Wisata Palangkaraya sangat beragam. Kamu bisa mengunjungi taman, hutan hingga tempat bersejarah. Bahkan dulu Bung Karno ingin merancang Palangkaraya sebagai Ibu Kota Negara di masa depan!.

16. Museum Balanga

Museum Balanga
Museum Balanga

Lokasi : Jl. Tjilik Riwut No.Km. 2.5, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : Senin – Jumat 08.00 – 15.00
HTM : ± Rp. 3.000

Tertarik belajar sejarah Kalimantang Tengah?, kunjungilah Museum Balanga. Wisata Palangkaraya yang edukatif ini merupakan bekas Gedung Monumen Dewan Nasional yang bernama Balanga. Seperti fungsinya, tempat ini digunakan sebagai media pembelajaran seputar Suku Dayak.

Kamu bisa mempelajari tentang budaya dan sumber daya alam di lingkungan hidup Suku Dayak. Banyak koleksi yang ada di Museum Balanga seperti koleksi geologi, biologi, etnografi, arkeologi, sejarah, numismatika dan sebagainya. Jadi jika ingin mengenal Kalimantan Tengah, kamu wajib kesini ya!.

17. Pasar Blauran

Pasar Blauran
Pasar Blauran

Lokasi : Jl. Halmahera, Pahandut, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam (Senin – Jumat) ; 06.30 – 21.30 (Selasa) ; 14.30 – 22.00 (Rabu).

Suka berbelanja?, langsung saja ke pasar rakyat terbesar di Palangkaraya ini. Berada di tengah kota, pasar ini menyediakan berbagai macam sembako, pakaian, oleh-oleh, jajanan pasar, dan sebagainya. Kamu juga bisa mencari oleh-oleh khas Palangkaraya disini juga lho!.

18. Pesona Alam Lestari

Pesona Alam Lestari
Pesona Alam Lestari

Lokasi : Kereng Bangkirai, Kec. Sebangau, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam
HTM : ± Rp. 7.000

Pesona Alam Lestari merupakan salah satu wisata Palangkaraya yang menjadi favorit keluarga di akhir pekan. Tempat ini menyuguhkan suasana rawa yang indah. Dilengkapi dengan jembatan dan gasebo, kamu bebas menyusuri air gambut yang tenang.

Ada tempat bermain anak, warung dan fasilitas lain. Sayangnya, sejak pandemi tempat ini seperti sudah ditinggalkan. Jadi kalau ingin berkunjung, sebaiknya menunggu tempat ini mendapat perhatian pengurus dulu ya!.

19. Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng
Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

Lokasi : Komplek Arboretum Nyaru Menteng, Jl. Tjilik Riwut No.Km 28, Tumbang Tahai, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 09.00 – 15.00
HTM : ± Rp. 10.000

Wisata Palangkaraya yang menarik dan bisa kamu kunjungi adalah penangkaran orang utan. Di Arboretum Nyaru Menteng, kamu bisa mendapat edukasi sekaligus konservasi. Selain orang utan, tempat ini juga menjadi pusar penangkaran jenis hewan-hewan lain.

Baca Juga :   20+ Wisata Pontianak Terbaru, Kekinian & Super Seru!

Bagi kamu yang haus petualangan, bisa coba menyusuri jembatan sepanjang 5 km di tengah hutan. Disini kamu bisa relaksasi di tengah suasana segar dan damai. Ingin lebih berkesan?. Jangan segan berfoto dengan orang utan!.

20. Pulau Kaja

Pulau Kaja Palangkaraya
Pulau Kaja

Lokasi : Sei Gohong, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Bosan dengan suasana perkotaan?, manjakan dirimu dengan wisata di Pulau Kaja. Melihat orang utan hidup bebas di Pulau Kaja dari atas perahu akan menggoda hasrat berpetualangmu!. Untuk melakukannya, kamu perlu ke dermaga Tangkiling di tepi Sungai Rungan, kemudian lanjutkan dengan kapal wisata yang tersedia.

Susur sungai dan melihat alam liar yang menakjubkan, tentu kamu harus siap merogoh kocek lebih dalam guys!. Tapi tenang, selain kapal wisata, biasanya masyarakat sekitar menawarkan jasa perahu kecil yang lebih ekonomis untuk mengunjungi wisata Palangkaraya yang indah ini!.

21. Rumah Adat Betang Palangkaraya

Rumah Adat Betang Palangkaraya
Rumah Adat Betang Palangkaraya

Lokasi : Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Jika ingin melihat rumah dayak di Palangkaraya, kamu bisa mengunjungi Rumah Betang Eka Tingang Nganderang. Rumah panggung ini dibuat memanjang dan terbuat dari kayu keras. Gedung ini tidak ditinggali seperti rumah betang asli, tetapi hanya dipakai untuk pertemuan dan tempat pembelajaran budaya.

22. Situs Batu Banama

Situs Batu Banama
Situs Batu Banama

Lokasi : Jalan Batu Banama, Kelurahan Tangkiling Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
HTM : ±Rp. 10.000

Wisata Palangkaraya ini ada di ketinggian sekitar 190 mdpl di kawasan Bukit Tangkiling. Menariknya, di puncak bukit terdapat Situs Kaharingan (Pasah) yang dikeramatkan. Disini terdapat Pura Sali Paseban Batu yang digunakan sembahyang umat Hindu.

Tak hanya itu, terdapat pula beberapa batu dan nama lengkap dengan legenda yang diceritakan turun temurun hingga sekarang. Situs Batu Banama bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat. Fasilitasnya juga cukup lengkap untuk membuat wisatawan semakin nyaman dan aman.

