Banyak wisata Samarinda yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, edukasi hingga budaya. Yuk ces destinasi apa saja yang cocok untukmu!

Wisata Samarinda beragam jenisnya. Tidak hanya wisata keluarga saja, tetapi juga wisata alam dan wisata budaya, Ibu Kota Kalimantan Timur ini dulunya menjadi bagian dari Kesultanan Kutai kertanegara ing Martadipura. Berjuluk Kota Tepian, ada berbagai wisata pilihan untuk dikunjungi disini.

Wisata alam mulai dari air terjun hingga wisata keluarga seperti waterpark ada di Samarinda. Di Kota Tepian ini kamu bisa sekedar bersantai, belajar, hingga berpetualang. Jadi jangan lupa untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Samarinda ini ya guys!

Wisata di Samarinda

1. Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah
Air Terjun Tanah Merah

Lokasi : Jalan Muara Badak, Tanah Merah, Samarinda Utara.
Map : Klik Disini

Salah satu wisata alam Samarinda ini sudah ditemukan sejak tahun 1975, tetapi ditetapkan sebagai objek wisata tahun 1989. Air terjun berketinggian sekitar 15 meter ini tekepung oleh tambang batu bara dan lahan gambut. Jadi warnanya cenderung keruh, sehingga siapapun tidak diperkenankan berenang.

Sudah ada berbagia fasilitas penunjang seperti area parkir, pendopo, warung dan sebagainya. Dulunya Air Terjun Tanah Merah menjadi wisata paling hits di Samarinda, tetapi setelah pandemi melanda lokasinya cenderung sepi. Ini saatnya untuk meramaikan kembali guys!.

2. Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu
Air Terjun Pinang Seribu

Lokasi : Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Berbeda dengan air terjun yang alirannya lurus ke bawah, air terjun Pinang Seribu justru memiliki kmiringan sekitar 45 derajat. Memiliki ketinggian hanya 4-5 meter saja, aliran airnya nampak seperti aliran sungai yang melalui batuan pengapitnya.

Suanasa sejuk di sekitar lokasi membuat siapapun betah berlama-lama. Selain itu terdapat danau buatan untuk permainan wahana yang mengasyikkan untuk dicoba. Wisata di Samarinda ini sangat cocok bagi kamu yang ingin liburan bersama keluarga!.

3. Air Terjun Berambai

Air Terjun Berambai
Air Terjun Berambai

Lokasi : Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Ingin merasakan kesegaran alam di Samarinda?, kunjungilah Air Terjun Berambai. Jika sebelumnya tidak diperkenankan berenang di air terjun, disini kamu bisa berenang sepuasnya di kolamnya yang tidak terlalu dalam. Dikelilingi dinding alami yang mengelilingimu, rasakan segarnya kolam pribadi!.

Memiliki ketinggian sekitar 5 meter, air terjun bertingkat ini terlihat sangat cantik di tengah lebatnya hutan. Tempat wisata di Samarinda ini cukup dikenal, tetapi akses jalan yang sulit dan trekking yang melelahkan harus siap kamu jalani untuk menyentuh keindahannya.

4. Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang
Desa Budaya Pampang

Lokasi : Jl. Wisata Budaya Pampang, No.32, RT.03, Kelurahan Budaya Pampang, Kec Samarinda Utara, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Baca Juga :   15 Oleh - Oleh Khas Balikpapan yang Wajib DIbawa Pulang

Liburan ke Samarinda belum lengkap kalau belum mengenal budayanya guys. Di Kota Tepian, kamu bisa mengunjungi Desa Adat Pampang yang paling mudah diakses dari Ibukota Provinsi Kalimantan Timur ini. Jika kamu suka wisata yang beda dari yang lain, desa adat ini wajib kamu kunjungi.

Kamu bisa menginap, menjelajah Sungai Pampang dan air terjunnya yang eksotis. Selain itu kamu bisa berbaur ikut masyarakatnya beraktivitas, belajar menganyam manik-manik hingga menyaksikan atraksi seni tari tradisional khas Suku Dayak Kenyah setiap Minggu siang. Menarik bukan?!

