Pulau Alor menyembunyikan sederet keindahan yang dikenal wisatawan mancanegara. Sehingga ada yang menyebutnya taman laut kelas dunia.

Pulau Alor menyembunyikan sederet keindahan yang sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Berada di ujung timur Flores dan berbatasan dengan negara Timor Leste, Pulau Alor memiliki surga bawah laut yang sangat mengagumkan.

Sehingga ada yang menyebut pulau cantik di Indonesia adalah taman laut kelas dunia, sekeligus terbaik setelah Kepulauan Karibia. Waow! spesial sekali jika Indonesia memiliki wisata eksotis seperti pulau di Nusa Tenggara Timur ini.

Pulau Alor
Pulau Alor Nusa Tenggara Timur

Pulau Alor berada di Kecamatan Alor Barat Daya, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Berjarak sekitar 260 kilometer dari Kupang, 360 km dari Ende.  Terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara (Map : klik disini). Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Selat Ombai di selatan dan Selat Pantar di barat. 

Cara ke Pulau Alor

Ada beberapa cara yang bisa dijadikan opsi ketika akan berlibur di di pulau ini, yaitu :

  • Dari Kupang naik kapal feri menuju Larantuka sekitar 12-13 jam. Kemudian dilanjutkan dengan kapal kayu menuju Pelabuhan Kalabahi sekitar 1 jam. Kisaran harga tiket Rp. 150.000 untuk 10 jam perjalanan. 
  • Dari Kupang ada 2 jadwal penerbangan 2 maskapai yaitu Trans Nusa di siang hari dan Merpati di pagi hari untuk menuju ke Bandara Mali. Kisaran tiket Rp.300.000 low season. 
  • Dari Jawa bisa naik kapal PELNI yang singgah di Kalabahi yaitu KM Sirimau yang berangkat dari Jawa, Kalimantan, Makassar dan KM Awu yang berangkat dari Jawa, Bali, dan Makassar. 

Menurut warga sekitar, lebih banyak wisatawan mancanegara yang berlibur di pulau ini ketimbang wisatawan dalam negeri. Ini mungkin karena untuk berlibur ke pulau cantik ini membutuhkan biaya yang terbilang tidak sedikit guys!.

Baca Juga :   Pantai Mandorak, Menyibak Surga Tersembunyi Sumba Barat Daya

Taman Bawah Laut

Pulau Alor Nusa Tenggara Timur
Bawah Laut Pulau Alor

Ada 20 pulau dan 17 kecamatan di Kepulauan Alor. Dari 20 pulau, ada 9 pulau berpenghuni dan 11 pulau tidak berpenghuni. Pulau Alor adalah salah satu yang terindah, karena menyajikan beragam wisata alam serta budaya yang menarik.

Selain keindahan alam yang ada di daratan, pulau cantik ini memiliki keindahan bawah laut yang eksotis. Biota laut seperti ikan-ikan langka, karang dan tumbuhan laut yang beragam akan memberikan sensasi mengagumkan bagi para penyelam.

Ada 18 titik penyelaman yang disebut “Baruna’s Dive Site at Alor” yang bisa dinikmati yaitu Baruna’s Point, Never-never wall, cave point, barrel sponge wall, Mola-mola point, Night Snacks, Alor dreaming, Rocky point, Tuna channel, Anemone Country, Sharks Reeway, Octopus Garden, Captain’s Choice dan The Refrigerator. Titik-titik point tersebut menyajikan keunikan tersendiri. Selain menyelam, hal yang menarik disini adalah melihat dugong bersama pawangnya.

Pesona Pulau Alor

Pulau Alor Nusa Tenggara Timur
Pesisir Pulau Alor

Selain surga bawah laut, Pulau Alor menyajikan wisata lain bagi para petualang. Pecinta hiking bisa mencoba mendaki Gunung Koya-koya jika ingin petualangan yang lebih menantang. Selain itu ada beberapa pantai seperti pantai Welolo dan Pantai Maimol, taman wisata Tuti Adagae, Air Terjun Binafui dan juga Hutan Nostalgia.

Wisatawan yang menanam pohon di hutan Nostalgia akan dikenang sepanjang masa karena nama dan alamatnya akan diabadikan pada pohon yang ditanam. Ini merupakan sebuah tanda jika kamu pernah berkunjung ke Pulau Alor.Menjelajahi budaya disana juga kegiatan yang sangat berkesan.

Pulau Alor Nusa Tenggara Timur
Panorama Pulau Alor

Budaya unik masyarakat yang sebagian dihuni etnis sub-flores juga ada disini, seperti Pakaian Ka – yaitu pakaian yang dihasilkan dari kulit kayu. Pulau Alor juga disebut Pulau Seribu Moko, yaitu gendang perunggu kecil dari budaya Dong Son Vietnam. Dalam segi agama, di pulau ini menyimpan Al Qur’an tertua berusia lebih dari 800 tahun dan merupakan Al Quran tertua yang pernah ditemukan di Asia Tenggara. 

Baca Juga :   Wisata Pulau Kelor, Menikmati Momen Sempurna Pulau Flores

Desa-desa adat ini sangat menarik dikunjungi untuk bisa melihat tenun ikat, rumah tradisional maupun upacara adat. Untuk menghabiskan waktu dengan suasana lain, kamu bisa island hopping juga ke Pulau Ternate, Pulau Pura dan Pulau Kepa. Hm…. terasa liburan yang lengkap bukan!

Fasilitas

Sudah ada beberapa fasilitas yang memadai mulai dari angkutan, transportasi, pasar, pertokoan, perbankan, komunikasi dan bangunan pemerintahan. Hampir sebagian jalan di Pulau Alor sudah diaspal dan sisanya berupa jalan tanah.

Di Kalabahi yang merupakan ibukota Kabupaten Alor, adalah pusat dari semua fasilitas dan akomodasi. Tentunya hal ini akan menambah daya tarik wisatawan untuk berwisata ke Pulau Alor.

Penginapan

Pulau Alor Nusa Tenggara Timur
Penginapan di Pesisir

Menginap di homestay, hotel, maupun dive resort bisa menjadi pilihanmu ketika berwisata di Pulau Alow. Wisata di Nusa Tenggara Timur ini juga mempunya beberapa penginapan di ibu kotanya, Kalabahi. Kamu tinggal pilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

Tips Wisata di Pulau Alor :

  1. Waktu yang baik untuk ke pulau ini adalah bulan Mei – Juli yang menjadi high season tertinggi. Ini akan berdampak pada mahalnya harga tiket. 
  2. Untuk menghindarinya bisa wisata pada bulan April, Agustus dan September.
  3. Hindari datang pada bulan Desember dan Maret karena cuaca biasanya kurang bersahabat.
  4. Jangan lupa membeli oleh-oleh khas Alor seperti kain tenun, kacang kenari, kacang mete dan kopi.
  5. Jangan mengotori pulau wisata ini di darat maupun di laut. 
Share:
error: Content is protected !!