Tidak hanya unggul dalam budidaya perikanan, lokasi yang strategis membuat Palopo memiliki potensi wisata yang luar biasa. Berbagai wisata Palopo mampu membuat wisatawan berdecak kagum karena keindahannya.

Wisata Palopo sangat beragam dan bisa menjadi pilihan ketika liburan di Sulawesi Selatan. Letaknya yang berbatasan langsung dengan Teluk Bone membuat daerah ini penghasil rumput laut. Bahkan Palopo memiliki rumput laut Gracilaria dengan kualitas terbaik dunia!.

Tidak hanya unggul dalam budidaya perikanan, lokasi yang strategis membuat Palopo memiliki potensi wisata yang luar biasa. Berbagai wisata Palopo mampu membuat wisatawan berdecak kagum karena keindahannya. Tidak hanya wisata alam, Palopo juga memiliki peninggalan sejarah yang menarik.

Jalan-jalan ke Palopo tidak lengkap jika kamu tidak mengunjungi aneka wisata yang tersebar di seluruh penjuru kotanya. Dari pantai hingga gunung, kamu bisa mengeksplore sepuasnya keindahan kota berjuluk Kota Idaman ini.

Wisata Palopo

1. Air Terjun Latuppa

Air Terjun Latuppa
Air Terjun Latuppa

Lokasi: Latuppa, Kec. Mungkajang, Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Salah satu tempat wisata di Palopo ini wajib dikunjungi kalau kamu ingin menikmati suasana alam yang menyegarkan. Tidak perlu susah-susah trekking, kamu hanya perlu melewati jalan tangga hingga ke ujung jalan, tempat air terjun berada.

Disini, kamu bisa bermain air, mandi, atau hanya bersantai sambil menikmati pemandangan. Akses yang mudah membuat tempat wisata Air Terjun Latuppa cocok untuk liburan keluarga.

2. Agrowisata Latuppa

Agrowisata Latuppa
Waterboom Agrowisata Latuppa

Lokasi : Murante, Kec. Mungkajang, Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Ingin liburan keluarga yang asyik dan menyenangkan?, datanglah ke Agrowisata Latuppa. Waterboom Latuppa bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anak-anak karena menyediakan banyak wahana seru. Kedalaman kolam yang berbeda membuatmu juga bisa olah raga berenang dengan nyaman.

Wahana seperti splash, racing slide dan kolam arus menjadikan tempat ini begitu menarik. Dengan harga tiket sekitar Rp.50.000, kamu bisa berenang sepuasnya. Agrowisata juga menyediakan penginapan dengan harga terjangkau. Siap berlibur?.

3. Bukit Kambo

Bukit Kambo
Bukit Kambo

Lokasi: Kambo, Kec. Mungkajang, Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Wisata Palopo satu ini cocok bagi kamu yang ingin menikmati panorama pegunungan. Berada di ketinggian, Bukit Kambo menjadi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Tidak hanya menawarkan pemandangan alam, adanya bangunan villa unik dan kolam renang membuat tempat ini tampil eksklusif.

Namun, untuk berenang sesuka hati, kamu harus menginap di villa tersebut guys!. Biaya menginap semalam di villa Bukit Kambo sekitar Rp. 750.000 dan kamu bisa menikmati semua fasilitas yang tersedia. Jika kamu ingin masuk saja, kamu cukup merogoh sekitar Rp. 35.000 saja.

4. Bukit 513

Bukit 513
Bukit 513

Lokasi : Lebang, Kec. Wara Sel., Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Jika kamu ingin melihat Kota Palopo dari ketinggian, kamu juga bisa datang ke Bukit 513. Tempat wisata yang diresmikan pada 2015 ini merupakan salah satu wisata favorit di Palopo. Memiliki suasana asri, sudah terdapat fasilitas penunjang seperti gasebo dan spot foto menarik. Disini kamu bisa bercengkerama santai san asyik di tengah kawasan pegunungan yang sejuk.

