Mencari oleh-oleh khas Palu?. Cek yuk berbagai oleh-oleh mulai dari kuliner hingga aksesoris yang menjadi favorit wisatawan!.

Bentang alam Kota Palu yang indah dan lengkap menghadirkan banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Itulah kenapa kota ini tidak pernah sepi wisatawan dari berbagai daerah. Namun, liburan ke Palu seperti kurang lengkap tanpa membawa cinderamata. Bagaimanapun juga, oleh-oleh menjadi hal wajib yang harus dibawa pulang.

Keindahan Kota Palu bisa menjadi destinasi wisatawan saat liburan di Sulawesi. Ibukota Sulawesi Tengah berjuluk Kota Lima Dimensi ini terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan dan teluk. Jangan hanya menikmati wisatanya saja tanpa pulang membawa oleh-oleh guys!. Banyak oleh-oleh khas Palu yang bisa kamu pilih, mulai makanan ringan hingga aksesoris. Berikut oleh-oleh Kota Palu favorit wisatawan :

Oleh-oleh Khas Palu Terpopuler

1. Olahan Ikan Roa

sambal roa
Sambal Roa

Harga : Rp 18.000 – Rp.100.000

Olahan ikan roa adalah salah satu oleh-oleh khas Palu terbaik yang bisa dicoba. Jenis ikan terbang ini memiliki tekstur alot dan cenderung keras jika dipegang. Jika ingin mencoba kuliner bahari, cobalah ikan roakarena ikan ini hampir ada di seluruh kota besar pulau Sulawesi. Biasanya ikan roa dimasak dalam bentuk rica-rica ikan hingga diolah menjadi sambal roa. Sambal roa bisa tahan selama enam bulan, sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang

2. Bawang Goreng khas Palu

bawang goreng palu
Bawang Goreng Khas Palu

Harga : Rp 30.000 – Rp 35.000

Meski bawang goreng terdengar sederhana, tetapi ada ciri khas lain di Palu. Kota Palu merupakan salah satu kota penghasil bawang merah terbesar di Indonesia. Maka jangan heran kalau banyak produsen bawang goreng di kota ini. Bawang goreng khas Palu memiliki aroma sedap, renyah dan gurih. Agar tau bedanya dengan bawang goreng lain, jangan lupa untuk mencobanya ya!

Baca Juga :   20 Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya yang Super Ciamik

3. Cokelat Banua

coklat banua
Cokelat Bagea

Harga : Rp >Rp.10.000

Bagi yang suka manis, coklat Banua hadir untuk kamu. Makanan ringan kaya kalori ini merupakan oleh-oleh favorit di Sulawesi Tengah yang banyak diburu wisatawan lho!. Tapi, jangan harap rasanya semanis coklat batang pada umumnya ya. Coklat Banua berasal dari biji kakao asli, sehingga rasanya sedikit pahit. Rasa alami ditambah minim pemanis, kamu akan menikmati citarasa asli coklat yang pasti akan membuatmu ketagihan.

4. Cemilan Kacang Goyang

kacang goyang
Kacang Goyang

Harga : Rp 15.000 – Rp 75.000

Cemilan unik ini juga cocok kamu bawa pulang. Kemasan praktis dan bentuk yang menarik pantas dijadikan buah tangan untuk keluarga. Memiliki tekstur unik dan warna beragam, menjadikan kacang goyang banyak diburu wisatawan. Setelah disangrai, kacang digoyang dalam baskom agar kacang terselimuti gula. Itulah kenapa cemilan ini dinamakan kacang goyang. Tidak hanya di Palu, kacang goyang juga ada di pusat oleh-oleh Manado dan beberapa kota besar Sulawei lainnya. 

5. Olahan Daun Kelor

olahan daun kelor
Stik Daun Kelor

Harga : bervariasi

Di Jawa, daun kelor banyak dimanfaatkan sebagai resep sayur. Beda halnya di Palu, kamu justru akan menjumpai banyak olahan daun kelor. Daun kaya manfaat ini hadir dalam aneka rupa, seperti dodol kelor, pia kelor, kerupuk daun kelor, teh kelor, coklat kelot, keripik dan stik kelor. Olahan daun kelor menjadi oleh-oleh unik khas Palu yang wajib dibawa pulang!.

