Meski masih terdengar asing, pantai ini bisa menjadi surga bagi para travelers saat berpetualang ke Sumba Barat Daya.

Pesona Pulau Sumba memang tak ada habisnya dari ujung ke ujung. Keindahan tempat-tempat di Pulau Sumba sangat beragam dan berhasil mengundang wisatawan dari segala penjuru nusantara dan dunia. Tak hanya memiliki pulau indah nan eksotis, Sumba juga menyimpan pantai – pantai cantik yang patut dikunjungi ketika kamu berada disana, salah satunya adalah Pantai Mandorak.

pantai mandorak
Pantai Mandorak

Meski masih terdengar asing, pantai ini bisa menjadi surga bagi para travelers saat berpetualang ke Sumba Barat Daya. Pantai Mandorak berada di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (Map : Klik Disini). Termasuk wisata pantai tersembunyi di Sumba, kamu bisa datang ke pantai eksotis ini menggunakan sepeda motor atau mobil.


Cara Ke Pantai Mandorak

Perjalanan bisa dimulai dari Bandara Tambolaka ke Desa Kalenarongo, kemudian ke Desa Pero Batang, Kodi, yang sudah terkenal di kalangan turis mancanegara. Dari Desa Pero bisa langsung menuju pantai yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan kendaraan roda 2.

Perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1 kilometer.Jangan mengeluh lelah dulu guys, karena sesampainya di lokasi semua akan terbayar dengan pantai indah layaknya milik pribadi.


Keindahan Pantai Mandorak

pantai mandorak
Pesona Pantai Mandorak

Salah satu tempat wisata ini memang jadi surga di Sumba Barat Daya. Pantai Mandorak memiliki garis pantai dengan lebar sekitar 50 meter dan berada di balik tebing curam yang dibatasi batu karang yang seolah seperti pintu selebar 3 meter, sangat unik sekali. Pantai di Sumba ini memiliki pasir putih bersih dan berkilau seperti mutiara berpadu dengan air laut yang jernih.

Lokasi pantai berbatasan dengan Samudra Hindia, sehingga arusnya cukup besar. Jadi kamu wajib berhati-hati jika ingin berenang, kecuali jika kamu membawa papan surfing. Selain berenang, surfing, berjemur dan bermain pasir, terjun dari tebing di sisinya juga menarik dilakukan untuk menantang adrenalin dan merasakan sensasi serunya.

Baca Juga :   Pulau Alor Nusa Tenggara Timur, Pesona Taman Laut Kelas Dunia

Masih tergolong sepi, area pantai ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menyendiri, yang penting jangan bertapa disana guys!. Penduduk di sekitar biasanya menyandarkan kapalnya di pantai ini setelah seharian menangkap ikan di laut. Jadi kamu bisa juga menyandarkan dirimu di pasir putihnya yang bersih setelah seharian berpenat-penat ria oleh rutinitas.

pantai mandorak
Pantai Mandorak Sumba

Berada di daerah terpencil ditambah lokasi yang tersembunyi, memang menjadikan Pantai Mandorak sebagai surga tersembunyi di Sumba Barat Daya. Meski begitu jangan salah guys, tidak hanya masyarakat lokal yang datang, tetapi wisatawan mancanegara juga mulai gemar berkunjung ke wisata pantai di Sumba ini.

Selain wisatawan domestik, Pantai di Sumba juga terkenal di kalangan peselancar Internasional. Mereka memilih datang ke pantai ini karena ketenangannya daripada pantai-pantai yang sudah populer di Bali dan Lombok. Selain aksi jungkir balik peselancar, jangan buru-buru meninggalkan pantai ini, karena nuansa sunset juga tak kalah menggoda. Sunset di Pantai Mandorak bisa dibilang sangat eksotis bagi kamu yang demen fotografi.  

Berbagai spot foto yang memadukan sunset dan kecantikan tebing-tebing karang sepertinya sayang jika tidak diabadikan lewat jepretan kamera. Tertarik traveling kesana?

Tips Wisata di Pantai Mandorak :

  • Sebaiknya menggunakan transportasi pribadi karena tidak ada angkutan umum ke arah pantai.
  • Masih tergolong wisata tersembunyi di Sumba, fasilitas belum cukup memadai.
  • Sebaiknya penuhi logistikmu sebelum berangkat.
  • Bawalah pelindung kepala dan kulit dari panas matahari yang menyengat.
  • Waspadai pungli nakal yang ada di sekitar lokasi.Pantai ini masih alami, jangan mengotori tempat wisata dengan membuang sampah sembarangan.
Share:
error: Content is protected !!