5. Bukit Sampoddo

Bukit Sampoddo
Bukit Sampoddo

Lokasi: Jl. Sampoddo, Kecamatan Wara Selatan, Kab. Palopo.
Map : Klik Disini

Baca Juga :   7 Oleh-oleh Khas Tana Toraja yang Wajib Dibawa Pulang

Wisata Palopo satu ini bisa menjadi tujuan selanjutnya jika ingin menikmati pemandangan alam dari ketinggian. Berada di perbatasan Kabupaten Luwu, Bukit Sampoddo menawarkan tempat bersantai yang nyaman. Di sepanjang jalannya terdapat banyak pondok yang menawarkan arak manis dan jagung rebus.

Pemandangan Teluk Bone, sawah dan laut bisa dinikmati sembari menikmati jajanan ringan. Tak hanya gasebo penjaja makanan saja, ada hotel dengan fasilitas bar yang bisa dijadikan jujugan jika ingin menikmati suasana Bukit Sampoddo sepuasnya.

6. Gua Kallo Dewata

Gua Kallo Dewata
Gua Kallo Dewata

Lokasi: Desa Battang, Kecamatan Wara Barat

Berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat kota Palopo, gua ini adalah gua tertua di daerah tersebut. Bahkan, masyarakat sekitar percaya kalau gua tersebut tempat peristirahatan para dewa. Meski tidak banyak terdapat stalagtit dan stalagmit, gua ini cukup menarik ditelusuri karena terdapat ruangan segiempat, keris batu, perabot dan benda kuno lainnya.

Namun, untuk sampai ke Gua Kallo Dewata tidak mudah, karena harus melewati jalanan berkelok. Dulu gua ini digunakan sebagai benteng pertahanan dari serangan tentara Jepang dan Belanda. Uniknya, lorong dalam gua ini berhubungan dengan gua lain di Palopo meski berjauhan. Tapi, jangan menyusurinya sendiri ya!

7. Gunung Kambing

Gunung Kambing
Gunung Kambing

Lokasi : Salobulo, Kec. Wara Utara, Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Meski bernama Gunung Kambing, tempat ini bukanlah sarang kambing guys!. Wisata Palopo berketinggian sekitar 1.200 mdpl ini bisa menjadi tujuan jika kamu suka mendaki gunung. Trek yang terbilang ringan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai puncaknya.

Tak jarang, Gunung Kambing dijadikan tempat camp favorit wisatawan muda Palopo. Indahnya lampu-lampu malam Kota Palopo dan pemandangan sunrise yang menakjubkan membuat banyak orang ingin kembali menggapai puncaknya untuk menikmati indahnya sunyi.

8. Istana Kedatuan Luwu

Istana Kedatuan Luwu
Istana Kedatuan Luwu

Lokasi : Jl. Landau No.18, Batupasi, Kec. Wara Utara, Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Sesuai namanya, tempat ini adalah tempat bersejarah di Palopo yang dulunya menjadi tempat tinggal raja. Dibangun pada tahun 1920, tempat ini terbuat dari kayu yang zaman dulu pernah dibakar habis. Namun, untuk meningkatkan simpati masyarakat, bangunan ini dibangun kembali dan menjadi museum.

Museum yang dulunya bekas istana raja ini memiliki dua bangunan, satu arsitektur Eropa dan sebelahnya ada miniatur Saoraja (tempat keturunan raja). Di dalamnya, terdapat benda bersejarah Kedatuan Luwu. Tentunya kamu harus mengunjungi wisata Palopo ini untuk mengenal sejarah lebih dekat guys!

9. Kali Jodoh Latuppa

Kali Jodoh Latuppa
Kali Jodoh Latuppa

Lokasi: Murante, Kec. Mungkajang, Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Ini bukannya tempat dengan sarana cari jodoh, tetapi ada kisah di balik penamaan itu. Konon, ada kisah romantis tentang sepasang kekasih keturunan Tionghoa asal Palopo dan Toraja yang berlanjut hingga ke pelaminan. Ini yang membuat mitos bahwa yang datang ke Sungai Jodoh akan enteng jodohnya.

Wisata Palopo ini resmi dibuka pada tahun 1998 dan sudah terkenal hingga mancanegara. Suasana yang relatif sepi, air yang sejuk dan pemandangan yang asri membuat banyak orang tidak puas jika hanya datang sekali atau dua kali saja. Tertarik mencari jodoh disini?

