Makanan khas balikpapan sangat bervariasi. Banyak yang bisa dicoba mulai cemilan hingga seafood yang nikmat. Sebagian bisa kamu nikmati di tempat, sebagian bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh liburan!.

Makanan Khas Balikpapan umumnya tidak jauh beda dengan kuliner di Kalimantan Timur lainnya, tetapi Kota Minyak ini tentu berbeda. Berbatasan dengan Selat Makassar, kota ini terkenal dengan olahan hasil lautnya yang sedap dan enak. Selain itu, berbagai macam jajanan tradisional juga menjadi buruan para pecinta kuliner.

Selain mengunjungi berbagai tempat wisata yang didominasi pantai, jangan lupa untuk mencoba kuliner seafood yang menggoda selera. Menu yang terkenal adalah olahan kepiting yang tersaji dalam aneka resep yang bisa dipilih. Tak hanya itu, hasil lautnya juga enak diolah sebagai cemilan lho!.

Makanan Khas Balikpapan

1. Amplang

Amplang
Amplang

Krupuk amplang adalah salah satu makanan khas Balikpapan yang wajib kamu coba, karena di kota minyak ini banyak ditemui penjual amplang. Cemilan khas Kalimantan Timur ini berasal dari Balikpapan dan Samarinda. Tidak hanya untuk cemilan dan pelengkap menu makan saja, amplang banyak diburu untuk oleh-oleh.

Kerupuk yang terkenal renyah ini terbuat dari tepung tapioka, ikan tenggiri atau ikan pipih dan bumbu rempah. Awalnya amplang dibuat dari ikan pipih, tetapi karena mulai jarang ditemukan akhirnya beralih menggunakan ikan tenggiri yang banyak ditemukan di Sungai Mahakam, Rasa yang enak dan gurih, harga cemilan khas ini sangat ekonomis lho!

2. Bingka Kentang

Bingka Kentang
Bingka Kentang

Makanan tradisional ini memiliki rasa manis dan tekstur lembut yang digemari banyak kalangan. Kue basah bingka terbuat dari kentang, telur, mentega, santan, gula dan susu. Selain untuk camilan, kue khas Balikpapan ini juga menjadi makanan favorit di bulan puasa loh!. 

Kue bingka hadir dalam banyak varian rasa seperti keju, cokelat, gula merah, pandan, vanila dan sebagainya. Jadi kamu bisa memilih sesuai selera untuk dijadikan oleh-oleh khas Balikpapan. 

3. Bubur Gunting

Bubur Gunting
Bubur Gunting

Makanan khas Balikpapan ini mungkin terdengar aneh. Meski namanya yang unik, makanan ini tidak jauh beda dengan bubur lain yang biasa kamu temukan. Hanya saja, proses pembuatannya adonan cakwe’nya memang digunting sebelum dimasukkan dalam rebusan gula merah, garam dan santan.

Sajian in icocok disantap sebagai menu sarapan selagi hangat. Tidak hanya di Balikpapan, kamu bisa menemukan bubur gunting di Kota Singkawang dan Banjar, tentu dengan resep yang berbeda.

Baca Juga :   13 Oleh-oleh Khas Samarinda Terpopuler, Wajib Dibeli

4. Brownies Batubara

Brownies Batubara
Brownies Batubara

Jangan salah dengan nama roti ni guys, karena kamu nggak bakal benar-benar mengkonsumsi batu bara. Makanan khas Balikpapan ini dinamakan batu bara karena memiliki tampilan unik berwarna hitam serta taburan serbuk hitam pekat.

Tampilannya yang seperti namanya ini membuat jajanan ini banyak diminati. Memiliki rasa yang lembut dan enak, kue ini bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kalimantan memang unggul dari hasil tambangnya, jadi jangan lupa mencoba kue yang fenomenal ini ya!.

5. Keripik Iron

Keripik Iron
Keripik Iron

Ini bukan superhero atau olahan besi ya gaes, tetapi ini adalah keripik singkong!. Cemilan ini dibuat dari singkong khusus dari Samarinda, yang jika direbus atau digoreng teksturnya keras, tapi ketika jadi keripik teksturnya gurih dan renyah. Diolah dengan bumbu khusus ala orang Kalimantan, membuat makanan khas Balikpapan ini wajib kamu coba.

6. Mantau

Mantau khas balikpapan
Mantau

Makanan khas Balikpapan ini terkenal memiliki rasa enak dengan bentuk mirip bakpao. Biasanya mantau juga dijadikan menu makan dengan sajian pendamping berupa daging sapi atau kambing, ditambah saus khas tertentu. Mantau dibuat bervariasi dengan isian layaknya burger, tapi kalau ada isiannya, kamu bisa makan di tempat ya guys!.

Kamu bisa memilih varian mantau isi mulai blue sky, mantau kukus original, mantau goreng capit kepiting, mantau goreng sapi lada hitam dan sebagainya. Kue renyah diluar dan lembut di dalam ini pasti membuatmu ketagihan!.

7. Mandai Crispy

Mandai Crispy
Mandai Crispy

Ini adalah salah satu makanan khas Balikpapan yang menjadi kebanggaan. Bahkan, tidak ada yang menyangka kalau jajanan legendaris ini terbuat dari kulit cempedek. Cempedek merupakan buah khas Kalimantan yang biasanya dinikmati sebagai cemilan maupun olahan sayur.

Dulunya mandai hanya dimakan sebagai lauk oleh orang Banjar, karena rasanya mirip daging ayam. Agar bisa menikmati mandai tanpa menunggu musim, maka kini ada mandai crispy yang lebih tahan lama. Ada dua varian yaitu original dan rasa pedas yang bisa kamu coba guys!.