5. Jungle Water World

Jungle Water World
Jungle Water World

Lokasi : Km. 24, Guntunglai, Jalan Bontang – Samarinda, Tanah Merah, Samarinda Utara, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda,
Map : Klik Disini

Selain wisata alamnya yang mempesona, Samarinda juga memiliki wisata keluarga yang tak kalah asyik!. Seperti namanya, tempat wisata ini menawarkan taman bermain air seperti kolam renang, seluncuran dan aneka olah raga air. Tak perlu kawatir panas, tempat ini dikelilingi hutan tropis yang pasti semakin menyejukkan.

Harga tiket masuk Jungle Water World Samarinda bervariasi tergantung jumlah pengunjung, kalangan (lansia, balita, anak yatim, siswa sekolah) dan hari (Senin-Jumat ; Sabtu-Minggu ; tanggal merah). Jika datang ramai-ramai, ada paket outbond dan paket siswa sekolah yang direkomendasikan.

6. Jembatan Mahakam IV

Jembatan Mahakam IV
Jembatan Mahakam IV

Lokasi : Karang Asam Ulu, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Ini adalah ikon wisata di Samarinda yang wajib dikunjungi. Jembatan Mahakam IV sepanjang 150 meter umum sejak tahun 2019 ini menghubungkan Samarinda Kota dan Samarinda Seberang. Kamu bisa melihat kecantikan jembatan ini di malam hari. Ingin lebih berkesan?, telusuri saja Sungai Mahakam dengan kapal wisata yang tersedia!.

7. Jessica Water Park

Jessica Water Park
Jessica Water Park

Lokasi : Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Tak hanya Jungle Water, kamu bisa bermain wahana air di Jessica Water Park. Wisata baru di Samarinda ini memiliki sekitar tiga kolam renang dengan desain menarik agar anak-anak dapat bermain sepuasnya. Beberapa wahana yang tersedia antara lain waterboom, waterslide dan sebagainya. Harga tiket masuk Jessica Water Park sekitar Rp 40.000 di hari baisa dan akhir pekan.

8. Kampung Tenun Samarinda

Kampung Tenun Samarinda
Kampung Tenun Samarinda

Lokasi : Gg. Pertenunan Jl. Hos Cokro Aminoto, Rapak Dalam, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Baca Juga :   20 Wisata Banjarbaru Terbaru & Asyik untuk Liburan

Jika kamu suka dengan kain tenun tradisional, kamu bisa langsung datang ke Kampung Tenun Samarinda. Sesuai namanya, hampir semua penghuni rumah di kampung ini berprofesi sebagai penenun. Cara menenun secara tradisional bisa kamu amati sekaligus kamu coba.

Motif khas Kalimantan yang paling terkenal adalah motif batik Belang Hatta. Ada juga motif Ayam Pelopo, Garanso dan Burica. Selain belajar, kamu bisa membeli kain-kain tenun yang dijual disana.

9. Kebun Raya Unmul

Kebun Raya Unmul
Kebun Raya Unmul

Lokasi : Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Bagi yang suka petualangan, kamu bisa kunjungi Kebun Raya Unmul. Wisata Samarinda satu ini sangat menarik, karena kamu bisa meihat beberapa koleksi binatang seperti orang utan, kuda, buaya hingga elang kepala putih. Tempat wisata ini semakin cantik dengan adanya danau buatan yang tampak menyegarkan.

Tak hanya itu, ada museum yang menyimpan berbagai jenis kayu dari berbagai daerah di Kalimantan. Area yang luas dan udara segar akan membuatmu betah berlama-lama menyusuri Kebun Raya Unmul. Jika lelah, sudah ada gazebo dan penjaja makanan di sekitar tempat ini.

10. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda

Lokasi : Jl. Slamet Riyadi No.1, Tlk. Lerong Ulu, Samarinda Ilir, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Ini adalah masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid ini dibangun selama 7 tahun ini memiliki gaya arsitektur khas Turki dengan unsur Eropa, Timur Tengah dan Indonesia. Selain beribadah, kamu bisa duduk beristirahat sambil menikmati suasana tenang dan sejuk. Saat malam tiba, kemegahan masjid ini semakin terlihat kare lampu warna warni yang menghiasinya.

