Oleh-oleh khas Kendari menjadi hal wajib yang perlu dibawa pulang selepas liburan. Selain jajajan, ada juga kerajinan tangan yang fenomenal!

Oleh-oleh khas Kendari menjadi hal wajib yang perlu dibawa pulang selepas liburan di Ibu Kota Sulawesi Tenggara ini. Memang tidak banyak oleh-oleh yang bisa kamu pilih, tetapi selalu ada yang menarik untuk kamu bawa pulang. Meski kebanyakan identik dengan oleh-oleh khas Sulawesi lain, Kendari tetap memiliki ciri khas.

Salah satu keunggulan Kendari adalah menjadi penghasil kacang mete paling besar di Indonesia. Tak hanya ada di pasar nasional, kacang mete Kendari juga sudah menembus pasar internasional. Maka jangan heran kalau ada banyak olahan kacang mete yang bakal kamu temukan di pusat oleh-oleh Kendari.

Namun, tidak hanya kacang mete yang menarik wisatawan disana guys!, kamu bisa menemukan oleh-oleh lain yang pastinya jarang ditemukan di daerah lain. Penasaran yuk simak apa saja yang bisa kamu temukan disana!

Oleh-oleh Khas Kendari

1. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak
Kerajinan Perak

Harga : > Rp.300.000

Selama ini kerajinan perak sering dikaitkan dengan Kotagede Yogyakarta. Namun, ternyata Kendari juga memiliki kerajinan perak (Kendari Werk) yang dibuat dengan komposisi perak tinggi. Bahkan kerajinan tersebut menjadi kerajinan asli Nusantara turun temurun, menjadikannya khas Kota Kendari.

Uniknya, kerajinan perak dibuat secara tradisional tanpa mesin otomatis. Pembuatan yang rumit dan diperlukan kesabaran tinggi, membuat hasil akhirnya begitu indah. Hasil produk perak ini seperti bros, cincing, anting, gelang dan perhiasan wanita yang digunakan untuk acara adat.

Selain itu ada juga yang berupa benda dekoratif seperti miniatur hingga barang fungsional. Menariknya produk kalung perak khas Kendari telah diakui UNESCO!. Meski semakin punah, mungkin kamu bisa menemukan produk perak di tempat-tempat tertentu.

2. Kerajinan Anyam

Kerajinan Anyam
Kerajinan Anyam

Harga : bervariasi

Seperti tempat wisata di Sulawesi yang lain, selalu ada kerajinan tangan untuk pilihan wisatawan. Jika sebelumnya ada kerajinan perak yang melegenda, kamu juga bisa mendapatkan hiasan dekoratif yang tak kalah unik. Kamu bisa mendapatkan berbagai miniatur hingga kerajinan anyam yang mulai dibangkitkan lagi oleh pemerintah kota.

Baca Juga :   22 Oleh-oleh Khas Makassar, Mulai Kuliner Hingga Cinderamata

Kerajinan anyam khas Kendari bisa kamu temukan dalam berbagai bentuk, seperti tas, dompet, tikar dan sebagainya. Ada kerajinan anyam bernama Sorume yang biasanya dibuat untuk keperluar tikar adat. Ada juga kerajinan anyam Nentu yang dulu pernah redup. Produk anyam unik ini bisa dijadikan oleh-oleh khas Kendari yang bisa kamu bawa pulang guys!.

3. Kain Tenun

Kain Tenun
Kain Tenun

Harga : > Rp.85.000

Produk kain tenun hampir menjadi barang yang wajib dibawa pulang saat kamu berlibur di Indonesia tengah dan timur. Beragam motif unik dan cantik menjadi ciri khas tersendiri yang berbeda dengan daerah lain. Kendari juga memiliki kain tenun khas yang bisa kamu tambahkan sebagai koleksi.

Di Sulawesi Tenggara, motif tenun yang terkenal adalah motif Tolaki. Masyarakat suku etnik Tolaki ini memiliki motif sarung khas yang disebut balo gambere dan barik subbek. Aneka kain tenun ini bisa kamu temukan di berbagai pusat oleh-oleh Khas Kendari yang ada disana.