Baca Juga :   25 Oleh-oleh Khas Pontianak, Cemilan Lokal Hingga Barang Etnik

23. Taman Kota Cantik Palangkaraya

Taman Kota Cantik Palangkaraya
Taman Kota Cantik Palangkaraya

Lokasi : Jl. Yos Sudarso, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Taman Kota menjadi wisata Palangkaraya yang menarik, karena dirancang oleh Ir. Soekarno. Setengah taman ini dibatasi benteng yang dihias dengan relief perjuangan, membuat taman ini juga disebut Taman Perjuangan. Sebagai tempat bersantai menghabiskan waktu luang, taman ini biasanya digunakan untuk tempat kumpul komunitas dan tempat belajar.

24. Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional Sebangau Palangkaraya
Taman Nasional Sebangau

Lokasi : Jalan Mahir Mahar KM. 1.2, Paduran Sabangau, Sebangau Kuala, Paduran Sabangau, Kec. Sebangau Kuala, Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.00 – 18.00

Taman Nasional di Kalimantan Tengah ini adalah habitat utama orang utan dan bekantan. Berbagai jenis flora dan fauna hidup disini, menjadikannya wisata Palangkaraya yang menarik untuk dikunjungi. Sebagai salah satu hutan rawa terbesar di dunia, TN Sebangau tentu memiliki banyak permasalahan guys!.

Masih banyak pembalakan liar dan alih fungsi lahan yang mengancam taman nasional. Padahal, pemandangan yang dimiliki taman nasional ini masih asri dan menawarkan keindahan yang mengagumkan. Kamu bisa mendaki Bukit Bulan, Bukit Kaki dan mengunjungi beberapa danau cantik disana.

Destinasi yang ada beragam mulai Resort Mangkok sebagai pendidikan rehabilitasi, Punggualas yang terdapat kapal pesiar dan Sungai Koran yang berwarna hitam, dimana kamu bisa melakukan tracking di hutan. Disini, kamu bisa berpetualang sepuasmu!

25. Taman Pasuk Kameluh

Taman Pasuk Kameluh
Taman Pasuk Kameluh

Lokasi : Jl. S. Parman, Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Taman yang berada tak jauh dari Sungai Kahayan ini adalah salah satu tempat favorit untuk menikmati senja. Wisata Palangkaraya yang berada di bawah Jembatan Kahayan ini memiliki dekorasi taman indah dan cocok untuk bersantai. Didekatnya pun ada Masjid Darul Amin dengan arsitektur yang menawan.

Tak lupa, ada spot selfie juga bagi kamu yang seneng narsis di kamera. Jangan hanya jalan-jalan sore guys!, karena saat malam lampu-lampu taman di seberang sungai membuat suasana lebih romantis. Apalagi, kamu juga bisa mencoba wisata kuliner khas Kalimantan Tengah di bawah jembatan yang buka hingga jam 10 malam.

Baca Juga :   20 Makanan Khas Samarinda yang Terkenal & Enak Bikin Nagih!

26. Taman Wisata Kumkum

Taman Wisata Kumkum Palangkaraya
Taman Wisata Kumkum

Lokasi : Jl. Wisata No.1, Pahandut Seberang, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 08.00 – 17.00
HTM : ± RP. 2.500

Wisata Palangkaraya ini ramai dikunjungi setiap hari karena dekat dengan pusat kota. Kamu juga bisa menyebut tempat ini sebagai kebun binatang mini, karena terdapat beberapa binatang yang menghuni taman. Binatang tersebut diantaranya buaya, beruang madu, burung rangkong dan monyet.

Untuk bersantai, tersedia gubuk menyerupai rumah panggung yang dikelilingi pohon karet. Disini kamu bisa menikmati aliran sungai sembari kulineran!. Tentu saja gubuk ini disewakan ya, dan tarifnya sekitar Rp.10.000 – Rp.20.000/jam.

27. Tugu Soekarno

Tugu Soekarno Palangkaraya
Tugu Soekarno

Lokasi : Langkai, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Sesuai namanya, inilah tiang batu pertama yang dipancangkan oleh Presiden Soekarno sebagai penanda dibangunnya kota Palangka Raya. Tugu bersejarah ini menjadi landmark sekaligus tempat wisata Palangkaraya yang banyak dikunjungi. Dibangun sebagai taman tengah kota dan berada di sisi sungai terbesar Kalimantan Tengah, kamu bisa menyaksikan indahnya sunset dari belakang Jembatan Kahayan.

28. Wisata Flamboyan Bawah

Wisata Flamboyan Bawah Palangkaraya
Wisata Flamboyan Bawah

Lokasi : Langkai, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya (Map : Klik Disini)
Buka/Tutup : 24 jam

Wisata Palangkaraya berupa dermaga ini ramai dikunjungi untuk bersantai. Meski berada di pemukiman padat penduduk, tempat ini sudah dipoles lebih menarik serta memiliki daya tarik. Biasanya Dermaga Flamboyan dikunjungi saat pagi dan sore hari.

Ada banyak penjaja makanan di sekitar lokasi wisata. Kamu bisa bersantai sambil melihat aktivitas kapal-kapal menuju hulu sungai di bawah Jembatan Kahayan. Agar lebih berkesan, kamu bisa menikmati suasana di Cafe Terapung Wisata Flamboyan dengan nyaman, Tunggu apa lagi?!

Itu adalah beberapa wisata Palangkaraya yang bisa menjadi tujuanmu saat mengunjungi Ibu kota Kalimantan Tengah. ain yang belum disebutkan. Namun, dari semua tempat wisata Palangkaraya yang ada, kamu harus mengunjungi wisata recommended diatas ya guys!. Semoga bermanfaat!

Share:
error: Content is protected !!