11. Patung Pesut Tepian

Patung Pesut Tepian
Patung Pesut Tepian

Lokasi : Depan Kantor Gubernur, Jl. Gajah Mada, Jawa, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Monumen ini melambangkan kota Samarinda, karena dulunya ikan pesut banyak terdapat di bantaran sungai Mahakam. Di dekat patung pesut ini terdapat taman yang area parkir yang cocok untuk bersantai sekedar nongkrong ringan. Banyak pedagang kaki lima di pinggir taman yang semakin melengkapi fasilitas area ini.

12. Pusat Kerajinan Sarung Samarinda

Pusat Kerajinan Sarung Samarinda
Pusat Kerajinan Sarung Samarinda

Lokasi : JL. Pangeran Bendahara, RT 02/ RW 01, Baqa, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Sarung Samarinda adalah kerajinan tangan khas Samarinda. Kain tradisional dini ditenun menggunakan gedokan (alat tenun bukan mesin). Jadi, untuk satu sarung, membutuhkan waktu berminggu-minggu tergantung motifnya. Maka jangan heran kalau harga satu sarung terbilang mahal mencapai ratusan ribu rupiah, karena pembuatannya juga tidak mudah guys!

13. Penangkaran Buaya Makroman

Penangkaran Buaya Makroman
Penangkaran Buaya Makroman

Lokasi : Makroman, Kec. Sambutan, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Baca Juga :   7 Pantai di Aceh ini Terkenal Cantik, Wajib Dikunjungi!

Wisata Samarinda satu ini cocok buat kamu yang ingin uji adrenalin. Di tempat ini ada tiga jenis buaya yaitu buaya muara, sepit dan siap. Tak hanya melihat, kamu juga bisa foto dengan buaya lho!. Penangkaran buaya Makroman ini dulunya dibuat untuk memenuhi kebutuhan kulit buaya. Kini semakin berkurangnya populasi buaya, maka dikembangbiakkan lagi di penangkaran ini guys!.

14. Teluk Lerong Garden

Teluk Lerong Garden
Teluk Lerong Garden

Lokasi : Jl. RE Martadinata, Tlk. Lerong Ilir, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Berada di Tepian Mahakam, area ini adalah salah satu tempat yang cocok untuk bersantai. Tempat wisata di Samarinda ini dibuka pada tahun 2014 dan selalu ramai mulai sore hingga malam hari. Keindahan lampu hias menambah keindahan tempat ini, membuatnya menjadi alternatif bersantai favorit warga Samarinda.

15. Tjiu Palace

Tjiu Palace
Tjiu Palace

Lokasi : Jl. Sultan Sulaiman No.6, Sambutan, Kec. Sambutan, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Tempat ini bukanlah istana megah, tetapi merupakan kolam wisata keluarga. Awalnya lokai ini adalah lokasi pemancingan saja, tetapi kini sudah dikembangkan menjadi tempat wisata dengan fasilitas yang cukup lengkap. Sudah ada aula, gazebo, warung hingga wahana perahu bebek yang mengasyikkan. Areanya cukup luas, jadi kamu bisa bersantai dengan puas!.

16. Tepian Mahakam

Tepian Mahakam
Tepian Mahakam

Lokasi : Jl. Gajah Mada, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Menghabiskan waktu sore dengan bersantai di tepi sungai Mahakam terdengar keren, apalagi jika dilakukan di Tepian Mahakam. Wisata Sulawesi ini menjadi salah satu tempat nongkrong yang mengasyikkan bagi kaum muda disana. Menikmati aliran air sambil makan cemilan dan minum secangkir kopi, pasti sangat menarik bukan?!

17. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau
Taman Rekreasi Lembah Hijau

Lokasi : Jl. Kebun Raya, Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.
Map : Klik Disini

Ini bukanlah area pegunungan guys, tetapi taman rekreasi yang dipadukan dengan nuansa alam. Wisata Samarinda satu ini memang menarik karena ada banyak spot yang tersedia seperti camping ground, outbond, waterboom, dan sebagainya. Tempat ini juga menyediakan pendopo dan kaferia yang pastinya semakin melengkapi tempat wisata ini.

Itulah beberapa wisata Samarinda yang populer. Beberapa tempat mungkin masih dalam tahap pengembangan, tapi yang jelas jangan lupa untuk mengunjunginya ya!. Selamat berlibur!

Share:
error: Content is protected !!