Pantai Plengkung Banyuwangi ini sangat terkenal meski tersembunyi. Bahkan ombak fenomenalnya diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara!

Selain Kawah Ijen yang fenomenal, ada pantai yang cukup populer di kalangan wisatawan dan dikenal dunia, yaitu Pantai Plengkung. Di kalangan turis mancanegara, pantai ini disebut G-Land, dan dunia mengenalnya sebagai tempat terbaik untuk surfing. 

Pantai Plengkung berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini berada dalam gugusan pantai selatan Jawa dan berhadapan dengan Samudra Hindia. Itulah kenapa pantai di Banyiwangi ini menjadi salah satu pantai favorit para peselancar untuk mencoba keganasan ombaknya. 

Cara Ke Pantai Plengkung

Wisata ini bisa dicapai dari Banyuwangi atau Bali, dengan transportasi darat, laut maupun udara. Berikut rute dan akses ke Pantai Plengkung :

  • Dari Banyuwangi bisa langsung menuju Taman Nasional Alas Purwo. Rutenya adalah Banyuwangi – Kalipahit – Pasar Anyar – Pancur. Di pos Pancur harus menyewa kendaraan 4-wheels drive, karena kondisi jalan yang tidak mulus dan sulit dilewati mobil biasa. Perjalanan sekitar 1,5-2 jam untuk sampai di lokasi.
  • Jalur darat – laut melalui Benculuk, 35 kilometer dari Banyuwangi. Dari Benculuk menuju Grajakan, kemudian sewa speedboat ke lokasi.
  • Dari Bali bisa naik pesawat tujuan Bhandara Blimbingsari Banyuwangi atau via laut dengan menumpang kapal cepat dari Kuta Reef di Kuta. Perjalanan laut sekitar 3,5 jam. 

Meski berada di area Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Plengkung adalah salah satu wisata unggulan di Banyuwangi, jadi jangan kuatir akan fasilitas karena di sana juga ada penginapan. 

G-Land Tersembunyi

pantai plengkung
Pantai Plengkung

Di kalangan wisatawan mancanegara, pantai ini lebih familiar dengan sebutan G-Land.  G-Land sendiri mengandung arti bermacam-macam. G-Land bisa diartikan berasal dari “Grajakan”, nama sebuah teluk, teluk Grajakan. Kadang juga diartikan “Green“, karena letaknya di tepi hutan tropis yang hijau. 

Ada pula yang menyebutnya “Great” karena ombaknya yang besar dan penuh tantangan. Selain itu ada yang menyebut G-Land karena pantainya melengkung mirip huruf G. Apapun sebutannya G-Land ini menjadi pantai dengan ombak khas pantai selatan yang besar dan membentuk terowongan, seperti botol. 

Spot Surfing Terbaik

pantai plengkung
Ombak Pantai Plengkung

Pantai Plengkung sangat terkenal di kalangan para peselancar karena ombaknya yang sangat tinggi dan besar. Ombaknya bisa mencapai 8 meter dengan panjang 2 kilometer dan mempunyai formasi tujuh bersusun. Pantai ini diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara, dan ombaknya masuk di jajaran “The Seven Giant Waves Wonder”. Ombaknya yang begitu besar merupakan hasil pengaruh arus Antartika yang terbawa Samudra Hindia.

Ada 3 tingkatan ombak di Pantai Plengkung, yaitu Kong Waves (6-8 meter), Speedis Waves (5-6 meter) dan Many Track Waves (3-4 meter) yang biasanya digunakan untuk pemula. Meski memiliki ombak yang selalu ada sepanjang tahun, bulan April-Agustus adalah bulan ketika ombak lautnya mencapai puncak tertinggi.

Menariknya, pada Juni 2020 silam, Pantai Plengkung telah terpilih sebagai lokasi Liga Surfing Dunia (World Surf League/WSL) seri ke-3, tetapi terkendala pandemi Covid-19. Di tahun 2021, pantai di Banyuwangi ini kembali menjadi tuan rumah WSL pada Juli 2021.

pantai plengkung
Panorama Pantai Plengkung

Tempat wisata di Banyiwangi ini bukan untuk peselancar saja. Meski kamu tidak suka selancar, tidak akan ada yang memaksamu terjun ke laut, karena ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai yang jauh dari hiruk pikuk kota ini. Tentunya, kamu bisa menikmati hamparan pasir putih yang indah dan gelombang laut yang tiada putusnya sambil melihat aksi peselancar.

