Wisata Palangkaraya sangat beragam. Kamu bisa mengunjungi taman, hutan hingga tempat bersejarah. Bahkan dulu Bung Karno ingin merancang Palangkaraya sebagai Ibu Kota Negara di masa depan!.

Wisata Palangkaraya sangat beragam. Di Kota Cantik penuh sejarah ini, kamu bisa mengunjungi beberapa destinasi seperti bukit, hutan, museum hingga taman kota. Sebagai Ibu Kota Kalimantan Tengah, Palangkaraya terbilang menarik karena dulu Presiden Soekarno pernah merencanakan kota ini sebagai Ibukota di masa depan.

Ya, Bung Karno memang ingin merancang Palangkaraya menjadi Ibu Kota Negara nantinya. Maka, jangan heran kalau di kota ini terdapat beberapa area yang didesain oleh Bung Karno dengan filosofi-filosofi tertentu.

Beberapa wisata di sekitar Palangkaraya juga menarik, seperti di Kabupaten Murung Raya, Sungai Kahayan di Kabupaten Pulang Pisan, TN Tanjung Puting di Kabupaten Kotawaringin barat dan sebagainya. Namun kali ini akan membahas tentang destinasi di Palangkaraya, tidak termasuk daerah di sekitarnya.

Wisata Palangkaraya

1. Bukit Tangkiling Nature Park

Bukit Tangkiling Nature Park
Bukit Tangkiling Nature Park

Lokasi : Banturung, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : ±Rp. 5.000 – Rp. 7.500

Wisata Palangkaraya satu ini cukup luas karena mencangkup seluruh wilayah perbukitan seperti Bukit Tangkiling, Bukit Buhis, Bukit Tisin dan sebagainya. Seperti namanya, daya tarik tempat ini adalah keanekaragaman flora fauna hutan tropis. Selain itu ada juga kolam buaya, depot anggrek dan depot obat.

Tidak hanya bisa tracking hutan, kamu juga bisa melakukan kegiatan seperti panjat tebing dan jalan refleksi. Fasilitasnya juga cukup lengkap yaitu tempat parkir, kamar mandi, perangkat keselamatan, penerangan, gazebo, panggung hiburan, camping area, tempat ibadah dan sebagainnya. Jadi, siapkan petualanganmu disini guys!.

2. Bukit Doa Karmel Tangkiling

Bukit Doa Karmel Tangkiling
Bukit Doa Karmel Tangkiling

Lokasi : Banturung, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 07.00 – 17.00

Ini adalah salah satu wisata religi di Palangkaraya bagi umat Nasrani untuk beribadah. Pemandangan di sekitar bukit yang indah dilengkapi dengan patung serta relief Jalan Salib. Tempat ini juga dilengkapi Goa Maria untuk berdoa.

Jika ingin berwisata saja, sebaiknya menjaga sikap dan beretika karena ini adalah tempat ibadah. Bukit Doa Karmel memiliki peraturan yang ketat. Jadi, bagi yang ingin berkunjung disarankan mengikuti aturan yang ditetapkan dan menghormati umat yang sedang berdoa.

3. Bundaran Besar Palangkaraya

 Bundaran Besar Palangkaraya
Bundaran Besar Palangkaraya

Lokasi : Jl. Yos Sudarso, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Wisata Palangkaraya ini memiliki nilai sejarah yang turut menyertai berdirinya Kota Palangkaraya. Letak bundaran persis berada di titik pusat kota dan menjadi ikon Kota Palangkaraya, menjadikannya titik pertemuan dari akses utama ke kota-kota besar lainnya. Bundaran Besar yang dibangun pada tahun 1957-1959 ini memiki desain unik dan kaya makna.

Baca Juga :   15+ Wisata Bontang Kalimantan Timur Terbaru untuk Liburan Seru

Bundaran Besar merupakan simbolisasi tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan Indonesia. Delapan jalan silang menyimbolkan posisi Kota Palangkaraya pada persimpangan delapan rumpun pulau yaitu Sumatra, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, Kalimantan, NTT dan Papua, serta delapan sungai bersar di Kalimantan Tengah. Disini juga terdapat monumen lengkap dengan patung tentara, perempuan dan lelaki sipil, naga dan burung Enggang.

4. Danau Hanjalutung

Danau Hanjalutung
Danau Hanjalutung

Lokasi : Petuk Katimpun, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 07.00 – 17.00
HTM :

Menikmati pemandangan sambil meluangkan hobi memancing, bisa kamu lakukan di Danau Hanjalutung guys!. Tempat wisata Palangkaraya ini terbilang menarik karena selain bisa menyusuri danau, kamu juga bisa melihat aktivitas masyarakat setempat. Danau ini masih alami dan terjaga kelestariannya lho!.

