Wisata Bau Bau sangat beragam. Kamu bisa mengunjungi wisata alam, sejarah dan edukasi. Bahkan di Bau Bau juga ada benteng terluas di dunia.

Wisata Bau Bau tidak hanya berupa benteng dan peninggalan bersejarah saja. Berada di Pulau Buton, kota yang dijuluki Seribu Benteng ini memiliki banyak pesona alam yang patut diacungi jempol. Alamnya yang indah membuat wisata bahari di kota ini terkenal di kalangan wisatawan domestik hingga mancanegara.

Dulunya, Kota Bau Bau merupakan pusat Kerajaan Buton yang berdiri pada abad ke-15. Sisa kejayaan kerajaan ini bisa dilihat dari berbagai peninggalan yang ada seperti benteng, tempat tinggal raja, masjid, benda-benda perang dan sebagainya. Bahkan, disini pula terdapat benteng terluat di dunia lho!

Disini kamu memang akan menemui sisa benteng-benteng yang masih kokoh. Disamping itu, ada banyak wisata Bau Bau yang sudah dikembangkan oleh pemerintah daerah untuk menarik wisatawan yang datang. Sehingga, disini kamu tidak hanya wisata alam saja, tetapi juga wisata sejarah dan edukasi yang akan menyempurnakan liburanmu!

Tempat Wisata Bau Bau

1. Air Terjun Kogawuna

Air Terjun Kogawuna
Air Terjun Kogawuna

Lokasi : Lakologou, Kec. Kokalukuna, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Memulai petualanganmu, kunjungilah wisata Bau-bau yang sangat mengasyikkan ini. Dibuka setelah mendapat ijin pada tahun 2020, tempat wisata alam ini ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi, untuk ke lokasi hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota.

Air Terjun Kogawuna kerap disebut pemandian Kogawuna. Hal ini karena di bawah air terjun yang memanjang terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang, Air terjun bertingkat yang indah, suasana yang sejuk dan area yang mudah dijangkau, tak ada alasan untuk tidak mengunjunginya!

2. Air Terjun Kanari

Air Terjun Kanari
Air Terjun Kanari

Lokasi : Kaisabu Baru, Kec. Sorawolio, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)

Wisata Bau bau ini terbilang baru, karena baru diketahui setelah adanya akses jalan lingkar yang menghubungkan Kecamatan Sorawolio dan Bungi. Untuk menikmati keindahannya, kamu harus berjalan sekitar setengah kilometer guys!. Air terjun ini masih terus dikembangkan untuk menjadi salah satu wisata andalan di Bau bau!

3. Air Terjun Tirta Rimba

Air Terjun Tirta Rimba
Air Terjun Tirta Rimba

Lokasi : Kadolomoko, Kec. Kokalukuna, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap Hari 07.00 – 17.00
HTM : ±Rp. 2.000

Wisata Bau bau ini menawarkan eksotisme alam serta petualangan yang mengasyikkan!. Air terjun populer di Bau bau ini memiliki tinggi sekitar 6 meter dan lebar 5 meter. Di bawahnya, ada kolam besar yang dilengkapi papan untuk meluncur. Berada di daerah konservasi, tempat ini sangat sejuk dan bersih.

Baca Juga :   22 Destinasi Liburan di Sulawesi Tengah yang Paling Populer

Tak hanya dapat merasakan kesejukan saja, kamu akan mendengar kicauan burung-burung yang membuat suasana semakin damai. Kamu juga bisa jelajah sungai dan jelajah hutan di tempat ini. Bagi kamu yang suka berpetualangan, tempat ini cocok untukmu!

4. Batu Poaro

Batu Poaro
Batu Poaro

Lokasi : Jl. Panglima Polim No.66, Wameo, Kec. Murhum, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap Hari 08.00 – 00.00

Wisata Bau bau ini bisa menjadi wisata religi maupun wisata sejarah. Menurut kisahnya, batu yang ada pesisir laut ini pertanda hilangnya penyiar Agama Islam yaitu Syech Abdul Wahid. Poaro sendiri berasal dari Apoaromo te Opuna yang berarti sudah berhadapan dengan Tuhannya. Tak hanya namanya saja, ada tradisi Batu Puaro yang rutin dilakukan masyarakat sekitar.

