Jalan-jalan ke Blitar jangan lupa beli ragam jajanan dan aksesoris ikoniknya. Berikut beberapa oleh-oleh kha Blitar yang bisa jadi pilihan!

Blitar dikenal sebagai Bumi Bung Karno dan memiliki julukan Kota Patria. Kota kecil ini memiliki kekayaan alam, budaya, sejarah dan kuliner yang menarik untuk ditelisik. Semuanya itu dihadirkan dalam ragam oleh-oleh khas Blitar yanh didominasi jajanan jadul dan pernak-pernik tari tradisional kuda lumping (jaranan).

Kota kecil nan kaya sejarah ini menjadi tujuan wisata yang diminati banyak orang. Panorama alam mulai laut hingga dataran tinggi sangat sesuai untuk semua kalangan. Apalagi, Blitar dikenal sebagai kotanya para raja, karena disini ada candi pendharmaan Raden Wijaya, Raja Pertama Majapahit, serta adanya kompleks candi Hindu terluas di Jawa Timur, Candi Palah atua Candi Penataran.

Bagi kamu yang sedang jalan-jalan ke Blitar, kamu bisa menemukan ragam jajanan tradisional yang masih eksis hingga sekarang lho!. Kamu juga akan mendapati banyak aksesoris dan perlengkapan seni tradisional yang ada disana. Yuk simak apa saja yang ada di Blitar!

Oleh – oleh Khas Blitar

1. Dodol Belimbing

Dodol Belimbing

Harga : ± Rp. 25.000

Banyak hasil bumi yang wajib ditunggu di Blitar. Selain nanas dan durian, ada belimbing yang bisa dijadikan buah tangan. Bahkan, di daerah Karangsari, Kota Blitar, ada agrowisata belimbing bintang yang bisa dikunjungi.

Tak hanya bisa menyusuri kebun belimbing, kamu juga bisa membeli beberapa olahan belimbing bintang, salah satunya dodol. Meski ada oalahan lainnya, dodol belimbing bintang paling diminati karena rasa manis dan teksturnya yang lembut.

2. Geti

Geti khas blitar

Harga : ± Rp. 10.000 / 100 gram

Enting-enting atau geti merupakan jajanan tradisional yang masih eksis hingga kini. Cemilan ini terbuat dari kacang tanah, wijen dan gula yang membuat rasanya gurih, renyah dan manis. Oleh-oleh khas Blitar ini wajib kamu bawa pulang karena bisa membuatmu bernostalgia.

3. Kopi De Karanganjar Khas Blitar

Kopi De Karanganjar Khas Blitar

Harga : ± Rp. 53.000

Blitar juga memiliki kebun kopi yang kini dibuka menjadi tempat wisata, yaitu De Karangajar Koffieplantage. Di kebun kopi atau Desa Belanda ini kamu bisa bersantai di cafe, masuk rumah loji dan museum, dan melihat pabrik kopi jaman dulu. Menariknya, tempat ini merupakan pabrik kopi kualitas terbaik di Blitar.

Untuk berkeliling kamu bisa menyewa pemandu. Jika ingin bersantai, kamu bisa nongkrong di cafe sambil ngopi atau membeli produk kopi disana. Bahkan, kamu bisa membawa pulang kopi nusantara yang berasal dari berbagai daerah juga lho!.

4. Manisan Belimbing Wuluh Kiong

Manisan Belimbing Wuluh

Harga : ± Rp. 25.000 / 150 gram

Belimbing wuluh atau belimbing sayur yang dikenal asam ternyata enak saat menjadi manisan lho guys!. Bentuknya yang mirip kurma dengan tekstur kenyal dan rasa manis sangat pas dinikmati saat bersantai.

Proses pembuatan manisan belimbing wuluh cukup lama karena diproses dengan cara tradisional, sekitar semingguan. Tanpa pemanis dan pengawet buatan, jajanan yang mulai langka ini bisa menjadi pilihan menarik untuk dibawa pulang!

5. Olahan Cokelat Khas Blitar

Olahan Cokelat Khas Blitar

Harga : bervariasi

Siapa yang tak kenal wisata Kampung Cokelat di Blitar?. Kawasan perkebunan yang dikembangkan menjadi tempat wisata ini sangat populer di kalangan para wisatawan. Tak hanya bersantai, kamu juga bisa ikut paket wisata edukasi yang menarik.

Banyak jenis oleh-oleh khas Blitar berbahan cokelat yang bisa kamu pilih. Misalnya cokelat batang, pia, permen, kue dan sebagainya. Ada juga pernak pernik yang bisa kamu bawa pulang!.

6. Opak Gambir

Opak Gambir

Harga : ± Rp. 20.000

Opak gambir merupakan jajanan khas Blitar yang sangat populer hingga luar daerah. Menjelang hari raya, jajanan ini banyak dijumpai di pusat oleh-oleh maupun penjual cemilan. Bahannya terbuat dari tepung, telur, gula, kemudian digoreng.

Bentuk opak gambir bervariatif, sehingga kamu bisa memilihnya sesuai selera. Tak hanya bentuk, warnanya juga variatif agak lebih cantik untuk oleh-oleh. Rasa gurih dan kriuknya pasti membuatmu ketagihan.

