Sumbawa menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang menarik, mulai pantai, pulau, hutan hingga gunung. Kurang lengkap apa lagi?

Destinasi wisata yang berada di Indonesia, yang wajib Kamu kunjungi adalah Sumbawa. Sumbawa merupakan destinasi wisata yang terletak di Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu pulau yang indah dan menawan. Banyak wisata Sumbawa yang menarik perhatian wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Pulau Sumbawa merupakan salah satu pulau yang menarik untuk dikunjungi. Pulau ini terbagi menjadi enam wilayah yaitu Kota Bima, Kabupaten Sumbawa Barat, Kota Sumbawa Besar, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Bima, secara administratif pulau Sumbawa memang terbagi menjadi enam wilayah. Dari semua wilayahnya tentu memiliki keindahan dan eksotisme masing-masing.

Tempat Wisata di Sumbawa

Banyak sekali objek wisata di Sumbawa yang masih alami. Deretan destinasi wisata Sumbawa yang harus kamu kunjungi adalah sebagai berikut:

1. Air Terjun Agal

air terjun agal
Air Terjun Agal

Wisata Sumbawa satu ini sangat asri nan indah karena air terjun dikelilingi hijaunya pepohonan hutan. Jika kamu suka berenang, maka rasakan kesegaran di sungai aliran air terjun. Air terjun agal ini terdapat di Marenteh, tepatnya di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa. Untuk menempuh perjalanan menuju air terjun agal harus menempuh jarak 70 km dari pusat kota Sumbawa besar.

2. Gunung Tambora

gunung tambora
Kaldera Gunung Tambora

Salah satu gunung indah di Indonesia ini memiliki ketinggian 2.851 MDPL. Tak hanya memiliki kaldera terbesar, tetapi Gunung Tambora juga sarat akan sejarah. Gunung ini adalah gunung dengan letusan terbesar di era peradaban manusia dan letusannya telah mengubur tiga kerajaan pada saat itu.

Gunung ini berada di kecamatan Tambora kabupaten Bima di Pulau Sumbawa. Kamu dapat melakukan hiking dan trekking untuk mencapai puncaknya. Kamu dapat menikmati pemandangan yang amat cantik di puncak gunung, entah itu saat sunset ataupun sunrise. Tambora memang selalu istimewa.

3. Masjid Agung Darussalam

masjid agung darussalam
Masjid Agung Darussalam

Jika berkunjung ke pulau Sumbawa, maka kamu wajib mengunjungi masjid terbesar di Sumbawa ini. Masjid Agung Darussalam memiliki gaya arsitektur indah yang ditopang oleh 99 tiang. Sempatkan waktu untuk mengunjungi masjid ini guys karena selain unik, masjid ini sangat ikonik.

4. Air Terjun Mata Jitu

air terjun mata jitu
Air Terjun Mata Jitu

Berada di kawasan hutan Pula Moyo, keberadaan Air Terjun Mata Jitu menjadi daya tarik wisata di Pulau Moyo, disamping pesona pantainya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter dengan 4 undakan berbentuk kolam seperti terasering. 

Pesonanya yang memikat akan mengundang siapapun untuk berenang menjajal kesegaran airnya. Tidak hanya wisatawan domesti, air terjun menakjubkan ini juga pernah dikunjungi oleh orang ternama seperti Putri Diana, Maria Sharapova dan Mick Jagger. 

Akses yang harus dilalui untuk menuju tempat ini dikatakan cukup panjang dan cukup terjal. Kamu harus naik kendaraan roda dua atau menyewa ojek dengan tarif yang terjangkau, yaitu sekitar Rp100.000 selama 20 menit perjalanan.

Baca Juga :   Menyusuri 7 Pantai Cantik di Pesisir Sumbawa Barat

5. Pantai Tanjung Pasir, Pulau Moyo

pantai tanjung pasir sumbawa
Pantai Tajung Pasir

Ini adalah salah satu spot pantai andalan di Sumbawa. Destinasi bahari ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Perjalanan menuju lokasi bisa menggunakan speed boat yang memakan waktu 15-20 menit dari kawasan Ai Bari. Pantai Tanjung Pasir memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan luas diantara pantai yang lain.

Berbagai jenis ekosistem tumbuh dan berkembang memperindah kehidupan bawah laut. Terumbu karangnya masih sangat terjaga kelestariannya sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk melakukan aktivitas snorkeling maupun diving.