Tradisi ini untuk mengingat Syech Abdul Wahid. Acara diawali dengan mengangkat talang barisi sesajen dari masjid ke tempat ritual bdudaya di tepi laut Wameo. Tradisi ini muncul sejak tahun 1526 dan masih dilestarikan hingga kini.

5. Batu Sori

Batu Sori
Batu Sori

Lokasi : MJ7X+HCJ, Jl. Kolagana, Palabusa, Kec. Bungi, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
HTM : ±Rp. 5.000

Ingin wisata bahari yang indah dan menyenangkan?, datanglah ke Batu Sori. Wisata Bau bau ini memang dikenal akan keindahan panoramanya yang indah. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, mulai camping, mancing, bersantai, kuliner hingga snorkeling.

Adanya beberapa warung dan gazebo akan membuat wisatamu semakin nyaman. Disini juga ada jembatan penyeberangan bagi kamu yang ingin menyusuri pantai. Bahkan kamu bis amenyusuri jembatan hingga ke pulau kecil di dekat pantai. Menarik bukan!

6. Benteng Baadia

Benteng Baadia
Benteng Baadia

Lokasi : GJ72+W53, Baadia, Kec. Murhum, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Jejak sejarah masih bisa kamu lihat di Bau bau, salah satunya Benteng Baadia yang didirikan oleh Sultan Buton XXIX. Berada di selatan Keraton Buton dengan luas sekitar 4.389 meter, benteng ini dibuat dari batu karang dengan campuran putih telur. Tinggi benteng yang dibangun sebagai pertahanan dari serangan bajak laut sekitar 7-8 meter dengan ketebalan 1 meter.

Di tengah benteng terdapat puing bangunan pesantren. Namun kini bagian dalam benteng sudah menjadi area perkebunan. Jadi, kebanyakan wisatawan hanya melihat benteng kokoh ini dari luarnya saja. Namun, jika kamu kesana, jangan segan untuk kedalam sembari melihat perkotaan dari ketinggian.

Baca Juga :   15+ Makanan Khas Gorontalo yang Populer untuk Wisata Kuliner

7. Benteng Keraton Buton

Benteng Keraton Buton
Benteng Keraton Buton

Lokasi : Jalan Labuke, Melai, Murhum, Melai, Kec. Murhum, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap Hari 04.00 – 22.00
HTM : ±Rp. 5.000

Ingin mengunjungi tempat bersejarah lagi? kunjungilan Benteng Keraton Buton. Wisata Bau bau ini memiliki bentuk yang unik karena terbuat dari batu kapur. Berbentuk lingkaran dengan keliling 2.740 meter, Benteng Keraton Buton mendapat penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) dan Guiness Book Record sebagai benteng terluas di dunia.

Terletak di atas bukit Wolio setinggi 100 mdpl, benteng ini merupakan wisata unggulan Kota Bau bau dan sudah dikunjungi wisatawan di berbagai penjuru dunia. Disini, kamu dapat menikmati pemandangan dari setinggian, sekaligus merasakan gagahnya Kerajaan Buton pada masa lalu.

8. Bukit Alam Pantai Kolagana

Bukit Alam Pantai Kolagana
Bukit Alam Pantai Kolagana

Lokasi : Jl. Kolagana, Palabusa, Kec. Bungi, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : Kamis – Minggu 08.00 – 18.00
HTM : ± Rp. 10.000

Wisata Bau Bau ini memiliki pemandangan indah, mulai dari pantai, laut hingga hijaunya pepohohan yang menghiasinya. Disini, kamu tidak hanya bisa bermain di pantainya, tetapi juga bisa menikmati panoramanya yang super aduhai dari ketinggian. Dari Puncak Tebing Kolagana, kamu akan melihat gugusan pulau di sekitar Pantai Kolagana yang bakal mamanjakan mata.

Tentunya butuh perjuangan untuk naik ke puncak tebing guys. Kamu perlu mendaki sekitar 30 menit. Di tempat ini, kamu tidak akan bosan dengan nuansa yang ditawarkan. Tidak hanya bermain di pesisir pantainya, berantai menikmati surga kecil Bau bau juga sayang untuk dilewatkan.

