Pulau Moyo adalah ikon pariwisata Sumbawa yang mendunia karena keindahan alamnya. Jadi wisata cantik ini jangan dilewatkan begitu saja guys!

Bersantai di pulau indah nan asri tentu idaman semua wisatawan, apalagi jika berasa seperti di pulau pribadi. Nusa Tenggara Barat menyajikan berbagai wisata menarik. Selain Pulau Satonda, ada juga Pulau Moyo yang terkenal dengan keindahan alamnya dan juga wisata di dalamnya, salah satunya adalah Air Terjun Lady Diana.

Nama Pulau Moyo mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Faktanya, pulau ini sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara karena menyajikan keindahan alam luar biasa yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. 

Pulau Moyo adalah ikon pariwisata Sumbawa yang mendunia karena keindahan alamnya. Wisata pulau cantik ini masuk di wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Berada sekitar 2,5 kilometer di utara Pulau Sumbawa.

Cara ke Pulau Moyo

Berikut beberapa opsi cara ke Pulau Moyo :

  • Dari Sumbawa : Di Pelabuhan Muara Kali, bisa menggunakan kapal rakyat yang berangkat sekitar jam 11.30 dan kembali ke Sumbawa esok hari jam 09.00 dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Selain itu bisa menggunakan perahu motor milik nelayan dengan tarif yang lebih mahal sesuai kesepakatan.
  • Dari Mataram : Dari Mataram (transportasi darat) – Pelabuhan Kayangan (kapal fery) – Poto Nano (transportasi darat) – Sumbawa Besar. Selanjutnya mengikuti rute yang pertama.
  • Dari Bhandara Internasional Lombok : Menuju ke Bhandara Sultan M. Kaharuddin, Sumbawa dengan pesawat jenis Fokker 50 dan maskapai yang terbang setiap Selasa, Jumat dan Minggu dengan waktu sekitar 35 menit. Selanjutnya mengikuti rute yang pertama.
  • Dari Ai Bari : Ai Bari berada 20 kilometer dari Sumbawa Besar. Dari Ai Bari bisa menggunakan speed boat sekitar 20 menit atau menggunakan kapal ketinting.

Info & Tips :

  • Yang lebih spesial, anda bisa menyewa kapal cepat milik swasta dengan waktu tempuh lebih cepat sekaligus bisa mengelilingi Pulau Moyo seharian penuh, namun tentu saja dengan biaya yang sangat mahal.
  • Untuk mengunjunginya pilihlah waktu sekitar bulan Juli – Agustus karena pada bulan Desember – April, gelombang laut cukup besar.
Baca Juga :   Uniknya Fenomena Laut Terbelah di Pantai Lariti Bima

Tempat Wisata di Pulau Moyo

Di Taman Wisata Alam Laut Pulau Moyo, ada 6 dusun yang berpenduduk yaitu Dusun Labuah Aji, Brang Rea, Sebotok, Brang Kua, Stema dan Patedong. Pulau Moyo memiliki beragam flora dan fauna. Menariknya, dari 124 jenis burung di Sumbawa, 84 jenis diantaranya ada di pulau ini.

Apa sih menariknya Pulau Moyo?. Di pulau cantik ini, ada berbagai wisata lain seperti air terjun, gua dan sungai yang bisa dijelajahi juga lho!

1. Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir
Pantai Tanjung Pasir

Pulau Moyo memiliki banyak pantai memikat, salah satunya Pantai Tanjung Pasir. Tanjung Pasir berada di sebelah selatan Pulau Moyo. Disini, pemandangan lautan dan gugusan perbukitan bisa dinikmati sambil menikmati hamparan pasir putih yang membentang. Selain bersantai dan berenang, kamu bisa snorkeling dan diving untuk melihat biota laut lebih dekat. 

2. Pantai Rajasua

Pantai Rajasua
Pantai Rajasua

Rajasua adalah salah satu spot diving favorit di Pulau Moyo dan merupakan pantai yang sangat eksotis. Rajasua bisai ditempuh dari Tanjung Pasir sekitar 20 kenit dengan speedboat. Air bening kebiruan menampakkan keindahan biota laut yang akan mengundang siapapun untuk menyelaminya. Saat menyelam, kamu bisa menemukan white coral yang berkhasiat untuk kesehatan sekaligus dimanfaatkan untuk perhiasan. 