6. Kawasan Lindung Poto Jarum

Sesuai dengan namanya, kawasan wisata ini merupakan pulau yang dijadikan kawasan lindung. Oleh karena itu dinamakan Kawasan Lindung Poto Jarum. Keberadaannya merupakan salah satu lokasi untuk melindungi berbagai jenis flora dan fauna endemik Sumbawa agar tetap terjaga kelestariannya dan tidak punah.

Selama berada di sana tentunya tidak akan menemukan bangunan permanen yang digunakan untuk menunjang kegiatan pariwisata, karena hal tersebut akan merusak ekosistem yang ada. Sehingga kamu akan benar-benar disuguhkan dengan keindahan alam yang indah.

7. Desa Mantar

desa mantar sumbawa
Desa Mantar

Pernahkah kamu mendengar tentang desa di atas awan?. Jika belum, yuk kenalan dengan salah satu destinasi wisata dataran tinggi di Pulau Sumbawa, yaitu Desa Mantar. Desa Mantar berada di kawasan perbukitan yang sejuk dan juga sangat asri. Secara historis, banyak orang Portugis yang mendarat di daerah ini, dan sekarang mereka masih tinggal di sana.

Kawasan desa berketinggian 600 mdpl ini sangat memanjakan mata guys. Tempat ini pernah menjadi lokasi syuting film Serdadu Kumbang. Selain itu ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan, mulai paralayang, melihat bangunan unik , hingga menikmati lautan awan pagi dengan pemandangan yang menakjubkan. 

8. Pantai Sili dan Pantai Maci

pantai sili maci sumbawa
Pantai Sili dan Pantai Maci

Kedua pantai ini dikenal dengan wisata andalan untuk aktivitas selancar atau selancar air di Kepulauan Sumbawa. Tepatnya berada di daerah perbatasan antara Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Dompu. Objek wisata ini dua nama ini sebenarnya terdiri dari dua pantai yang berbeda, hanya saja letaknya berdekatan sehingga disebut Silli Maci.

Tempat ini menjadi salah satu spot menantang bagi penyuka surfing karena memiliki ombak super barel. Jika kamu tidak suka, kamu bisa menonton aksi para peselancar yang bisa disaksikan sekitar bulan Mei – Agustus, saat puncak ombak sedang bagus. Akese ke tempat ini cukup rumit, sehingga belum terlalu ramai dan cocok buat kamu yang ingin bersantai sekaligus menyepi. 

Baca Juga :   15 Pantai Eksotis di Lombok yang Bikin Males Pulang

9. Pulau Kenawa

pulau kenawa
Pulau Kenawa

Kawasan ini adalah surganya Sumbawa yang punya pesona luar biasa. Pulau Kenawa berbatasan dengan pelabuhan Pototano, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai kesana. Untuk mencapai lokasi kamu harus menyewa perahu nelayan yang sudah siap di sekitar pelabuhan. Biaya yang dibutuhkan untuk ini sekitar Rp 150.000 per perahu. 

Di pulau ini, kamu akan disuguhi paronama alam berupa hamparan padang rumput, bukit yang indah serta air laut biru bening yang menyegarkan mata. Kamu bisa mengeksplore pulau ini, mulai dari menyusuri savana, naik ke bukit, atau menikmati taman laut dengan snorkeling. Kamu bisa menikmati sunrise maupun sunset di bukit jika ingin liburanmu lebih sempurna. 

10. Pulau Pasareang

pulau paserang
Pulau Paserang

Ingin ke tempat yang sangat indah dengan padang rumput yang mendominasi sebagian besar wilayahnya?. Datanglah ke Pulau Pasareang. Luasnya yang hanya sekitar 47 hektar memberikan banyak keindahan bagi daerah tersebut. Eksotis, mempesona, begitulah cara orang yang datang berkunjung menggambarkan keindahan tempat ini.

Selain pesisir pantai, pulau Paserang ini juga memiliki wilayah perbukitan dan kamu bisa menikmati pemandangan dari atasnya. Memiliki pasir putih lembut dengan kontur pantai landai, terdapat juga tanaman-tanaman bakau di pulau ini. Selain bersantai, kamu bisa snorkeling yang menjadi rutinitas wajib.