6. Kue Bagea

bagea
Kue Bagea

Harga : Rp 18.000 – Rp 40.000

Di Makassar, kue bagea berbahan dasar sagu dengan tekstur keras. Di Palu, pembuatan kue bagea dipadukan dengan kacang. Cemilan tradisional Sulawesi ini biasanya dihidangkan bersama teh. Untuk menikmatinya hanya dicelupkan lebih dahulu pada teh sebelum dikonsumsi. Ada banyak varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera, mulai dari original, keju dan lain sebagainya. Kue dengan tekstur yang keras lebih banyak digemari di kalangan anak muda ketimbang orang tua atau lansia.
 

Baca Juga :   10 Tempat Wisata di Palu Terbaru yang Lagi Hits

7. Keripik Buah Naga

keripik buah naga
Keripik Buah Naga

Harga : Rp 10.000 –  Rp 30.000

Buah naga dikenal memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh. Di Palu, kamu bisa menikmati buah naga dalam bentuk keripik. Tanaman pokok kota palu ini cukup hits di kalangan wisatawan. Meski tidak sepopuler keriping pisang dan keripik singkong, oleh-oleh unik khas Palu ini wajib dicoba karena rasanya sedikit berbeda dengan buah naga. Rasa yang lebih gurih dan enak pasti akan membuat ketagihan.

8. Kerajinan Tangan Kayu Hitam

kerajinan kayu hitam
Kerajinan Tangan Bentuk Kapal

Harga : bervariasi

Tidak hanya cemilan saja, tetapi kamu juga bisa mendapatkan kerajinan unik di Palu berupa ukiran kayu hitam. Ukiran kayu ini terbuat dari kayu eboni yang memiliki tekstur keras, sehingga cocok untuk bahan kerajinan. Ada banyak kreasi produk kerajinan kayu hitam yang bisa kamu pilih, seperti hiasan dinding, jam dinding, patung, topeng, gantungan kunci dan sebagainya.

9. Kain Tenun Khas Palu

kain tenun khas palu
Kain Tenun Khas Palu

Harga : bervariasi

Kain tenun masih menjadi oleh-oleh wajib saat berkunjung ke Sulawesi, karena memiliki ciri khas motif tenun yang khas. Selain motif, perbedaan kain tenun ada pada warna dan corak kain tenun. Biasanya, kain tenun khas Palu berwarna cerah. Harga kain tenun bervariasi tergantung ukuran, corak dan kualitas bahan. Tenunan juga tidak melulu kain tetapi ada juga sarung khas yang berasal dari Donggala di pusat oleh-oleh Kota Palu. 

10. Berbagai Aksesoris

kaos palu
Kaos Kota Palu

Harga : bervariasi

Terakhir, kamu bisa mendapatkan oleh-oleh lain yang tak kalah menarik khas Kota Palu. Berikut beberapa aksesoris yang bisa kamu dapatkan :

  • Bingga : Kerajinan anyaman bambu berbentuk bakul untuk menyimpan benda.
  • Kaos : Kaus bermotif khas Palu. 
  • Tapi : Alat untuk menampi beras.
  • Toru : Penutup kepala berbahan daun lontar yang memiliki model sayap lebar. 
  • Ompa : Tikar dari anyaman daun rami. 
Baca Juga :   Top 13 Tempat Wisata di Kendari dengan Pesona Menawan

Itu adalah 10 oleh-oleh terbaik khas Kota Palu yang bisa menjadi pilihan saat kamu liburan ke Ibukota Sulawesi Tengah. Kamu bisa membelinya di pusat oleh-oleh Palu. Pusat oleh-oleh menjual aneka produk khas Palu dan daerah disekitarnya seperti Donggala.

Menjadi salah satu kota tujuan wisata di Sulawesi Tengah, kamu bisa mendapatkan oleh-oleh tersebut dengan harga terjangkau. Sedangkan untuk beberapa barang seperti kain tenun dan kerajinan kayu hitam, harga menyesuaikan ukuran dan kualitas bahan. Jadi, kamu mau membeli yang mana nih?

Share:
error: Content is protected !!