7. Peyek Uceng Khas Blitar

Peyek Uceng Khas Blitar

Harga : ± Rp. 15.000 – Rp. 18.000

Peyek uceng juga bisa jadi pilihan kuliner sekaligus jajanan yang bisa dipertimbangkan. Uceng adalah sejenis ikan air tawar yang kerah dijadikan bahan baku masakan. Rasa uceng yang khas membuat makanan ini digemari banyak kalangan.

8. Sagon

Sagon

Harga : ± Rp. 20.000 – Rp. 32.000

Oleh-oleh khas Blitar ini juga banyak dijumpai menjelang hari raya. Sagon terbuat dari olahan kelapa dan tepung beras ketan, sehingga aromanya harum dan teksturnya sedikit berserat (ada bubuknya). Jajanan renyah, dan nikmat di lidah ini cocok dijadikan cemilan santai.

9. Sambel Pecel Khas Blitar

Sambel Pecel Khas Blitar

Harga : ± Rp. 36.000 / 500 gram

Pecel merupakan makanan khas Blitar yang penjualnya banyak menjamur di seluruh kota. Bahkan, sambel pecel blitar disebut sebagai yang paling enak dibanding daerah lainnya. Rasa yang khas menjadi keunggulannya, apalagi sudah ada varian pedas maupun tidak pedas.

Selain bisa mencobanya langsung di warung, kamu juga bisa membawanya dalam bentuk kemasan agar bisa dinikmati di rumah. Ada berbagai merk produksi dan level kepedasan yang bisa kamu pilih sesuai selera.

10. Teh Ken Tea

Teh Ken Tea

Harga : ± Rp. 12.500 / 100 gram

Selain perkebunan kopi, di Blitar juga ada perkebunan teh yang ada di kaki Gunung Buthak bernama Sirah Kencong. Perkebunan Teh Sirah Kencong juga menjadi tempat wisata di Blitar yang sangat populer karena menawarkan kesejukan khas dataran tinggi.

Disini ada pabrik milik PTPN XII Kebun Teh Sirah Kencong yang memiliki produk Teh Ken Tea. Pengolahannya menggunakan proses crushing, tearing dan curling, membuatnya pernah juara 1 & 3 di ajang kompetisi National Tea Competition 2019. Jadi, cobalah menikmati kesegaran teh terbaik di Blitar ini ya guys!

11. Wajik Kletik

Wajik Kletik

Harga : ± Rp. 27.000

Oleh-oleh khas Blitar ini sangat populer dan sudah terkenal sejak dulu. Dikemas menggunakan klobot atau daun jagung, wajik kletik banyak diburu karena rasanya yang unik. Dibuat dari campuran gula dan butiran ketan, saat dikunyah akan berbunyi kletik – kletik.

12. Aksesoris Khas Blitar

Aksesoris Khas Blitar

Harga : bervariasi

Di kawasan wisata khususnya Makam Bung Karno, kamu akan menjumpai banyak aksesoris handmade masyarakat berupa kalung manik, gelang, bros dan sebagainya. Kamu bisa memilih yang sesuai selera dan gayamu!.

13. Kaos Bung Karno

Kaos Bung Karno

Harga : ± Rp. 50.000 – Rp. 120.000

Dikenal sebagai Bumi Bung Karno, kamu akan menjumpai kaos bergambar Presiden Pertama Republik Indonesia tersebut, lengkap dengan kata-kata pemikiran beliau. Kamu bisa mendapatkan kaos tersebut di kawasan Makam Bung Karno. Selain itu, ada juga kaos motif lain yang menggambarkan Blitar Secara Keseluruhan.

14. Pernak Pernik Tari Tradisional

Pernak Pernik Tari Tradisional

Harga : bervariasi

Oleh – oleh khas Blitar ini sangat menarik untuk dibawa pulang, karena mungkin jarang ditemukan di tempat lain. Blitar, Kediri dan Tulungagung dikenal akan kesenian Kuda Lumping’nya, maka jangan heran kalau kamu akan mendapati pernak pernik tarian tradisional tersebut.

Ada ragam barang seni seperti selendang, pecut, kostum tari lengkap dengan aksesorisnya, hingga kuda lumping, barongan, topeng dan sebagainya. Diperjual belikan di kawasan Makam Bung karno, kamu juga bisa mencari baju adat Jawa lho guys!.

15 . Udeng Cakra Palah

Udeng Cakra Palah

Harga : ± Rp. 38.000 – Rp. 280.000

Udeng Cakra Palah merupakan penutup kepala ikonik asli Blitar yang baru diperkenalkan pada bulan Maret 2022. Didesain dengan motif batik khusus khas Kabupaten Blitar, udeng ini memilkmi filosofi. Roda atau besi bundar menggambarkan senjata Dewa Krisna, sedangkan palah adalah nama asli Candi Penataran.

Kamu bisa mendapatkan udeng kain maupun yang sudah dibentuk blangkon. Udeng yang memiliki makna mudeng (mengerti) sangat pas sebagai oleh-oleh khas Blitar yang otentik dan menarik.

Pusat Oleh – oeh Khas Blitar

  1. O-odabli : Jl. Dr. Ismail No.3, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.
  2. Toko Amanah : Jl. Veteran No.201, Plosokerep, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.
  3. Kawasan Makam Bung Karno : Jl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.

Share:
error: Content is protected !!