8. Mie Hijau

Mie Hijau khas balikpapan
Mie Hijau

Jalan-jalan ke Sepinggan, jangan lupa untuk mencoba mie hijau yang terkenal!. Mie Hijau Sepinggan merupakan salah satu makanan khas Balikpapan yang menjadi favorit masyarakat. Sesuai namanya, mie yang dihidangkan berwarna hijau, tetapi bukan dari zat pewarna lho!

Mie Hijau tidak menggunakan campuran MSG, bahan pengawet dan pengenyal, sehingga rasanya segar dan enak. Warna hijau dari mie berasal dari proses perebusan bersama sawi hijau. Saat siap disajikan, kamu bisa memilih taburan yaitu kepiting dan ayam khas, tergantung selera.

Baca Juga :   15+ Makanan Khas Gorontalo yang Populer untuk Wisata Kuliner

9. Nasi Bakar Seafood

Nasi Bakar Seafood khas balikpapan
Nasi Bakar Seafood

Makanan khas Balikpapan ini pernah menjadi tema lomba Festival Makanan Nusantara di Balikpapan. Meski nasi bakar sudah ada di berbagai daerah, tentu milik Balikpapan berbeda. Identik dengan hasil laut, masyarakat Balikpapan menggunakan isian udang hingga kepiting untuk nasi bakarnya.

Isian dari hasil laut ditambah bumbu khas yang nikmat akan membuatmu ketagihan menyantap nasi bakar seafood ini. Sajian nasi yang praktis memudahkanmu untuk membawa nasi bakar sebagai bekal. Sehingga, kamu tidak perlu membawa lauk terpisah.

10. Onde-onde Ubi Ungu

Onde-onde Ubi Ungu
Onde-onde Ubi Ungu

Jajan tradisional ini  biasanya menggunakan isian kacang hijau, tetapi Balikpapan menawarkan isian ubi ungu sebagai ciri khas. Uniknya lagi onde-onde ubi ungu ini menggunakan taburan wijen hitam sehingga rasanya lebih maknyoz. Kamu bisa menemukan makanan khas Balikpapan dengan berbagai varian seperti rasa coklat, keju atau kacang hijau sesuai selera.

11. Olahan Cumi

Olahan Cumi khas balikpapan
Olahan Cumi

Terkenal akan hasil lautnya, banyak makanan khas Balikpapan dan Samarinda yang menggunakan bahan dasar cumi-cumi. Di Balikpapan, kamu bisa menemukan berbagai olehan cumi mulai dari sambal cumi, sate cumi, cumi bakar hingga keripik cumi. Bagi kamu yang suka cumi, kamu bisa mencoba seafood khas dari Kota Minyak!

12. Olahan Kepiting

Olahan Kepiting khas balikpapan
Olahan Kepiting

Selain cumi, Balikpapan juga terkenal akan olahan kepiting yang bisa menggoyang lidah!. Menu kepiting banyak dicari wisatawan, karena daging kepitingnya terkenak manis dan enak. Kepiting yang ditawarkan mulai jenis kepiting soka hingga kepiting kenari.

Biasanya makanan khas Balikpapan ini banyak ditemui berupa menu kepiting saus tiram, kepiting saus mentega, kepiting lada hitam dan sebagainya. Tak hanya berupa makanan, kamu bisa mencoba olahan lain berupa peyek kepiting dan abon kepiting sebagai cemilan ringan yang menggugah selera.

Baca Juga :   25 Oleh-oleh Khas Pontianak, Cemilan Lokal Hingga Barang Etnik

13. Olahan Salak

Olahan Salak khas balikpapan
Olahan Salak

Bukan hanya olahan hasil lautnya saja yang menggoda, Balikpapan juga punya olahan salak yang wajib dicoba. Buah berasa manis sepat ini tidak hanya nikmat dinikmati langsung, tetapi juga tetap enak meski diolah menjadi makanan lain. Kamu bisa mencoba brownies salak, cake salak, keripik salak hingga sambal uleg salak lho!

Banyak wisatawan yang memburu cake salak untuk oleh-oleh. Rasa buah salak terasa renyah dibalut tekstur kue lembut yang membuatnya banyak disukai segala kalangan. Kamu bisa mencoba semua olahan salak yang banyak tersedia di pusat oleh-oleh khas Balikpapan.

14. Pisang Gapit

Pisang Gapit khas balikpapan
Pisang Gapit

Sesuai namanya, makanan khas Balikpapan ini diolah dengan cara digapit. Selain Balikpapan, cemilan ini juga ditemukan di Samarinda. Bahan yang digunakan adalah pisang setengah matang untuk dipanggang sampai agak kehitaman.

Pisang yang digunakan biasanya pisang kepok, pisang sanggar atau pisang tanduk. Pisang yang telah matang kemudian dipotong-potong kemudian dicampur saus dari gula merah dan bahan lainnya. Kamu juga bisa memilih topping sesuai selera seperti keju maupun cokelat. Hm… nikmat bukan!.

15. Salome

Salome
Salome

Jika kamu pernah mengenal cilok, maka makanan khas Balikpapan ini tidak beda jauh dengan jajanan tersebut. Pentol dengan takaran daging yang sedikit ini umumnya disajikan dengan kuah sop kaldu ditambah saus kacang layaknya bumbu sate. Cemilan ini sangat populer dan digemari banyak kalangan, sehingga kamu wajib mencobanya guys!

Itu adalah beberapa makanan khas Balikpapan yang terkenal dan wajib dicoba. Sebagian bisa kamu nikmati di tempat, sebagian bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh liburan!. Jadi, bagi kamu yang sedang wisata di Balikpapan, jangan lupa menikmati makanan khas yang bisa kamu coba untuk kulineran seru!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!