Wisata Bau Bau sangat beragam. Kamu bisa mengunjungi wisata alam, sejarah dan edukasi. Bahkan di Bau Bau juga ada benteng terluas di dunia.

14. Goa Moko Nirwana

Goa Moko Nirwana
Goa Moko Nirwana

Lokasi : Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap hari 08.00 – 18.00

Berada di bagian belakang Pantai Nirwana, wisata Bau bau ini memiliki banyak keunikan. Di dalam dasar goa, terdapat berberapa benda-benda msaa lalu seperti guci dan keramik Cina. Namun, guci dan keramik tersebut kini sudah disimpan di tempat lain.

Memilki kedalam sekitar 50 meter, kamu harus free dive untuk bisa melihat dasar gua. Bagi yang ingin menyelam, tetap harus berhati- hati karena tekstur batuan di sekitar goa cukup terjal. Jika tertarik ketempat ini, Jangan sampai tidak merasakan kesegaran airnya yang berwarna biru tosca ya!

15. Hutan Pinus Samparona

Hutan Pinus Samparona
Hutan Pinus Samparona

Lokasi : Kaisabu Baru, Kec. Sorawolio, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Hutan Pinus Samparona merupakan salah satu wisata Bau Bau yang cocok untuk liburan keluarga maupun komunitas. Disini terdapat banyak aneka wahana asyik, seperti panahan, taman kelinci, ATV dan sebagainya. Tempat ini juga menyediakan camp area bagi kamu yang ingin menikmati suasana alam lebih lama.

Terdapat fasilitas yang cukup lengkap diantaranya kamar mandi umum, tempat makan, ATM, dst. Wisata andalan Bau Bau didekorasi ala kekinian. Jika kamu ingin wisata seru bernuansa sejuk, bisa datang ke hutan pinus ini guys!.

16. Hutan Pinus Gonda

Hutan Pinus Gonda
Hutan Pinus Gonda

Lokasi : Gonda Baru, Kec. Sorawolio, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap hari 24 jam

Seperti wisata berkonsep hutan pinus lainnya, wisata Bau Bau ini mampu menjadi daya tarik dengan desain ala kekiniannya. Di tempat ini terdapat spot-spot instagramable yang biasa menjadi jujugan anak-anak muda. Udara sejuk dan tempat teduh bisa menjadi tempat refrehing yang menarik, meski tidak sepenuhnya alami.

17. Istana Malige

Istana Malige Bau Bau
Istana Malige

Lokasi : Tomba, Kec. Wolio, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Jika sebelumnya ada benteng, kini ada Istana Sultan Buton ke-38 yang bisa kamu kunjungi selanjutnya. Wisata Bau bau ini berupa rumah adat Buton yang seluruhnya terbuat dari kayu. Meski didirikan tanpa pengait, istana empat lantai ini mampu berdiri kokoh yang megah.

Baca Juga :   15+ Tempat Wisata di Bitung Terpopuler, Pilihan di Musim Liburan

Tak hanya bangunan yang unik, hiasan pada Rumah Malige juga terbilang unik. Hiasan yang ada berupa ukiran buah nanas, buah butun, motif kelopak teratai, motif daun ake dan motif batik, yang semuanya memiliki filosofi masing-masing. Bagi kamu yang suka sejarah dan budaya, jangan lupa mengunjungi hunian Sultan Buton ini guys!

18. Masjid Quba

 Masjid Quba Bau Bau
Masjid Quba

Lokasi : JL. La Balawo, Baadia, Kec. Murhum, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Sekilas, masjid ini seperti rumah warga. Padahal, bangunan berukuran 14 x 15 meter ini memiliki nilai sejarah lho!. Dulunya, masjid ini menjadi tempat beribadah Sultan dan keluarganya. Namun, seiring berkembangnya penduduk, masjid inipun dibuka untuk umum sampai sekarang.

Masjid ini tak hanya digunakan sebagai tempat bersembahyang, tetapi juga menjadi wisata religi yang banyak dikunjungi wisatawan. Di sektiar masjid, terdapat beberapa makam keluarga kerajaan, salah satunya Sultan Buton ke-29 yang memprakarsai pembangunannya.

19. Pantai Nirwana Bau Bau

Pantai Nirwana Bau Bau
Pantai Nirwana Bau Bau

Lokasi : Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 Jam
HTM : ± Rp. 5.000

Wisata Bau Bau ini merupakan pantai populer yang wajib kamu kunjungi!. Menyajikan pemandangan eksotis dengan pasir putih dan air yang jernih, membuatnya bagaikan sekeping surga di Bau Bau. Selain akses yang mudah, banyak hal yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini guys!.

Pemandangan indah menjadi daya tarik Pantai Nirwana Bau Bau. Selain itu, kamu bisa menikmati sunrise dan sunset yang menakjubkan. Ombaknya yang relatif tenang membuatnya aman untuk kegiatan berenang hingga free dive.

