Ke Belitung tapi belum ke Pantai Tanjung Tinggi?, rasanya bagai sayur tanpa garam. Pesona alam yang cantik membuat siapapun berhasrat untuk kesana.

Pantai Tanjung Tinggi merupakan tempat wisata di Belitung paling populer. Pulau Belitung pasti mengingatkan pada film layar lebar berjudul ‘Laskar Pelangi’ yang booming pada tahun 2008. Film itu pula yang membuat Belitung dilirik wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Kini, Belitung semakin populer dengan sebutan baru ‘Negeri Laskar Pelangi’. Ke Belitung tapi belum ke Tanjung Tinggi?, rasanya bagai sayur tanpa garam. Ya… Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai paling terkenal di Belitung. Berjuluk Pantai Laskar Pelangi, pantai inilah yang menjadi ciri khas Belitung.

Cara ke Pantai Tanjung Tinggi

Tempat wisata Pantai Tanjung Tinggi berada di sebelah utara Belitung, tepatnya di Keciput, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33414 (Map : Klik Disini). Berada sekitar 37 kilometer dari pusat kota Tanjungpandan. Untuk ke Pantai Tanjung Tinggi, kamu bisa mengambil beberapa alternatif rute, yaitu : 

  • Dari Pulau Bangka berlayar dari pelabuhan Pangkal Balam di Pangkalpinang Bangka. Rute ini hanya dilayani oleh kapal express bahari dan jadwal kapal biasanya, senin, rabu dan jumat saja.
  • Melalui Tanjung Pandan – Tanjung Kelayang : rute ini memakan waktu lebih lama, tetapi akan melewati banyak resto, ATM, dan warung.
  • Lewat Jl.Sudirman – Jl.Sjiuk akan tembus ke Jl. Tanjung Pandan – Tanjung Kelayang. Melewati rute ini bisa sekalian mampir ke Danau Kaolin.

Negeri Laskar Pelangi

Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi

Tempat wisata di Belitung ini memiliki luas sekitar 80 Ha. Dahulu tempat ini adalah pelabuhan nelayan bagi desa terdekat Keciput atau Tanjung Tinggi. Pantai cantik ini berbentuk teluk kecil, diapit oleh Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut biru bening yang tenang, nyaris tanpa ombak. Melihatnya, akan membuat siapapun tergoda untuk bermain-main di pantai ini.

Baca Juga :   Intip 3 Spot Underwater Terbaik di Pulau Weh Aceh

Di tepian pantainya berjajar puluhan batuan granit dari ukuran kecil hingga besar yang menjadi daya tarik utama Pantai Tanjung Tinggi. Bebatuan granit inilah yang menjadi ciri khas pantai di Belitung, dimana telah menjadi spot menarik yang dicari para wisatawan!. 

Suasana yang masih segar, bersih dan alami akan membuat kamu enggan untuk beranjak dan ingin menikmati pantai lebih lama.Tidak hanya menikmati pesona alamnya yang tenang, berbagai aktivitas bisa kamu lakukan, seperti berjemur, berenang, memancing, snorkeling, jetsky dan kano. 

Untuk melengkapi hobimu, disekitar pantai banyak disewakan dayung-dayung karet, kano, dan ban. Untuk menyewa perahu karet kamu cuma perlu bayar Rp. 50.000. Gelombang air yang kecil dan lambatnya arus air menjadikan tempat ini sangat aman untuk berenang. Tidak bisa berenang?. Tenang… ada berbagai jenis perahu disewakan yang bisa memenuhi hasratmu untuk mengeksplore lautan Pantai Tanjung Tinggi.

Pesona Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi
Laut yang Bening

Di area dangkal, ratusan ikan dan lamun akan menyambut siapapun yang datang. Namun, jangan berhenti disitu guys. Jika kamu ingin melihat keragaman terumbu karang, menyelamlah agak ke tengah. Sebagian terumbu karang di perairan dangkal kebanyakan mati karena kering yang disebabkan pasang-surut air, sedangkan pada bagian lebih dalam, keragaman bawah lautnya bisa dinikmati meski tidak begitu luas. 

Selesai menjelajahi pantai, jangan lupakan sunset yang selalu menjadi momen istimewa bagi penggemar pantai. Menikmati sunset sambil duduk di sebuah batu granit besar akan menjadi cerita perjalanan yang penuh kenangan manis. Saat itu, jangan berharap matahari tidak pernah benar-benar tenggelam, karena suasana romantisnya yang benar-benar memikat mata. 

Menjadi wisata andalan di Belitung yang sangat fenomenal, Pantai Tanjung Tinggi dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Ada warung makan, toilet umum, persewaan jetsky dan kano. Bagi yang kurang puas menikmati pesonanya, tersedia penginapan di dekat pantai mulai dari homestay dan hotel berbintang. 

Baca Juga :   Pantai Gandoriah, Wisata Alam dan Budaya Masyarakat Pariaman

Tips Wisata di Pantai Tanjung Tinggi :

  • Kamu bisa menggunakan pesawat udara (Kode : TJQ) untuk ke Belitung dan mendarat di Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin atau dikenal juga dengan nama Bandar Udara Internasional Buluh Tumbang.
  • Rute kapal ekpress bahari dari Bangka ke Belitung hanya bisa memuat penumpang tidak bisa mengangkut barang seperti mobil atau sepeda motor.
  • Angkutan umum di Belitung masih sangat minim. Gunakan jasa rental mobil atau sewa motor.
  • Wisata ke Belitung tentu menggunakan transportasi laut jika ingin mengunjungi pulau-pulau eksotis di Belitung. Kamu bisa menyewa kapal di kawasan pantai Tanjung Kelayang.
  • Jangan mengotori area pantai dan jangan melakukan vandalisme.

Belitung yang dulu hanya dikenal sebatas tetangga pulau Bangka’pun mulai melejit. Pesona alam’nya yang selama ini tersembunyi mulai membuat siapapun jatuh cinta dan ingin buru-buru kesana, terlebih ke Pantai Tanjung Tinggi. Jadi, kapan kamu kesana?

Share:
error: Content is protected !!