Jika ingin menonton para surfer bermain dengan ombak, lebih baik menggunakan teropong atau menyewa perahu jongkong yang bisa diisi 4 orang. Perahu ini akan membawamu ke tengah laut untuk menyaksikan aksi para surfer lebih jelas. Para surfer ini tidak ke Pantai Plengkung untuk menikmati ombak saja guys, tetapi didukung lokasinya yang berada di Taman Nasional, memberi pesona alam lain dari yang lain.

Pantai Plengkung yang Istimewa

Alam yang masih asri dengan pepohonan hijau dan suara satwa penghuninya, ditambah hamparan laut biru dan karang yang menghiasinya dan suasana yang sunyi akan membuat siapapun merasa nyaman saat mengunjungi pantai ini. Selain surfing, di Pantai Plengkung Banyuwangi ini kamu bisa snorkeling, memancing, diving, caving atau melihat penangkaran penyu.

Selain bergulat dengan kegiatan surfing, kamu juga bisa trekking menyusuri Taman Nasional Alas Purwo atau bersepeda untuk melihat habitat dan keasrian hutan di dalamnya. Maka, jangan heran kalau menjumpai kera abu-abu berkeliaran di kawasan Taman Nasional, atau mungkin kamu bakal melihat satwa lain.

pantai plengkung
Keindahan Pantai Plengkung

Sunrise di pantai Plengkung tidak terlalu bagus karena tertutup gunung. Namun,  setidaknya disinilah kamu bisa menyaksikan matahari terbit pertama di pulau Jawa. Meski begitu, kamu bisa menikmati matahari terbenam menakjubkan yang akan membuat liburanmu berkesan.

Sebagai tujuan wisatawan dunia, Pantai Plengkung dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari bar, restoran, bungalow dan jungle camp. Ada tiga camp untuk turis asing yaitu G-Land Surf & Resort, Joyo’s Surf Camp dan Bobby’s Surf Camp. Ada juga penyewaan papan selancar, yang semuanya ditawarkan dalam bentuk dollar Amerika. 

Berkunjung ke Banyuwangi jangan hanya terpaku dengan Pantai Watu Dodol yang sudah populer saja guys. Selain pantai di pesisir jalan utama, kamu harus mengunjungi pantai Plengkung Banyuwangi yang sudah dikenal hingga mancanegara!

Tips Wisata di Pantai Plengkung :

  1. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena jarang ada transportasi umum ke TN Alas Purwo.
  2. Gunakan pakaian yang nyaman, sandal anti selip. Jangan lupa bawa pelindung kepala dan sunscreen.
  3. Sebaiknya tidak memberi makan satwa liar sembarangan.
  4. Bawalah makanan dan minuman cukup. Meski disana ada, tetapi harganya cukup mahal.
  5. Patuhi segala tata tertib dan rambu-rambu yang ada.
  6. Jika ingin berwisata lebih berkesan, bisa menyewa jasa pemandu untuk mengunjungi spot-spot tertentu yang jarang diketahui banyak orang.
  7. Jangan mengotori area pantai dengan membuang sampah sembarangan maupun vandalisme. 

Informasi Pantai Plengkung :

  • Lokasi : Purworejo, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Map : Klik Disini
  • Operasional : 07.30 – 16.00
  • HTM : Rp. 15.000 (domestik) ; Rp.150.000 (mancanegara).
  • Fasilitas : Bar, restoran, bungalow dan jungle camp, penyewaan papan selancar dan sepeda. 
  • Aktivitas : Surfing, snorkeling, memancing, diving, caving, trekking.
  • Penginapan Terdekat : G-Land Surf & Resort, Joyo’s Surf Camp,5  Bobby’s Surf Camp, Jawa Jiwa G-Land. 

Share:
error: Content is protected !!