Baca Juga :   9 Oleh-oleh Khas Kendari Terpopuler, Wajib Dibawa Pulang

10. Lapangan Pancasila

Lapangan Pancasila
Lapangan Pancasila

Lokasi: Baso Rahim, Kantor DPRD, Jl. Andi Tadda No.2, Tompotika, Kec. Wara, Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Ruang terbuka hijau ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Palopo untuk berjualan dan melakukan aktivitas seperti jogging dan lainnya. Sarana dan prasarana terus ditingkatkan untuk memaksimalkan fungsi Lapangan Pancasila. Kamu bisa jalan-jalan santai ke lapangan ini karena banyak penjaja makanan ringan yang bisa kamu coba sembari menikmati suasana kota Palopo.

11. Lereng Cinta

Lereng Cinta
Lereng Cinta

Lokasi : Jl. Andi Bintang, Mawa, Kec. Sendana, Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Bisa dibilang ini adalah wisata Palopo paling kekinian, karena menyediakan spot-spot menarik untuk berfoto berlatar pemandangan alam. Kawasan ini dulunya hanya kebun seorang Wakapolres Palopo. Kini, kebun tersebut dipoles menjadi tempat wisata unik dan menarik bagi kaum muda. Sesuai namanya, banyak simbol-simbol cinta untuk mengekspresikan cintamu!.

12. Masjid Jami Tua Palopo

Masjid Jami Tua
Masjid Jami Tua Palopo

Lokasi : Jl. Andi Djemma No.88, Batupasi, Kec. Wara Utara, Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Jika tadi ada Istana Kedatuan Luwu, maka ini adalah msajid tua peninggalan Kerajaan Luwu. Masjid ini dibangun oleh Datu Payung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi Sultan Abdullah Matinroe pada tahun 1604. Berbentuk bujur sangkar ini memakai arsitektur unsur Bugis, Jawa, Hindu dan Islam.

Sudah dilakukan beberapa kali renovasi pada masjid ini. Secara keseluruhan, bentuk arsitektur Masjid Tua Palopo menunjukkan nilai budaya lokal, tetapi bagian inti dari budaya setempat tidak berubah. Bangunan bersejarah ini menarik untuk dikunjungi karene berbeda dari yang lain guys!.

13. Museum Batara Guru

Museum Batara Guru
Museum Batara Guru

Lokasi : Batupasi, Kota Palopo, Sulawesi Selatan
Map : Klik Disini

Masih seputar Kerajaan Luwu, ada Museum Batara Guru yang wajib dikunjungi. Berada di dekat bekas istana raja, bangunan gaya Eropa ini memiliki banyak koleksi mulai koleksi prasejarah, heraldik, keramik, etnografi, naskah, numismatik dan foto. Tak hanya itu, terdapat fasilitas berupa ruang pamer, perpustakaan, mushola, ruang administrasi dan toilet. Berwisata sambil belajar?, kenapa tidak?.

14. Pantai Labomdo

Pantai Labomdo
Pantai Labomdo

Lokasi : Salekoe, Kec. Wara Tim., Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Beralihke pesisir, wisata Palopo satu ini bisa menjadi tujuan bagi kamu yang suka pantai. Berbagai fasilitas sudah tersedia di pantai ini seperti warung, gazebo, aula dan toilet. Ada pula miniatur binatang untuk wahana bermain bagi anak-anak.

Tidak hanya sebagai tempat wisata, biasanya aula juga disewa untuk acara. Pemandangan yang indah dan tenang membuat pantai Labombo cocok untuk rekreasi melepas penat.

15. Pemandian Alam Batu Papan

Pemandian Alam Batu Papan
Pemandian Alam Batu Papan

Lokasi: Padang Lambe, Kec. Wara Bar., Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Selain pemandian alam Latuppa, ada lagi pemandian alam Batupapan yang cukup menyedot perhatian wisatawan. Wisata Palopo iki mulai dikembangkan pemerintah daerah dengan melengkapi berbagai fasilitas yang ada.