Memiliki luas sekitar 12 Ha dan ±7 meter, Danau Hanjalutung cocok untuk wisata pemancingan dan budidaya ikan. Oleh sebab itu, di danau ini selalu ada pelepasan bibit ikan secara periodik. Kau bisa menikmati pemandangan indah sembari mencoba kuliner khas setempat guys!.

5. Danau Tahai

Danau Tahai
Danau Tahai

Lokasi : Tumbang Tahai, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 06.00 – 16.00
HTM : ±Rp. 5.000

Meski tidak seluas Danau Hajalutung, wisata Palangkaraya satu ini selalu menjadi rest area yang pas di jalur Palangkaraya menuju Sampit atau sebaliknya. Danau Tahai memiliki lepisan dekomposisi (pembusukan tak sempurna) yang cukup tebal dari batang kayu, akar, dedaunan, kotoran dan sebagainya. Semuanya itu mengeluarkan mineral yang membuat air danau berwarna kemerahan.

Disini kamu bisa mengelilingi danau melewati jembatan kayu untuk menikmati alam yang tenang. Di sekitarnya juga terdapat gazebo dan rumah apung lanting untuk beristirahat. Ingin lebih seru?, cobalah mengelilingi danau dengan perahu atau mengeksplor hutan di sekitar danau. ‘

6. Dermaga Kereng Bangkirai

Dermaga Kereng Bangkirai
Dermaga Kereng Bangkirai

Lokasi : Kereng Bangkirai, Kec. Sebangau, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.00 – 18.00
HTM : ±Rp. 5.000

Tak hanya sebagai pintu masuk ke TN Sebangau, dermaga ini dipoles cantik untuk menambah daya tarik wisata Palangkaraya. Di sekitar dermaga sudah didesain dengan beberapa gazebo dan tambahan wahana air. Disini, kamu bisa berkeliling di sekitar dermaga maupun menyusuri sungai menggunakan perahu klotok.

Kamu bisa memilih menggunakan perahu besar, perahu kecil atau mengayuh perahu bebek untuk berdua. Untuk memuaskan wisatawan kekinian, juga terdapat spot foto untuk mengabadikan momenmu disini. MEnariknya lagi, di tengah danau terdapat tempat yang biasa digunakan untuk pagelaran seni dan budaya khas Kalimantan lho!.

7. Desa Wisata Kanarakan

Desa Wisata Kanarakan
Desa Wisata Kanarakan

Lokasi : Kanarakan, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Baca Juga :   15 Makanan Khas Balikpapan yang Terkenal & Menggugah Selera!

Menikmati desa wisata ini terbilang tidak mudah guys!, karena untuk kesana harus menggunakan jalur sungai dari Dermaga Tangkiling sekitar 45 menit. Keunikan tempat ini adalah adanya penangkaran rusa dan sapi Bali yang jarang ditemukan di Palangkaraya. Sebagai tempat wisata Palangkaraya, Desa Kanarakan juga dimanfaatkan sebagai tempat penelitian bidang pertanian dan peternakan.

Desa Wisata Kanarakan juga dikenal dengan nama Kampung Dayak. Daya tarik yang ada di desa ini adalah adanya sandung (tempat menyimpan tulang orang yang sudah meninggal), sapundu (seni ukir khas Dayak Kalteng) dan kearifan masyarakat lokal yang masih terjaga. Disini kamu bisa berwisata sekaligus belajar dengan cara yang terbilang mengesankan!.

8. Eduwisata Kalimantan Hutan Itah

Eduwisata Kalimantan Hutan Itah
Eduwisata Kalimantan Hutan Itah

Lokasi : Kanarakan, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : Jumat – Minggu

Kawasan di wisata Palangkaraya ini berkonsel ekowisata, eduwisata dan agrowisata. Memasuki gerbang masuk, hutan yang sudah terkelola rapi menyambung, membuat kawasannya tampak alami, segar dan nyaman. Anak sungai berwarna hitam dan pepohonan rindang yang menyejukkan pun mampu membuat siapapun betah berlama-lama.

Tak hanya itu, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, seperti rafting dengan ban,camping, hingga menikati buah naga yang langsung dipetik dari pohonnya!. Berbagai wahana permainan juga tersedia untuk melengkapi liburan santaimu!. Tunggu apa lagi?!.

9. Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan
Jembatan Kahayan

Lokasi : Kec. Jekan Raya, Kota Palangkaraya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Jembatan Kahayan membelah Sungai Kahayan di Palangkaraya. Selesai dibangun pada tahun 2001, jembatan sepanjang 640 meter dan lebar 9 meter, jembatan Kahayan menghubungkan pusat kota dengan Kalurahan Pahandut Seberang. Kini, banyak area santai di bawah jembatan ini untuk menikmati senja yang mempesona.

10. Kalawa Waterpark

Kalawa Waterpark
Kalawa Waterpark

Lokasi : Bukit Tunggal, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 09.00 – 17.30 (Rabu Tutup)
HTM : ±Rp. 25.000

Ingin bersantai bersama keluarga?, kunjungilah Kalawa Waterpark yang menjadi wisata air terbesar di Palangkaraya. Kalawa Waterpark sudah beroperasi sejak tahun 2012 dan selalu dikembangkan dengan wahana-wahana menarik, fasilitas cukup lengkap dan dekorasi unik. Terdapat kolam anak dan sungai arus yang bisa dicoba.

Bagi yang suka adrenalin, kamu bisa meluncur dari ketinggian sekitar 8 meter. Menariknya, kawasan waterpark ini ditanami pohon-pohon palem dan kursi santai untuk berbaring. Disini, kamu bisa bersantai, berjemur maupun olah raga santai bersama keluarga tercinta!.

Baca Juga :   15 Oleh - Oleh Khas Balikpapan yang Wajib DIbawa Pulang

11. Kampung Nanas

Lokasi : Kereng Bangkirai, Kec. Sebangau, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)

Bagi pecinta buah, kamu bisa mengunjungi wisata Palangkaraya ini guys!. Sudah lama Kecamatan Basarang dikenal sebagai penghasil nanas madu. Area perkebunan ini kemudian dikembangkan menjadi agrowisata nanas Desa Basarang Jaya. Tidak hanya nanas segar saja, tetapi kamu bisa mendapatkan olahannya berupa keripik, dodol dan selai.

12. Kolam Renang 99

Kolam Renang 99
Kolam Renang 99

Lokasi : Jl. Tingang VIII, RW.no: 88, Bukit Tunggal, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 07.00 – 20.00
HTM : ± Rp.25.000

Harga yang standar membuat kolam renang 99 menjadi pilihan untuk liburan keluarga. Wisata Palangkaraya ini tidak ramai saat pagi saja, tetapi sampai malam. Kolam renang ini menyajikan makanan dan minuman serta musik yang membuat wisatawan betah bersantai disini. Meski minim wahana, tempat ini cocok bagi siapapun yang hanya sekedar ingin berenang saja guys!.

13. Kolam Pemancingan Anugerah

Kolam Pemancingan Anugerah
Kolam Pemancingan Anugerah

Lokasi : Banturung, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)

Kolam pemancingan Anugerah adalah wisata Palangkaraya yang menawarkan area memancing. Disini terdapat berbagai jenis ikan yaitu ikan gabus, nila, patin, lele dan bawal. Ikan yang dipancing bisa dibawa pulang dengan biaya berbeda per kilonya tergantung jenis ikan. Jika tak ingin dibawa pulang, juga bisa langsung dimasak di tempat juga lho!.

14. Manasa Agrowisata

Manasa Agrowisata
Manasa Agrowisata

Lokasi : Jl. Pariwisata, Banturung, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 07.00 – 18.00
HTM : ± Rp. 10.000

Wisata Palangkaraya ini kerap disebut Bukit Buhis. Memiliki luas sekitar 30 Ha, agrowisata cantik ini ditanamni kebun petik segala jenis buah-buahan dan tempat kuliner. Selain itu terdapat fasilitas lain seperti sport centrei, jogging track, gasebo, villa dan tempat pernikahan.

Disini kamu bisa berbutu jeruk, buah naga, pepaya, durian, kelengkeng dan sebagainya yang sedang dikembangkan. Daya tarik utama tempat ini adalah adanya kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan dan sebagainya dalam satu wadah. Dijamin kamu tidak akan cepat bosan disini guys!.

15. Masjid Raya Darussalam

Masjid Raya Darussalam
Masjid Raya Darussalam

Lokasi : Jalan G. Obos, Menteng, Jekan Raya, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Jangan lupa berkunjung ke masjid termegah di Palangkaraya guys!. Masjid ini didirikan pada tahun 1984 dengan perpaduan gaya arsitektur modern dan Arab serta sentuhan ornamen khas Dayak. Tidak sedikit orang yang datang untuk beribadah dan melihat kemegahannya!

Share:
error: Content is protected !!