Pantai Air Manis adalah pantai populer di Padang yang wajib dikunjungi. Tak hanya indah, di pantai ini juga terdapat batu Malin Kundang yang melegenda!

Pantai Air Manis mungkin jarang didengar, tetapi tentang kisah Malin Kundang, hampir semua orang tahu. Salah satu pantai di Sumatra Barat ini tidak hanya cantik, tetapi menyimpan sisa legenda yang menakjubkan, yaitu batu Malin Kundang.

Siapa tak tak kenal dengan legenda Malin Kundang?. Malin Kundang adalah nama sebuah batu di pantai Air Manis yang konon dulunya nama seorang anak yang durhaka pada ibunya. Legenda Malin Kundang turun-temurun menjadi bumbu hangat para wisatawan ketika mengunjungi pantai cantik di Padang ini.

Pantai Air manis terletak di Kelurahan Air Mani, Kecamatan Teluk Kabung, Kabupaten Padang, Sumatra Barat. Berada sekitar 15 kilometer dari kota Padang. Untuk kesana bisa menggunakan kendaraan pribadi dari pusat Kota Padang menuju ke Teluk Bayur. Disini anda bisa menuju ke lokasi pantai.

Pantai Malin Kundang
Pantai Air Manis Padang

Jika menggunakan angkutan umum, dari kota Padang bisa menggunakan bus jurusan Padang – Bungus.Cara yang bisa ditempuh lainnya adalah melalui Jembatan Siti Nurbaya. Namun jalur ini hanya bisa ditempuh dengan motor atau jalan kaki karena dari bukit Padang ke Pantai Air Manis belum bisa dilalui mobil.

Legenda Malin Kundang

Bicara tentang Pantai Air Manis, tak lepas dari kisah Malin Kundang. Konon, Malin Kundang adalah seorang anak desa yang pergi merantau meninggalkan ibunya. Dalam perantauan, dia akhirnya menjadi orang yang sukses dan kaya raya. Hal itu pula yang membuatnya sombong dan angkuh.

Hingga suatu ketika, ketika kapalnya mendarat di desa tempat dia tinggal dia tidak mengakui siapapun yang mengenalnya, bahkah ibu kandungnya sendiri. Hal itu membuat ibunya mengutuk Malin Kundang menjadi batu. Akhirnya Malin Kundang beserta kapalnya menjadi batu setelah mengalami petaka di lautan.

Baca Juga :   6 Pantai Populer di Belitung dengan View Mempesona

Pesona Pantai Air Manis

Pantai Aia Manih
Kegiatan di Pantai Air Manis

Wisata di Padang ini akrab juga disebut sebagai Pantai Malin Kundang dan Pantai Aia Manih (bahasa Minangkabau). Panorama di pantai Air manis sangat indah dan menjadi salah satu wisata favorit di Padang. Memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi, pantai ini cocok untuk peselancar pemula.

Keistimewaan pantai ini memang karena adanya batu Malin Kundang yang bentuknya tampak seperti manusia sedang bersimpuh di kawasan pantai. Batu Malin Kundang ini berada di sisi selatan pantai, dikelilingi batu-batu mitip reruntuhan kapal. Ada gulungan tali tambang hingga gentong kayu yang sangat detail.

Batu Malin Kundang
Batu Malin Kundang

Namun, tidak hanya batu Malin Kundang yang dapat disaksikan, pemandangan Pantai Air Manis sangat menyejukkan mata. Memiliki garis pantai yang luas dan memiliki view yang indah, membuat siapapun betah berlama-lama di pantai ini.

Area pantai yang luas membuatmu bebas melakukan aktivitas seru di pantai ini. Kamu bisa berjalan santai di garis pantainya yang panjang, olah raga pantai, melihat sunrise maupun sunset hingga bermain ATV yang bisa disewa per jam!. Fasilitas pendukung yang cukup lengkap akan membuat liburanmu semakin nyaman dan mengasyikkan!.

Pulau Pisang

Langit yang sangat biru dengan pantai yang masih bersih sangat menawan untuk dinikmati. Pemandangan Gunung Padang serta dua pulau kecil di depannya membuat panorama sekitar pantai semakin indah. Dua pulau bernama Pulau Pisang Kecil dan Pisang Besar bersebelahan, tidak jauh dari lokasi batu Malin Kundang.

Wisata Pantai Air Manis
Pulau Pisang

Salah satu pulau, yaitu pulau Pisang Kecil bisa dijangkau dengan perahu atau berjalan kaki ketika air surut. Jadi sebaiknya tidak berlama-lama di Pulau Pisang Kecil dan usahakan sebelum sore atau saat laut pasang. Ombaknya jika sedang pasang besar bisa menutup batu Malin Kundang. Air laut yang menutupiatu tersebut membuat batu di sekitarnya menyerupai dinding kapal yang sudah pecah.

Baca Juga :   Intip 3 Spot Underwater Terbaik di Pulau Weh Aceh

Ada beberapa tempat bermalam di sekitar kawasan Pantai Air Manis dengan harga terjangkau. Selain itu ada warung makan di sepanjang pantai, tempat parkir, toko souvenir, toilet umum, persewaan papan selancar dan juga tempat ibadah.

Meski kebenaran Batu Malin Kundang masih dipertanyakan, tempat ini tetap menjadi tempat wisata favorit dengan segala keunikannya yang mampu mengundang para wisatawan. Adanya batu Malin Kundang juga mengingatkan kepada siapapun yang berkunjung untuk tidak menjadi anak durhaka.

Pantai Air Manis Padang
Sunset Pantai Air Manis

Tips :

  1. Waktu terbaik untuk ke tempat ini adalah pagi hari jika ingin ke Pulau Pisang. Sore hari bisa melihat sunset yang indah.
  2. Sebaiknya segera kembali dari Pulau Pisang sebelum sore. Saat sore air laut pasang dan akan kesulitan untuk kembali karena air bisa menenggelamkan area pantai di Pulau Pisang.
  3. Jangan lupa membawa sunblock dan pelindung kepala (topi,payung) karena area pantai sangat panas di siang hari. 
  4. Jika ingin camping bisa menghubungi pengelola.
  5. Jangan merusak apapun di area pantai.
  6. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan dan melakukan vandalisme. 

Informasi Wisata Pantai Air Manis :

  • Lokasi : Jl. Malin Kundang, Air Manis, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam.
  • HTM : – / biaya parkir.
  • Aktivitas : Bersantai, berburu spot, olah raga, ATV, camping, dst.
  • Fasilitas : Area parkir, warung, toilet, area bermain, tempat istirahat, area memancing.
  • Wisata Sekitar : Wisata Bukit Karan indah, Marawa Beach Club, Puncak Bukit Gado-gado .
Share:
error: Content is protected !!