Pantai Lagundri menjadi idaman para selancar dari berbagai penjuru dunia. Ombak yang tinggi membuatnya disebut terbaik kedua setelah Hawaii.

Pantai Lagundri menjadi idaman para selancar dari berbagai penjuru dunia. Tidak hanya menawarkan panorama yang indah, pantai di Sumatera Utara ini memiliki ombak besar berkelas dunia. Maka, memang pantas kalau pantai ini menjadi salah satu pantai terbaik di Pulau Nias.

Seperti Pantai Sorake yang lokasinya tidak terpaut jauh, Pantai Lagundri cocok untuk surfing bagi pemula hingga master. Letaknya yang berhadapan dengan Samudra Indonesia membuat ombaknya ideal bagi peselancar dengan sensasi yang luar biasa. Itulah kenapa Pantai Lagundri sudah beberapa kali menjadi lokasi lomba selancar baik nasional maupun internasional.

Lokasi & Rute

Pantai Lagundri berada di Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara. Berada sekitar 12 kilometer dari Ibu Kota Nias Selatan, lokasinya cukup terpencil sehingga tetap asri hingga kini. Ada beberapa alternatif rute ke Pantai Lagundri, yaitu :

  • Dari Bhandara Polonia Medan ke Bhandara Binaka di Gunungsitoli (Nias). Berlanjut dengan kendaraan umum berupa minibus menuju ke Pantai Lagundri sekitar 3 jam. Jalur dari Gunungsitoli ada dua, yaitu pertama melewati Lahewa lalu membelah Pulau Nias hingga ke Telukdalam. Jalur kedua menyusuri pantai melewati kota-kota kecamatan yaitu : Gido, Bawolato, Idanogawo dan Lahusa.
  • Dari Kota Padang lewat jalur darat harus ke Sibolga dengan perjalanan sekitar 6 jam dan menuju Gunungsitoli menggunakan kapal fery cepat selama 3 jam. Jika lewat jalur udara menggunakan penerbangan perintis SMAC yang beroperasi hari Senin dan Jum’at. Dari Padang transit ke Pulau Telo dan terbang kembali ke Binaka.
  • Dari Jakarta ada kapal mingguan dari Jakarta ke Gunungsitoli, ada feri dari Sibolga ke Gunung Sitoli. Bisa juga menggunakan bus PT. Antar Lintas Sumatra dari Lebak Bulus menuju Sibolga dan dilanjutkan dengan kapal motor menuju ke Pulau Nias.
Pantia Lagundri

Ombak Kelas Dunia Pantai Lagundri

Pesona pantai cantik ini sudah dikenal dunia Internasional lho!. Area pantai yang asri dan indah serta ombak yang tinggi membuat tempat ini menjadi wisata unggulan di Pulau Nias. Bahkan, Pantai Lagundri dan Pantai Sorake disebut sebagai tempat selancar paling baik kedua setelah Hawaii.

Baca Juga :   6 Pantai Populer di Belitung dengan View Mempesona

Bukan tanpa alasan guys, ombak di pantai ini diperkirakan memiliki ketinggian sampai 15 meter, bahkan bisa lebih tinggi seiring dengan dorongan arus dari tengah lautan. Sehingga para wisatawan tertantang untuk menggelar atraksi surfing. Tak hanya itu, pantai ini juga pernah menjadi tempat kejuaraan Nias Pro International Surfing lho!

Ombak Pantia Lagundri

Selain berselancar, Pantai Lagundri sangat bagus untuk tujuan wisata dengan keindahan pasir putih pantai dan air laut yang biru. Pesona pantai ini semakin mendunia setelah diadakan Sail Nias 2019, yaitu turnamen tahunan untuk mempromosikan pariwisata Pulau Nias.

Bagi yang tidak bisa surfing, tenang saja guys!. Tidak sedikit warga lokal yang bisa menjadi pemandu bila ingin belajar berselancar. Kamu juga bisa snorkeling untuk melihat ragam jenis biota laut di perairan Pantai Lagundri yang sangat dijaga kelestariannya. Tertarik mencoba?

Tips :

  1. Untuk belajar berselancar lebih baik pagi hari karena ombak belum terlalu besar dan tinggi.
  2. Musim terbaik untuk menyaksikan lomba selancar adalah antara Juni atau Juli atau saat festival Nias Sail.

Infomasi Pantai Lagundri :

  • Lokasi : Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara. (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 07.30 – 18.00
  • HTM : ±Rp.10.000
  • Aktivitas : Surving, snorkeling, bersantai.
  • Fasilitas : Penyeraan alat selancar, surf camp, kamar mandi/toilet, area parkir, rumah makan, penginapan.
Share:
error: Content is protected !!