Hampir semua pantai Karimun Jawa mampu mengundang banyak wisatawan. Taman Nasional Laut ini memiliki bentang alam yang tiada duanya!

Siapa yang tidak mengenal Karimun Jawa?. Kepulauan di ujung Jawa ini menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang sangat terkenal di kalangan tirus domestik maupun mancanegara. Maka tak heran banyak paket wisata yang menawarkan liburan ke Karimun Jawa.

Kepulauan yang sudah ditetapkan menjadi salah satu taman nasional laut di Indonesia ini menjadi surga bawah laut bagi siapapun yang menyukai snorkeling maupun diving. Suasana alami, tenang, nyaman dan banyaknya tempat wisata akan membuatmu betah berlama-lama disini.

Cukup jauh dari Pulau Jawa, Karimun Jawa memang tempat yang tepat untuk refreshing dari hiruk pikuk kota. Pulau Karimun Jawa terletak di Laut Jawa dan masuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pada tahun 1986, pulau ini dinyatakan sebagai Perlindungan Daerah Laut meliputi luas 272 ribu Ha dengan sebagian besar bagiannya adalah laut. Terbayang kan bagaimana indahnya wisata pantai di Karimun Jawa?

Cara ke Karimun Jawa

Pergi ke Karimun Jawa sangat mudah dan bisa dimulai via laut dari pelabuhan Semarang dan Jepara, atau transportasi udara dari Semarang. Berikut beberapa cara ke Karimun Jawa :

  • Dari pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Kapal Kartini berangkat setiap sabtu jam 9 pagi ke Karimun Jawa dan kembali pada Minggu siang dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. 
  • Dari Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara, Kapal Muria berangkat tiap dua hari sekali dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan. 
  • Jalur udara bisa ditempuh dari Bhandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandar udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan waktu sekitar 30 menit.

Kamu bisa memilih naik kapal cepat atuapun kapal feri untuk berlayar ke Karimun Jawa, dengan perbedaan waktu tembuh sekitar 3 jam. Jadwal kapal dari Pelabuhan juga perlu diperhatikan dan sering-seringlah cek ulang sebelum merencanakan kesana guys, karena jadwal kapal berubah sesuai dengan cuaca di laut jawa.

Baca Juga :   Pantai Plengkung Banyuwangi, G-Land Favorit Para Surfer

Pantai Karimun Jawa

Karimun Jawa menawarkan segalanya, mulai dari pantai, bawah laut, bukit dan sebagainya. Sebagian besar wilayah Karimun Jawa adalah lautan dan bisa dipastikan akan banyak wisata pantai yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Karimun Jawa. 

Kebanyakan wisatawan yang berlibur ke Karimun Jawa adalah ingin melihat kehidupan bawah laut dan menikmati panorama alam yang sunyi dan indah. Berikut adalah wisata alam pantai yang bisa dinikmati di Pulau Karimun Jawa :

1. Legon Lele

Pantai Legon Lele
Pantai Legon Lele

Jika ingin suasana romantis, atau sedang bulan madu, wisata pantai di Karimun Jawa ini cocok menjadi tujuan. Pantai Legon Lele memang jarang dikunjungi, karena tidak ada spot snorkeling, tetapi pantai ini termasuk salah satu pantai terbaik di Karimun Jawa. 

Pantai lagoon lele berada di sebelah timur dan bisa ditempuh via jalur darat sekitar 15 menit dari kota, atau jika saat berada di speedboat, bisa mampir ke pantai ini yang sudah dilengkapi dermaga. 

Sisi utara pantai lagoon lele berupa bukit dan gunung Karimunjawa. Di sekitar pantai ada hutan mangeove yang masih alami. Sunrise dan sunset bisa dinikmati dari tempat ini. Jika kekurangan waktu, beberapa rumah penduduk disana bisa dijadikan penginapan sementara, kecuali kamu berniat camping.

 

2. Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam
Pantai Ujung Gelam

Ini adalah salah satu pantai populer wisatawan untuk menikmati sunset. Pantai cantik di ujung barat Karimun Jawa ini memang cukup ramai, sebanding dengan banyaknya spot foto menarik yang bisa dijadikan buruan. Menikmati panorama pantai akan semakin lengkap dengan adanya warung yang menjual makanan ringan, minuman hingga seafood.

Selain pasir putih indah di depan laut tosca yang bening, maka jangan segan untuk mencoba snorkeling di area Pantai Ujung Gelam. Kamu bisa menyewa peralatan snorkeling maupun menyewa pemandu tour dan pemandu diving. Kurang lengkap apa coba petualangan di bawah airmu?

