Pernah diterjang bencana Tsunami pada 2004, sektor wisata Aceh kembali bangkit. Beragam wisata pantai cantiknya kembali menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pantai di Aceh memiliki pesona yang terbilang indah. Aceh merupakan provinsi paling barat di Indonesia, sekaligus menjadi daratan yang dekat dengan episentrum gempa bumi. Pada 26 Desember 2004, Aceh pernah diterjang bencana tsunami yang sempat membuat kegiatan ekonomi wilayah ini berhenti selama beberapa waktu.

Kini, dengan berjalannya waktu, sektor wisata di Aceh mulai tumbuh. Aceh kembali menyapa masyarakat dan juga wisatawan, tentu saja untuk memperkenalkan pesona alamnya yang seolah hidup dari kematian. Banyak tempat wisata pantai di Aceh yang menyuguhkan pemandangan alam mempesona. Aceh menghadirkan beragam wisata pantai yang telah menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pantai di Aceh 

Berikut adalah tempat wisata pantai di Aceh yang wajib dikunjungi :

1. Pantai Iboih

Pantai Iboih
Pantai Iboih

Lokasi : Sukakarya, Kota Sabang, Kepulauan Weh
Map : Klik Disini

Berkunjung ke Aceh, jangan lupakan pantai di Pulau Weh satu ini. Bisa dibilang pantai Iboih adalah pantai tercantik di Aceh yang sangat terkenal. Pantai yang memiliki nama lain Pantai Teupin Layeu ini menyuduhkan panorama yang sangat indah.

Pasir putih dan air laut biru cerah adalah sambutan pertama yang dihadirkan oleh Pantai Iboih. Tak hanya itu saja, pantai di Aceh ini memiliki keindahan taman bawah laut yang memanjakan mata. Kamu bisa menikmati pantai maupun terjun ke dalam laut beningnya.

Jika tidak suka aktivitas snorkeling, pesona taman laut Pantai Iboih tetap bisa dinikmati. Namun, kurang lengkap rasanya jika tidak menyapa biota laut secara langsung di tempat wisata Pantai Iboih ini. Jika bosan, kamu bisa menyeberang ke pulau Rubiah. Pantai Iboih adalah pelabuhan untuk ke pulau Rubiah, jadi kamu bisa sekalian mampir kesana!.

Baca Juga :   Intip 3 Spot Underwater Terbaik di Pulau Weh Aceh

2. Pantai Lampuuk 

2. Pantai Lampuuk 
Pantai Lampuuk 

Lokasi : Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar
Map : Klik Disini

Berada sekitar 15 kilometer dari Banda Aceh, Pantai Lampuuk menawarkan pasir putih lembut dan tebing karang menjulang di ujung pantainya. Pantai di Aceh yang menghadap Samudra Hindia ini adalah salah satu primadona di Tanah Rencong sebelum tsunami Aceh 20024. Saat tsunami terjadi, Pantai Lampuuk juga terkena dampaknya.

Kini Pantai Lampuuk kembali dengan pesona alamnya untuk menyapa wisatawan. Destinasi wisata di Aceh ini kembali dibuka dengan wajah baru, menjadi wisata favorit yang cukup digemari. Layaknya pantai Kuta Bali, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti berenang, berjemur, selancar dan juga melepas tukik di saat-saat tertentu.

Garis pantai yang memanjang sekitar 5 kilometer menjadikan Pantai Lampuuk’pun disebut sebagai Pantai Kuta’nya Aceh. Pantai ini juga punya muara dan penginapan yang berada di tebing batu. Jika ingin lebih puas, kamu bisa berlama-lama disana.

3. Pantai Rubiah

Pantai Rubiah
Pantai Rubiah

Lokasi : Pulau Rubiah, Sukakarya, Sabang.
Map : Klik Disini

Dari Pantai Iboih, kamu bisa menyeberang ke Pantai Rubiah yang ada di barat laut Pulau Weh. Nama pulau ini diambil dari nama Cut Nyak Rubiah yang makamnya ada di pulau tersebut. Di pulau yang memiliki luas sekitar 2.600 Ha ini kamu bisa bersantai hingga menyapa kerajaan bawah lautnya yang istimewa.