11. Air Terjun Kalela

air terjun kalela
Air Terjun Kalela

Salah satu alternatif wisata alam selain pantai yang bisa dinikmati di Pulau Sumbawa adalah Air Terjun Kalela. Letaknya di dalam hutan hijau yang dipenuhi pepohonan besar membuat suasana di sekitar air terjun terasa sejuk, segar dan menenangkan. 

Keunikan yang dimiliki air terjun ini adalah berada di tebing batu berundak dengan air kehijauan di kolamnya tersebut karena efek akar – akar pohon di bawahnya. Kamu bisa berenang dengan bebas di Air Terjun Kalela atau mandi di bawah guyuran air terjun. Hm… kapan lagi dipijat dengan kesegaran?

12. Pantai Maluk

pantai maluk
Pantai Maluk

Sumbawa merupakan wisata bahari dengan perkampungan dan panorama yang menakjubkan, termasuk salah satunya yaitu Pantai Maluk yang keberadaannya menjadi salah satu favorit wisatawan. Suasananya yang tenang dan damai,  cocok untuk refreshing bagi siapapun yang datang.

Pantai ini sebenarnya adalah sebuah teluk. Ada dua bukit yang mengapit Pantai Maluk, yaitu bukit Mantun dan bukit Balas. Dua bukit di kanan kirinya membuat laut pantai ini tenang. Namun, pantai ini juga dikenal para surfer karena ombak khasnya  yang disebut super suck di ujung teluk Maluk. Jadi kamu bisa santai – santai disini atau mencoba bergelut dengan ombak 2 setinggi 2 meter itu. Pilih mana?

13. Pantai Tropical Sumbawa

pantai tropical sumbawa
Pantai Tropical

Bagi wisatawan yang ingin bersantai maupun selancar, Pantai Tropical menjadi salah satu tujuan. Gelombang lautnya yang konsisten dengan pukulan sedang adalah ciri khas dan daya tarik pantai cantik di Sumbawa ini. Maka jangan heran jika melihat banyak wisatawan yang datang lengkap dengan peralatan untuk berselancar. 

Baca Juga :   Pulau Kenawa, Surga Kecil Menakjubkan di Sumbawa Barat

Keadaan sekitar pantai juga indah. Adanya tebing yang menjulang tinggi dan kokoh di pinggir pantai serta pasir putih yang membentang di sepanjang pantai akan membuat liburanmu terasa damai dan menyenangkan. 

14. Gua Liang Petang

gua liang petang
Gua Liang Petang

Jika Kamu disuguhi berbagai keindahan wisata bahari dan air lainnya di Sumbawa, tidak ada salahnya untuk mencari destinasi alternatif lain yaitu Gua Liang Petang. Keberadaannya merupakan keunikan alam dengan pesona yang mampu menarik setiap orang untuk datang dan mengeksplorasi keindahan relief yang ada di Goa.

Secara historis, tempat ini digunakan sebagai tempat persembunyian para penyiar Islam di Sumbawa. Bagi Kamu yang suka melakukan aktivitas caving, tentunya ini menjadi salah satu objek yang bisa masuk ke dalam daftar.

15. Gili Bedil dan Gili Keramat

gili bedil
Gili Bedil dan Gili Keramat

Kawasan wisata yang menyuguhkan keindahan alam bernuansa eksotis ini bernama Gili Bedil dan Gili Keramat. Pemandangan alamnya masih asri dan belum banyak tersentuh tangan nakal pengunjung. Meski cukup susah untuk ke tempat ini, tetapi akan sepadan dengan apa yang ada disana. 

Air yang bening, pantai yang bersih dan biota laut yang masih terjaga membuat tempat ini cocok untuk snorkeling. Banyak wisatawan yang datang hanya singgah untuk menikmati pesona alamnya atau hanya sekedar berjemur.

16. Pulau Bungin

pulau bungin
Pulau Bungin

Destinasi wisata Pulau Bungin berada di daerah terpencil dengan jumlah penduduk yang sangat padat. Karena ukurannya yang kecil dan banyak penduduk, tidak ada satu pun lahan kosong tersisa, inilah keunikannya. Maka tak heran jika Pulau Bungin mendapat julukan pulau terpadat di dunia. 

Pemandangan rumah bersama adalah sesuatu yang disuguhkan kepada setiap pengunjung. Jadi jangan harap melihat garis pantai, pasir putih atau pohon kelapa disana. Namun disisi lain, setidaknya kamu pernah menginjakkan kaki di tempat terpadat di dunia ini guys! 

Share:
error: Content is protected !!