Fasilitas di objek wisata ini juga cukup lengkap untuk kenyamanan wisatawan. Namun, jangan hanya berdiam di pantai ini saja guys!, karena di dekat Pantai Nirwana ada Pantai Sulaa yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

20. Pantai Lakeba

Pantai Lakeba Bau Bau
Pantai Lakeba

Lokasi : Katobengke, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 Jam
HTM : ± Rp. 2.000

Baca Juga :   10 Makanan Khas Kendari yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

Kamu juga bisa bersantai di Pantai Lakeba yang tak kalah indah. Wisata Bau Bau ini seringkali dijadikan tempat untuk menikmati sunset. Pasir putihnya yang panjang dikelilingi pemandangan eksotis sanngat cocok untuk refreshing sembari menikmati suasana pantai. Di sekitar pantai juga terdapat restoran, cafe hingga penginapan untuk menyempurnakan liburanmu!.

21. Pantai Kamali (Patung Naga)

Pantai Kamali  Bau Bau
Pantai Kamali

Lokasi : Jl. Mayjend. Sutoyo, Wale, Kec. Wolio, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap hari 16.00 – 00.00
HTM : ± Rp. 10.000

Pantai di Bau Bau ini adalah salah wisata kebanggaan karena di sekitar pantainya terdapat patung naga berukuran besar yang menjadi ikon Kota Bau Bau. Menariknya, patung naga yang ada di Pantai Kamali hanya bagian kepala hingga perut. Sedangkan ekornya ada di depan kantor Wali Kota Buton yang terpaut 5 kilometer.

Wisata Bau Bau ini mungkin berbeda dari pantai lain, karena justru banyak dikunjungi saat malam hari. Selain itu, area pantai ini juga dijadikan sebagai alun-alun Kota Bau Bau. Saat malam, Pantia Kalami terang benderang oleh lampu para penjaja makanan layaknya pasar malam. Menarik bukan!

22. Pemandian Alam Bungi

Pemandian Alam Bungi Bau Bau
Pemandian Alam Bungi

Lokasi : Kecamatan Bau Bau.

Jika Air Terjun Tirta Rimba terlalu ramai, kamu bisa ke pemandian Bungi yang terpaut sekitar 3 km dari air terjun. Air sungai berwarna hijau tosca ini sangat jernih dan cocok untuk berenang. Ada beberapa curug yang tidak terlalu tinggi, tetapi memiliki pesona yang indah. Bagai yang ingin bersantai sekaligus menyepi dengan tenang, disini tempatnya guys!.

23. Puncak Indah Mardadi

Puncak Indah Mardadi  Bau Bau
Puncak Indah Mardadi

Lokasi : Desa LowuLowu, Kecamatan LeaLea, Kota Baubau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : Rp. 2.000

Meski sederhana, WIsata Bau Bau ini menjadi destinasi pilihan banyak anak muda. Pasalnya, di puncak bukit ini, angin sepoi begitu terasa diiringi kicauan burung-burung sekitar. Pemandangan Teluk Buton yang tenang dan pulau-pulau kecil lainnya menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi.

Baca Juga :   10 Wisata Unggulan Tana Toraja yang Paling Unik dan Berkesan

Tempat wisata yang bermula dari kebun pribadi in dibuka pada tahun 2005. Biasanya, wisatawan khusus datang untuk menikmati sunrise maupun sunset. Tempat wisata ini terus dikembangkan dengan meningkatkan fasilitas seprti kamar mandi, tempat duduk dan sebagainya.

24. Taman Bunga Yuranata

Taman Bunga Yuranata Bau Bau
Taman Bunga Yuranata

Lokasi : Jl. Purnawirawan, Palabusa, Kec. Bungi, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : Setiap hari 07.00 – 18.00
HTM : ± RP. 10.000

Kamu juga bisa menikmati keindahan lain dengan mengunjungi taman bunga Celosia. Wisata Bau Bau yang cantik ini adalah satu-satunya yang ada di Sulawesi Tenggara lho!. Seperti namanya, terdapat banyak bunga Celosia berwarna warni yang indah dipandang mata.

Tak hanya dapat menikmati keindahan bunga, disini kamu akan berwisata sambil edukasi. Butuh waktu sekitar 6 bulan untuk menunggu bunga benar-benar merekah, sebelum kering dan mari setelah 4 bulan mekar. Jadi jangan ragu untuk datang saat waktunya mekar ya!.

25. Taman Hijau Kotamara

Taman Hijau Kotamara Bau Bau
Taman Hijau Kotamara

Lokasi : Wameo, Kec. Murhum, Kota Bau-Bau. Map (Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Jika kamu mencari kawasan yang paling indah di Bau Bau, kunjungilah Kotamara. Wisata Bau Bau yang dibangun pada tahun 2010 ini menjadi tempat favorit banyak orang untuk bersantai, olah raga, nongkrong dan aktivitas seru lainnya. Disini kamu juga bisa menikmati sunset yang indah sambil menikmati kopi.

Kotamara adalah kawasan reklamasi pantai yang selalu ramai menjelang senja. Selain memiliki lintasan panjang, terdapat lapangan, masjid pinggir laut serta taman hijau untuk bersantai. Meski sepi malam hari, kawasan ini tetap aman karena ada penjagaan petugas. Jadi, hanya menikmati sunset di pantai saja ya!

Itu adalah beberapa tempat wisata di Bau Bau yang bisa menjadi destinasi liburan kamu di Sulawesi Tenggara. Mungkin masih banyak tempat wisata lain yang belum disebutkan. Namun, dari semua wisata Bau Bau yang ada, kamu harus mengunjungi wisata recommended diatas ya guys!. Semoga bermanfaat!

Share:
error: Content is protected !!