Baca Juga :   8 Tempat Wisata di Bandung, Tersembunyi & Anti Mainstream

3. Batu Topeng

pantai batu topeng
Pantai Batu Topeng

Berada di timur laut Pantai Ujung Gelam, Pantai Batu Topeng dapat diakses dengan sepeda motor, mobil maupun kapal. Jika kamu sedang ada di Ujung Gelam, mampirlah ke pantai cantik dan tenang ini. Konon, dinamakan batu topeng karena ada bentuk bebatuan menyerupai topeng.

Meski memiliki keadaan laut yang sama, dengan ombak kecil dan air bening, ada spot menarik di tempat ini. Ada gasebo diatas bebatuan yang bisa menjadi tempat bersantai ala pantai pribadi. Lokasinya tidak jauh dari pantai, jadi kamu bisa langsung berjalan kesana dan bersantai sesuka hati, kalau sepi loh ya. Sama seperti pantai yang lain, sunset menjadi primadona utama di pantai ini. 

4. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Pantai Nirwana

Jika kamu suka suasana yang romantis, kunjungilah pantai ini, karena masih alami dan sangat indah. Memiliki luas kurang lebih 20 Ha ini memiliki pasir putih yang bersih, jajaran pohon kelapa yang meneduhkan suasana dan ombak yang tenang. Biota laut yang beragam menjadikan pantai ini juga cocok untuk snorkeling. Jika ingin lebih privat, ada resort yang bisa dijadikan jujugan.

Nirwana Resort memiliki pantai pribadi yang dapat dinikmati oleh tamu hotel. Resort mewah ini menawarkan pemandangan cantik dari pantai-pantai timur Karimun Jawa. Siapa yang tidak ingin dimanjakan dengan pantai pribadi di resort mewah?. Kamu bisa memilih resort ini untuk rencana bulan madu guys!. 

5. Pulau Tengah

Pantai Pulau Tengah
Pantai Pulau Tengah

Salah satu pantai Karimun Jawa yang tak kalah cantik adalah Pantai pulau tengah. Di area pantai ini, terdapat beberapa bangunan menjorok ke laut bening yang dihubungkan dengan jembatan kayu. Hanya memerlukan waktu sekitar 1-1,5 jam penyeberangan dari Karimunjawa besar, kamu bisa menikmati liburan berkelas disini. 

Baca Juga :   12 Wisata Pulau Bawean Gresik Terfavorit & Populer

Pantai yang sudah populer ini dilengkapi fasilitas yang baik, seperti warung, toilet, tempat makan BBQ lesehan, jembatan dan kolam ikan. Sehingga, banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan disana, mulai berenang, bersantai, berjemur, dan sebagainya. Kawasan pulau yang teduh, indah dan nyaman, pasti membuat liburanmu semakin berkesan. 

6. Pulau Seruni

Pantai Pulau seruni
Pantai Pulau seruni

Pulau surganya ikan nemo ini berada di sebelah timur Karimunjawa, berdampingan dengan Pulau Genting dan Pulau Sambangan. Diantara tiga pulau tersebut, ada pulau gosong (terbentuk karena air surut) yang luas. Pantai di Pulau Seruni memiliki pasir putih yang bersih dan indah. Banyaknya terumbu karang di lautan dangkal, kamu bisa melihat ikan nemo hilir mudik disini guys.

Pulau Seruni belum berpenghuni dan menjadi habitat kerang remis bercangkang atau meretrix yang banyak hidup di bawah pasir. Hanya ada satu rumah di pulau ini, yaitu rumah penjaga pulau. Jadi selain bersantai ala pulau pribadi ini, kamu bisa ngobrol santai dengan mereka juga. 

7. Batu Putih

Pantai Batu Putih
Pantai Batu Putih

Seperti namanya, di pantai ini terdapat bongkahan karang laut yang bagian atasnya agak berwarna putih. Tapi bukan itu saja yang membuat Pantai Batu Putih ini menarik. Pantai ini cenderung sepi, dan masih bersih. Banyak spotfoto juga disini, karena pantainya dihiasi oleh batuan dengan bentuk cantik. 

Meski ada area yang dipenuhi karang, ada area pasir putih yang bisa kamu jadikan tempat bersantai atau camping. Area pantai Batu Putih sangat sejuk karena ada banyak pepohonan di pesisirnya. Area pantainya tidak luas, untuk itulah camping direkomendasikan di tempat ini. 

Itulah 7 pantai unik dan menawan yang bisa kamu kunjungi ketika berwisata ke Pulau Karimun Jawa. Hal penting yang perlu diingat adalah, tetap jaga kebersihan alam ya guys!.

Share:
error: Content is protected !!