9. Bukit Kolema

Bukit Kolema
Bukit Kolema

Lokasi : Jl. Anoa No.7, Kadolomoko, Kec. Kokalukuna, Kota Bau-Bau (Map : Klik Disini)

Dulu, bukit ini terkenal angker karena banyak kecelakaan lalu lintas yang terjadi di poros jalan tersebut. Kini, jalanan yang dulunya disebut tanjakan maut tersebut disulap menjadi area yang nyaman untuk melepas lelah. Menghadap ke laut lepas, kamu bisa menyaksikan aktivitas kapal-kapal di Pelabuhan Murhum Bau Bau.

Ketika malam, germelap lampu-lampu terasa indah untuk dilihat. Sudah terdapat beberapa penjaja makanan yang siap untuk mengobati lelahmu sekaligus menjadi jujugan ketika otak butuh relaksasi.

10. Bukit Wantiro

Bukit Wantiro
Bukit Wantiro

Lokasi : Jl. Anoa, Kadolomoko, Kec. Kokalukuna, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap hari 15.30 – 23.00

Ingin menikmati sunset indah selain di pantai?, Bukit Wantiro bisa menjadi solusinya. Pernah dikenal angker sebelumnya, wisata Bau Bau ini disulap menjadi tempat yang menawan dengansuguhan panorama senja yang indah. Kamu bisa menikmati pemandangan sambil mencoba jajanan ringan di sekitar bukit.

Baca Juga :   20 Wisata Palopo Paling Recommended untuk Traveler

Tak hanya senja yang indah, Teluk Bau Bau yang cantik juga bisa disaksikan. Lampu-lampu nelayan kan kapal semakin mempercantik suasana. Jangan lupa ajak keluarga maupun pasanganmu untuk menikmati senja romantis ya guys!.

11. Cagar Alam Wakonti

 Cagar Alam Wakonti
Cagar Alam Wakonti

Lokasi : Kadolokatapi, Kec. Wolio, Kab. Baubau.

Menikmati hutan lindung untuk mengenal flora dan fauna di Bau Bau sangat direkomendasikan!. Wisata Bau Bau satu ini terbilang istimewa, karena memiliki berbagai pohon langka dan fauna langka seperti kuskus, kupu-kupu dan aneka burung. Cagar alam ini bisa menjadi tempat edukasi yang bagus karena di dalamnya juga terdapat tempat penelitian.

Ekosistem yang masih alami dengan nuansa sejuk bakal membuatmu betah menjelajahinya. Terdapat pula pohon langka berwarna loreng seperti baju tentara. Konon pohon loreng itu merupakan sebuah kutukan karena dulu disekitarnya menjadi tempat tinggal penjajah. Penasaran?, jangan lupa berkunjung ya!.

12. Goa Lanto

Goa Lanto
Goa Lanto

Lokasi : Jl. Anoa, Kadolomoko, Kec. Murhum, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : Senin – Sabtu 09.00 – 17.00

Jika berenang di kolam renang terlalu mainstream, cobalah melakukannya di Goa Lanto. Goa ini memiliki air dalam yang menyegarkan dan cocok untuk berenang maupun menyelam. Salah satu wisata Bau Bau ini memiliki kedalaman sekitar 12 meter, sehingga tidak boleh sembarangan jika ingin diving.

Goa berbentuk seperti liang yang menuju ke bawah ini memiliki air yang menyegarkan. Goa Lanto memiliki panjang sekitar 100 meter. Jika menyelam sampai ujung, akan tembus ke Goa Moko. Tertarik mencoba?.

13. Gua Lakasa

Gua Lakasa
Gua Lakasa

Lokasi : Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.00 – 18.00
HTM : ± Rp. 10.000

Wisata Bau Bau ini tak kalah menarik dengan Goa Lanto, hanya saja kamu perlu fisik yang bagus untuk melewati tantangannya. Medan ke gua ini cukup terjal, sehingga kamu disarankan menggunakan sepatu dan pakaian yang nyaman.

Gua Lakasa memiliki stalagtit dan stalagmti yang indah. Tak hanya menikmati cantiknya dalam gua, kamu juga bisa berenang di mata air jernih. Gua ini memiliki kedalaman mencapai 120 meter. Sehingga kamu perlu perjuangan ekstra sekaligus berhati-hati untuk ke tempat ini.

Share:
error: Content is protected !!