Beberapa fasilitas antara lain gazebo di tepi sungai, sepeda gantung, menara pantau, kamar ganti, toilet dan sebagainya. Wisata ini ramai dikunjungi wisatawan saat liburan dan semakin istimewa karena panorama alam di sekitarnya.

Baca Juga :   Top 18 Tempat Wisata di Kendari dengan Pesona Menawan

16. Puncak Palopo (Puncak Battang)

Puncak Battang
Puncak Palopo (Puncak Battang)

Lokasi : Jl. Poros Rantepao-Palopo, Battang Bar., Kec. Wara Bar., Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Tempat ini merupakan wisata baru di Palopo yang menjadi favorit masyarakat. Berada di atas ketinggian, kamu dapat menyaksikan panorama puncak yang memanjakan mata. Di tempat in tersedia beberapa spot selfie, ayunan dan fasilitas penunjang lain. Jika ingin bersantai bersama kerabat, lokasi ini bisa jadi ide bagus guys!.

17. Pelabuhan Tanjung Ringgit

Pelabuhan Tanjung Ringgit
Pelabuhan Tanjung Ringgit

Lokasi : Tanjung Ringgit, PALOPO, Pontap, Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Sejak dulu pelabuhan Tanjung Ringgit memegang peranan penting bagi masyarakat Palopo. Disamping itu, pelabuhan ini juga memberi pesona keindahan alam yang memanjakan mata. Pesisir Teluk Bone yang dikelilingi pegunungan menjadi pemandangan cantik untuk dinikmati.

Maka tak jarang tempat ini banyak dikunjungi wisatawan yang hanya sekedar menikmati suasana di sekelilingnya. Jika bingung menghabiskan waktu soremu di Palopo, datanglah ke palabuhan Tanjung Ringgit yang menawarkan banyak pesona mengesankan.

18. Pulau Libukang

Pulau Libukang
Pulau Libukang

Lokasi : Temmalebba, Kec. Bara, Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Wisata Palopo ini bagaikan surga kecil bagi masyarakatnya. Dulu masyarakat yang tinggal di pulau Libukang terusir karena penjajahan Belanda. Kini, pulau yang tidak berpenghuni ini masih dijaga dan disakralkan oleh orang-orang Libukang. Ada makam leluhur di pulau Libukang yang masih dikunjungi untuk berziarah.

Di pinggir pantainya juga ada masjid yang masih bisa digunakan untuk beribadah. Pulau ini sangat bersih dan cantik. Kamu bisa naik ke puncaknya melewati ratusan anak tangga jika ingin melihat panorama lautan dari ketinggian.

19. Taman Segitiga

Taman Segitiga
Taman Segitiga

Lokasi : Binturu, Kec. Wara Sel., Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Menikmati sore di kota Palopo, kamu bisa mengunjungi Taman Segitiga. Taman ikonik ini tidak hanya cocok untuk bersantai tapi juga untuk swafoto khas di Kota Idaman ini. Daya tarik taman ini adalah adanya tulisan Love Palopo City yang keren untuk dijadikan objek foto. Jadi, jangan lupa untuk mampir ke taman ini ya!

20. Taman Kirab

Taman Kirab
Taman Kirab

Lokasi : Palopo, Batupasi, Kec. Wara, Kota Palopo.
Map : Klik Disini

Selain taman Segitiga, ada juga taman Kirab. Tempat wisata di Palopo ini juga cocok untuk menghabiskan waktu sore. Area yang luas dan banyaknya penjaja makanan dan minuman membuat tempat ini pas untuk melakukan banyka aktivitas. Kamu bisa bersepeda, membaca buku, bersantai dan melakukan aktivitas lain yang menarik guys!.

Itu adalah beberapa tempat wisata di Palopo yang bisa menjadi destinasi liburan kamu di Sulawesi Selatan. Masih banyak tempat wisata lain yang tidak jauh beda dengan yang sudah disebutkan, seperti pemandian Bambalu, pemandian Bantole dan sebagainya. Namun, dari semua wisata palopo yang ada, kamu harus mengunjungi wisata recomended diatas ya guys!. Semoga bermanfaat!

Share:
error: Content is protected !!