3. Pantai Ai Manis

Pantai Ai Manis
Pantai Ai Manis

Berbeda dengan Pantai Tanjung Pasir yang lebih tenang, Pantai Ai Manis menjadi spot snorkeling dan diving, karena keindahan bawah laut yang sangat menawan. Di pantai ini terdapat hutan tropis yang dihuni berbagai satwa. Kegiatan berpetualang seperti menyusuri hutan, hiking dan camping bisa kamu coba, dan pastinya tidak akan membuatmu bosan. 

4. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu
Air Terjun Mata Jitu

Inilah ikon utama Pulau Moyo yang menjadi incaran wisatawan di berbagai belahan dunia. Air Terjun Mata Jitu adalah air terjun mini di dalam hutan Pulau Moyo. Untuk kesana, kamu akan melewati perkebunan jambu mente dan hutan. Memang dibutuhkan perjuangan untuk sesuatu yang indah guys!.

Baca Juga :   Pesona Pantai Senggigi, Primadona Wisata di Lombok Barat

Air Terjun Mata Jitu berbentuk berundak dengan air berwarna kehijauan dengan tujuh kolam. Keindahan Air Terjun Mata Jitu akan memikat siapapun yang datang. Disini kamu bisa berenang, berendam untuk menenangkan diri. 

5. Poto Jarum

Poto Jarum
Poto Jarum

Pantai yang berarti Ujung Jarum ini merupakan nama sebuah pantai di kawasan hutan lindung Pulau Moyo. Pantai ini bisa ditempuh dari Pantai Tanjung Pasir maupun Pantai Kencana dengan kisaran waktu 1 jam. Merupakan kawasan yang dilindungi, Pantai Poto Jarum sangat jernih dengan pasir putih yang bersih. Bahkan tidak ada bangunan di sekitarnya. Kamu bisa bersantai maupun snorkeling di tempat tenang ini.

6. Brang Sedo

Brang Sedo
Brang Sedo

Jika kamu suka camping, Brang Sedo bisa jadi pilihan karena tempat ini adalah kawasan pantai alami di Pulau Moyo yang cocok untuk berkemah, snorkeling dan diving. Beningnya air laut akan memperlihatkan karang-karang di bawahnya. Air yang tenang dan pemandangan alam yang indah akan cocok untuk menghabiskan waktu di pantai ini.

7. Air Terjun Diwu Mbai

Air Terjun Diwu Mbai
Air Terjun Diwu Mbai

Berada di Dusun Brang Rea, Diwu Mbai bisa menjadi pilihan wisata alam selanjutnya. Air Terjun dengan tinggi sekitar 3 meter ini terbilang unik karena kamu bisa bermain bak anak alam. Disini, kamu bisa berayun-ayun atua bergelantungan, kemudian melompat di air jernih dan segar. Dengan suasana alami dan dikelilingi pepohonan lebat, kamu tidak akan bosan berada di air terjun Diwu Mbai ini.

8. Takat Sagele

Takat Sagele
Takat Sagele

Wisata di Pulau Moyo ini berupa gundukan bekas pecahan karang-karang pada jaman dahulu dimana terjadi pengeboman ikan di tempat ini. Karang yang rusak terdorong ombak dan tertahan oleh pasir sehingga menjadi gundukan menyerupai bukit atau pulau kecil. 

Baca Juga :   15 Pantai Eksotis di Lombok yang Bikin Males Pulang

Takat Segele adalah salah satu spot snorkeling yang menarik, karena berbagai ikan berwarna-warni banyak menghiasi sekitar tempat ini. Takat Segele bisa ditempuh dari Dusun Labuan Aji sekitar 20 menit dengan perahu.

Itulah 8 wisata yang bisa ditemukan di Pulau Moyo yang sangat menawan. Kamu bisa datang atau bergabung dengan open trip untuk mengunjungi pulau cantik di Indonesia ini. Pulau Moyo menyediakan fasilitas resort yang sekelas bintang 5 dengan tarif bervariasi. Selain itu, kamu juga bisa juga menginap di rumah penduduk dengan harga sesuai kesepakatan atau camping di tempat yang kamu suka. Siap untuk kesana?.

Share:
error: Content is protected !!