4. Bagea

Bagea
Bagea

Harga : Mulai Rp.16.000

Berpindah ke jajanan, ada Bagea yang pasti sudah tidak asing bagi kamu yang akrab dengan Sulawesi. Kue tradisional khas Maluku ini bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Kendari selanjutnya. Meski beda daerah, bagea khas Kendari tentu punya keunikan karena ada variasi kacang mete.

Berbeda dari kue bagea yang ada di daerah lain, bagea Kendari ini memang dihias dengan kacang mete di bagian atasnya. Kue sagu bertekstur keras ini bisa kamu bawa pulang sebagai cemilan atau teman minum teh.

5. Brownte

Brownte
Brownte

Harga : ± Rp. 75.000

Memiliki nama yang unik, ini adalah gabungan dari brownies dan kacang mete. Rasa brownte berbeda dari kue brownies lainnya karena dipadukan dengan kacang mete kualitas terbaik khas Kendari. Banyak wisatawan memburu oleh-oleh khas Kendari ini. Rasa lembut dan gurih yang menjadi jajanan khas yang perlu kamu coba.

Baca Juga :   17 Makanan Khas Palu, Mulai Jajanan Ringan Hingga Menu Sehat

6. Karasi

Karasi
Karasi

Jika kamu tau kue rambut (kue jala), maka seperti itulah kue karasi. Kue karasi terbuat dari tepung beras, terigu, garam, gula dan vanili. Biasanya, karasi disantap sebagai cemilan maupun pencuci mulut setelah sarapan. Tak hanya di Kendari saja, kue ini banyak diburu wisatawan yang mengunjungi Wakatobi dan Buton.

7. Olahan Kacang Mete

Kacang Mete
Kacang Mete

Harga : ± Rp. 30.000/400 gr (mentah) ; ± Rp. 40.000/400 gr (matang)

Kacang mete menjadi oleh-oleh khas Kendari yang wajib kamu bawa pulang. Kualitas mete di Kendai sudah dikenal hingga dunia internasional. Jadi, kamu harus sesekali mengincipi aneka olahan kacang mete ini. Ada banyak olahan mete yang bisa kamu coba mulai dari bolu kukus mete, keripik mete, coklat kacang mete dan sebagainya.

Selain olahan, kamu bisa langsung membeli kacang mete dalam bentuk mentah maupun matang. Tak hanya akan mendapatkan kacangnya, penjual akan menunjukkan bagaimana mengolah kacang mete mentah dengan benar. Kacang mete dijual sekitar 30 – 40 ribu, sedangkan olahan mete harga bervariasi mulai Rp.15.000 tergantung jenisnya.

8. Abon Ikan Marlin

Abon Ikan Marlin
Abon Ikan Marlin

Harga : ± Rp. 25.000

Jika sebelumnya pernah mencoba abon sapi dan ayam, maka cobalah abon ikan marlin. Ikan marlin atau ikan sori ini bisa kamu konsumsi sendiri atau sebagai oleh-oleh khas Kendari untuk kerabat. Citarasa gurih dan nikmat pasti membuatmu ingin nambah.

9. Terasi Udang

Terasi Udang
Terasi Udang

Harga : Rp. 70.000 – Rp. 120.000 / kg

Produk terasi udang menjadi salah satu potensi Kota Kendari, karena tiap tahun kota ini bisa memproduksi ± 31,8 ton terasi. Kalau kamu penggemar sambal, maka terasi udang wajib kamu jadikan oleh-oleh khas Kendari. Bahkan, kamu tidak perlu kuatir baunya yang menyengat karena para penjual sangat lihai dalam packing.

Selain memiliki rasa dan bau yang khas, terasi ini dibuat dari udang-udang pilihan. Kamu bisa mendapatkan terasi udang di pasar tradisional maupun pusat oleh-oleh Kendari. Bahan campuran pelezat makanan ini pasti membuatmu ingin nambah!

Baca Juga :   Terkenal Enak, Ini 10+ Makanan Khas Makassar yang Wajib Dicoba

Itu adalah beberapa oleh-oleh terbaik khas Kendari yang bisa menjadi pilihan saat kamu liburan ke Ibukota Sulawesi Tenggara. Kamu bisa membelinya di pusat oleh-oleh Kendari. Pusat oleh-oleh menjual aneka produk khas Kendari dan daerah disekitarnya.

Share:
error: Content is protected !!