Pantai Gandoriah adalah primadona Kota Pariaman.Tidak hanya menawarkan pesona pantai dan pulau cantik, tapi juga Festival Tabuik yang menarik!

Pantai Gandoriah merupakan wisata pantai dengan panorama pulau-pulau kecil yang ada di pusat Kota Pariaman. Panorama yang indah dan kontur yang landai membuat pantai ini menjadi objek wisata populer di Pariaman. Jika kamu sedang liburan di Sumatra Barat, mampirlah ke Pariaman untuk bersantai sejenak di pantai ini.

Wisata pantai di Pariaman ini memiliki lokasi yang sangat strategis, karena dekat dengan pemberhentian transportasi publik. Kamu hanya perlu berjalan sekitar 20 meter dari Stasiun Pariaman untuk menikmati suasana pantai cantik di pusat kota ini.

Pantai Gandoriah berada di Kota Pariaman, Sumatra Barat. Untuk kesana bisa naik transportasi apa saja mulai bus antar kota hingga antar provinsi. Dari Bhandara Internasional Minangkabau, pantai ini berada sekitar 25 kilometer. Jadi, tidak perlu melewati kota Padang atau kota-kota di Sumatra Barat lainnya. Pantai ini juga dilewati kereta api wisata yang datang setiap hari dari Stasiun Simpang Haru Padang. Letak stasiun pemberhentian kereta api Pariaman berada di pintu gerbang pantai Gandoriah.

Sejarah Pantai Gandoriah

Nama gandoriah yang disematkan pada nama pantai bukanlah nama sembarangan. Konon, Gandoriah adalah nama seorang gadis dalam cerita rakyat Minangkabau. Meski begitu, kisah ini jarang diketahui masyarakat kecuali kalangan sesepuh (orang tua ; orang yang dituakan). Kisah tersebut bercerita tentang percintaan antara Puti Gandoriah dan Anggun Nan Tongga.

Pantai Gandoriah Pariaman
Pulau dari Pantai

Diceritakan, Anggun Nan Tongga dan beberapa kawan-kawannya berlayar untuk mencari tiga pamannya yang tidak kunjung pulang. Dia melewati banyak rintangan dalam pencarian itu hingga kemudian berhasil menemukan pamannya satu persatu.

Salah seorang temannya berkhianat dan pulang ke kampung halamannya lebih dulu, membuat Puti Gandoriah berfikir kalau kekasihnya telah tewas. Puti Gandoriah akhirnya semedi di Gunung Ledang, Waktu berlalu, mereka akhirnya dipertemukan dengan kenyataan pahit kalau mereka adalah saudara sepupu yang tidak boleh menikah.

Baca Juga :   Intip 3 Spot Underwater Terbaik di Pulau Weh Aceh

Awalnya, ada beberapa opsi untuk memberikan nama pada pantai di Pariaman ini yaitu Piaman Indah, Angso Duo dan Gandoriah. Seperti yang kita tahu akhirnya nama terakhir dipilih dan diresmikan menjadi nama pantai pada pemerintahan Bupati Zainal Bakar )1990-1994).

Daya Tarik Pantai Pariaman

Pantai Gandoriah Pariaman
Pesisir Pantai Gandoriah

Salah satu tempat wisata di Sumatra Barat ini sangat populer, karena ada banyak akses untuk ke lokasi. Akses yang mudah dan lokasi strategis di tengah kota membuat siapapun bisa mampir dengan mudah. Bahkan, ada kereta wisata dari Padang sampai stasiun di dekat gerbang pantainya. Menarik bukan!

Di lepas pantai Gandoriah terdapat 6 gugusan pulau kecil yaitu Pulau Kasiak, Pulau Angso, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong dan Pulau Bando. Pulau-pulau tersebut sebagian besar dapat disinggahi dengan waktu tempuh sekitar 20 menit perjalanan dari pantai.

Pulau Angso Duo
Pulau Angso Duo

Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai berpasir abu-abu ini, seperti memancing, surving, diving, hingga mengunjungi pulau seberang. Pulau yang menjadi pilihan wisatawan biasanya adalah Pulau Anso Duo yang sudah dikembangkan dengan konsep wisata keluarga dan religi. Jadi liburanmu akan semakin menyenangkan di pantai Gandoriah ini guys!

Festival Tabuik

Tidak hanya menjadi tempat wisata saja, pantai Gandoriah Pariaman juga sering menjadi lokasi diadakannya acara atau festival kebudayaan masyarakat Minangkabau. Setiap tahun, diadakan pembuangan tabuik (peti kayu) ke laut yang dilaksanakan saat matahari terbenam pada tanggal 10 Muharram.

Festival Tabuik
Festival Tabuik

Tabuikdilakukan untuk memperingati wafatnya Hussein bin Ali, cucu Nabi Muhammad pada tanggal 10 Muharram dan sudah dilakukan sejak abad-19 M. Pada pesta ini, dua tabuik dari dua komunitas yaitu Tabuik Pada dan Tabuik Subarang diarak keliling kota dengan tujuan akhir pantai Gandoriah sebelum dibuang kelaut.

Baca Juga :   Pantai Lagundri, Spot Terbaik Menantang Ombak Pulau Nias

Jika kamu datang ke sana saat momentum festival tiba, jangan heran kalau area Pantai Gandoriah menjadi lautan manusia ya!. Pastinya banyak yang datang dari segala penjuru Sumatra Barat hingga turis asing untuk ikut merayakan atau menonton acara menarik ini secara langsung. Tenang saja, ada berbagai penginapan dekat Pantai Gandoriah yang bisa dipilih untuk liburanmu. Jadi kapan kamu mau datang kesini?.

Share:
error: Content is protected !!