Hal menarik di Pantai Rubiah adalah menikmati surga bawah lautnya yang masih alami. Taman Laut Pulau Rubiah memiliki sekitar 14 dari 15 biota laut yang dilindungi di Indonesia. Oleh sebab itu jangan heran kalau banyak wisatawan betah berlama-lama melakukan aktivitas wajib yaitu snorkeling hingga free diving.

4. Pantai Batu Berlayar

Pantai Batu Berlayar
Pantai Batu Berlayar

Lokasi : Gampong Gunung Cut, Kecamatan Sama Dua, Aceh Selatan.
Map :
Klik Disini

Baca Juga :   6 Pantai Populer di Belitung dengan View Mempesona

Mungkin pantai di Aceh ini cukup berbeda karena lebih menyajikan bebatuan besar daripada pasir putih layaknya pantai-pantai lain. Sesuai namanya, memang ada batu besar mirip kapal di dekat pantai. Namun, Legenda Putri Naga yang dipercayai masyarakat menyebutkan bahwa batu-batu itu dulu juga berlayar seperti kapal, kemudian bersandar di pantai tersebut.

Bibir pantainya yang mungil memiliki pasir putih dengan air jernih. Bebatuan besar yang tersebar di sekitarnya menambah daya tarik tempat wisata Pantai Batu Berlayar. Bagi yang hobi memancing, bisa menyalurkan hobinya di pantai ini. Memancing ditemani terpaan angin pantai yang menyapu pepohonan bakau akan menambah suasana tenang dan nyaman.

5. Pantai Lhok Bubon

Pantai Lhok Bubon
Pantai Lhok Bubon

Lokasi : Desa Lhok Bubon, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat
Map : Klik Disini

Ingin menikmati hidangan laut khas di tepi pesisir Aceh?, kunjungi saja Pantai Lhok Bubon. Selain panorama alamnya, pantai di Aceh ini juga terkenal sebagai penghasil seafood. Wisatawan yang datang kebanyakan untuk menikmati kuliner laut sambil menikmati pantai yang tenang. 

Tak hanya itu, di pantai Lhok Bubon juga terdapat pelelangan ikan – ikan segar. Berbagai jenis ikan bisa dipilih untuk dibawa pulang atau dimasak untuk dikonsumsi di warung-warung yang ada. Maka jangan heran kalau tempat wisata di Aceh ini sangat diminati banyak kalangan.

6. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam
Pantai Anoi Itam

Lokasi : Kecamatan Sukajaya Kota Sabang, Aceh
Map : Klik Disini

Di Pulau Weh, Pantai Anoi Itam adalah pantai satu-satunya yang berpasir hitam. Bahkan keunikan dan kecantikan wisata Sabang ini membuatnya meraih predikat sebagai salah satu pantai tercantik Nusantara versi majalah Garuda Indonesia. Selain itu, terdapat kandungan nikel tinggi yang menyebabkan berat jenis pasirnya lebih berat dari pasir hitam pada umumnya.

Baca Juga :   Pantai Tanjung Tinggi Belitung, Dekapan Mesra Negeri Laskar Pelangi

Meski berpasir hitam, air laut yang jernih menjadi sajian utama ketiak berwisata di pantai ini. Pesona alam Pantai Anoi Itam juga bisa dinikmati dari atas bukit dimana akan tampak panorama alam yang menakjubkan. 

7. Pantai Kasih

Pantai kasih
Pantai Anoi Itam

Lokasi : Sabang, Kepulauan Weh.
Map : Klik Disini

Berbeda dengan Pantai Anoi Itam, pasir Pantai Kasih berstektur halus dan putih. Wisata Aceh ini cocok untuk voli pantai, bermain bola,  camping dan aktivitas lainnya. Pantai ini cukup berbatu dengan pepohonan kelapa di pesisirnya. Selain itu kamu juga bisa melihat pelayaran kapal barang atau perahu nelayan yang sedang hilir mudik.

Dekat dengan pemukiman, banyak guest house pilihan untuk memanjakan liburanmu. Terdapat wisata kuliner khas yang bisa dicoba. Selain pantai, adanya beberapa benteng peninggalan Perang Dunia II menambah daya tarik tempat wisata di Aceh ini.

Itu adalah 7 pantai di Aceh yang bisa dikunjungi. Meski dulu sebagian tempat wisata pantainya pernah diluluh lantakkan oleh tsunami, kini Aceh hadir kembali untuk menyapa para wisatawan, termasuk kamu lho!

Share:
error: Content is protected !!