

Harga : ± Rp. 15.000

Meski banyak ditemui di Bitung dan Manado, kue ini merupakan kue khas Belanda. Bisa dibilang juga, ini adalah kue peninggalan jaman penjajahan yang sudah dimodifikasi sengan sentuhan budaya Indonesia. Meski bisa ditemukan di mana-mana, rasa kalpetaart tiap daerah jelas berbeda.

Oleh-oleh khas Bitung ini terbuat dari campuran kelapa, tepung terigu, telur, susu dan mentega. Mengandung banyak protein, tentunya makanan sehat in dapat mencegah karies gigi dan menetralkan tekanan darah. Jadi jangan lupa untuk beli ya!.

6. Pia Amurang

Pia Amurang Khas Bitung
Pia Amurang

Harga : ± Rp. 2.500 / biji

Jika tadi ada dodol, maka ada juga pia amurang yang wajib kamu jadikan oleh-oleh khas Bitung selanjutnya. Kue ini terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibalut adonan tepung, kemudian dipanggang. Jajanan yang juga banyak dijumpai di Manado ini memiliki rasa yang sudah terkenal kelezatannya guys!

7. Pisang Goroho

Pisang Goroho
Pisang Goroho

Harga : ± Rp. 10.000 – Rp. 30.000

Baca Juga :   9 Oleh-oleh Khas Kendari Terpopuler, Wajib Dibawa Pulang

Goroho merupakan salah satu jenis pisang Gorontalo dan sangat populer di Sulawesi Utara. Pisang ini bisa diolah dengan cara direbus, digoreng, dibakar maupun dijadikan kripik. memiliki indeks glikemik yang rendah, pisang goroho cocok dikonsumsi penderita diabetes.

Setelah digoreng tipis-tipis, biasanya pisang goroho disajikan bersama sambal roa. Tak hanya ditemukan di Manado, kamu dapat menemukannya di Bitung juga lho!. Rasa khasnya tentu akan membuatmu serasa di Sulawesi lagi. 

8. Panada

Panada
Panada

Harga : ± Rp. 10.000

Makanan ini berasal dari Empenada, yaitu makanan khas Portugis berupa roti isi ikan. Bentuknya mirip pastel, hanya saja isi panada adalah ikan cakalang dibumbui panpis. Makanan peninggalan Portugis ini ternyata digemari masyarakat sulawesi dan wisatawan.

Selain menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Bitung, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Hanya saja, mungkin isian yang digunakan sedikit berbeda dengan yang ada di Sulawesi.

9. Pala Manis

 Pala Manis Khas Bitung
Pala Manis

Harga : ± Rp. 40.000

Buah pala menjadi kudapan ringan yang lezat dan banyak digemari tidak hanya di Indonesia, tetapi juga luar negeri. Pala manis memang sudah lama menjadi produk impor ke negara-negara tetangga. Cemilan ini berupa irisan tipis buah pala yang diolah dengan cairan gula sebagai pemanis.

Tampilan dan rasa pala manis ini berbeda dengan manisan pala di tempat lain. Pala manis sudah banyak varian seperti campuran asam-manis atau pedas-asam. Sehingga, menjadikannya oleh-oleh khas Bitung adalah pilihan yang menarik!.

10. Sambal Roa

Sambal Roa
Sambal Roa

Harga : ± Rp. 35.000 – Rp. 65.000

Sambal roa sangat populer di Sulawesi dan sudah dikenal banyak orang. Sehingga kamu bisa menemukannya di berbagai daerah di Sulawesi. Terbuat dari olahan ikan roa yang sudah diasapi dan dibumbui, sambal roa bisa tahan selama enam bulan hingga satu tahun.

Baca Juga :   22 Oleh-oleh Khas Makassar, Mulai Kuliner Hingga Cinderamata

Sambahl ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Bitung karena bisa dinikmati deengan berbagai hidangan. Entah itu makanan atau cemilan ringan, sambal roa pasti membuatmu ketagihan menyantap kudapan apapun!.

11. Kain Bitung

Kain Bitung
Kain Bitung

Harga : bervariasi

Kain motif khas menjadi cinderamata yang banyak diburu wisatawan. Salah satu kekayaan budaya di Bitung adalah Kain Bitung. Motif kain ini menggambarkan aktivitas, identitas dan budaya masyarakat Kota Bitung.

Setidaknya ada beberapa seri kain yang sudah dikeluarkan. Beberapa seri kain tersebut memiliki motif berbeda seperti motif pohon kelapa, cengkih, coelacanth (ikan purba), tarsius, pohon aren, kuda laut, yaki dan sebagainya. Oleh-oleh khas Bitung ini pasti akan menjadi cinderamata yang angat istimewa!

Berbagai motif tersebut saling berkombinasi menciptakan corak yang unik dan cantik. Bagi kamu yang suka mengoleksi barang etnik, jangan lupa membawa satu kain batik khas Bitung ini ya!

12. Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan Bitung
Kerajinan Tangan Bitung

Harga : bervariasi

Bukan hanya hasil lautnya saja, ada berbagai kerajinan tangan unik yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Bitung. Berbagai kerajinan berbahan kayu, bambu, hingga botol bekas bisa kamu temukan disini.

Kamu bisa menemukan souvenir bergambar tarsius, coelacanth dan sebagainya, dalam bentuk tempat pena, gantungan kunci, kaos dan aksesoris lain.

Itu adalah 10 oleh-oleh khas Bitung yang bisa kamu cari sebelum meninggalkan kota Serbadimensi. Tak berbeda dengan Manado, Bitung kaya akan kuliner khas. Namun, kamu bisa mendapatkan cinderamata lain yang menggambarkan kota Bitung secara keseluran, di pusat oleh-oleh terdekat. Semoga artikel oleh-oleh khas Bitung bermanfaat!

Share:
error: Content is protected !!